17 Februari 2009

Ada Banyak Planet yang Bisa Dihuni

Planet yang serupa dengan bumi dan mampu mendukung kehidupan, berotasi di sekitar bintang di galaxi tetangga kita. Planet seperti ini bisa sebagai pengganti bumi.

"Ada beberapa lusin bintang yang memiliki sistem serupa matahari berjarak 30 tahun cahaya dari matahari dan saya kira separuhnya adalah planet yang serupa bumi,” kata Alan Boss saat pertemuan American Association for the Advancement of Science (AASS) di Chicago.

"Jadi ada kesempatan besar kita bisa menemukan beberapa planet yang serupa bumi 10, 20 30 tahun cahaya dari matahari," tambah astrophysicist dari Carnegie Institution for Science itu.

Satu tahun cahaya sama dengan jarak yang ditempuh dalam satu tahun dengan kecepatan 300.000 kilometer perdetik atau 9,46 triliun kilometer.

Boss yakin planet seukuran bumi dapat ditemukan oleh teleskop Kepler NASA yang akan diluncurkan pada 5 Maret atau oleh satelit COROT yang dilengkapi teleskop milik Eropa-Prancis. Teleskop ini sudah mengorbit sejak 2006.

"Saya ragu Kepler atau COROT tidak akan menemukan planet yang serupa bumi, karena dasarnya kita telah menemukannya," kata Boss.

COROT sejauh ini telah menemukan planet paling kecil. Planet yang berukuran dua kali diameter bumi dan sangat dekat dengan bintang itu sangat panas.

Boss yakin Kepler dan COROT akan menemukan planet serupa bumi yang akan mendorong manusia untuk membuat teleskop baru guna meneliti planet yang ditemukan itu lebih jauh (inilah.com)

0 komentar :

Tulisan Terkait: