12 Februari 2009

Gratis Download Lagu di Situs Qtrax

Mereka memasang iklannya sebagai "layanan pertama download musik gratis" meski layanan sejenis sudah menjamur meski ilegal. Demi tujuan tersebut, beberapa label perusahaan rekaman besar dunia pun digamitnya untuk bekerja sama menjual bisnis unduh lagu via internet ini.

Qtrax, nama perusahaan internet tersebut, Rabu (11/2) mengatakan telah menandatangi kerjasama dengan empat perusahaan label rekaman besar dunia. Mereka juga berencana relaunching layanan mereka ini bulan depan.

Tahun lalu, Qtrax pernah mengecewakan banyak pihak dengan diam-diam mengumumkan layanan ini sebelum waktunya. Alhasil, lantaran Qtrax sendiri belum menandatangi kontrak sehingga hal itu membuat para label rekaman kesal.

Tahun ini, seiring penandatanganan kerjasama dengan grup perusahaan Warner Music, lengkap sudah sederet nama besar label yang bakal menjalin kerjasama dengan mereka. Karena selanjutnya, pada bulan Mei mendatang, Qtrax juga telah bersiap melakukan deal dengan grup Universal Music. Kerjasama itu disusul kemudian pada bulan Juni dengan kelompok usaha milik EMI Group Ltd., serta di akhir tahun 2009 dengan Sony Music Entertainment.

"Dulu kami pernah berbuat hal yang memalukan," ucap Allan Klepfisz, Pimpinan Eksekutif Qtrax. "Tapi sekarang ini sudah jelas, kami ingin membuat semuanya menjadi bising dengan musik," tandas Klepfisz.

Bagaimana bisnis ini berjalan dan Qtrex bisa menangguk untung? Allan mengatakan, layanan musik ini memang membebaskan pengunjung untuk mengunduh lagu-lagu ke komputer pribadi dan bisa untuk ditransfer ke sebuah peranti musik jinjing. Namun, tidak bisa disalin atau diperbanyak karena dilengkapi software digital right management yang juga mengatur tampilnya iklan di setiap lagu.

"Software ini juga akan menghitung berapa kali setiap masing-masing lagu dimainkan," tutur Klepfisz . "Musisi dan label akan memperoleh pembayaran tertinggi berdasarkan data dari perolehan iklan atas lagu mereka," tambahnya.

Perhitungan ini akan dilakukan setiap kali pengunduh melakukan aktivasi. Masa aktif setiap lagu terbatas dan pengunjung harus melakukan aktivasi kembali untuk dapat mendengarkan terus lagu yang diunduhnya setiap bulan. Lagu-lagu tersebut bisa dinikmati dengan ponsel pintar dan para pemilik MP3 player, tetapi tidak untuk iPod. Untuk menyimak sementara profil mereka saat ini, silahkan nikmati di http://music.qtrax.com. (kompas.com)

0 komentar :

Tulisan Terkait: