18 Januari 2009

Peranan Besar Indonesia Atas Kemerdekaan Singapura

Pada tayangan dokumentery Metro TV pada 16 Januari 2009 yang lalu berjudul Secret Operation (Operasi A : Sandi Genyang Malaysia) lihat vidonya secara online disini

Film dokumenter itu bercerita tentang perjuangan Marinir KKO Indonesia ketika masa konfrontasi dengan negara-negara bekas jajahan inggris dulu seperti Malaysia dan Singapura. Semuanya dipaparkan oleh seorang saksi sejarah yg dulu memimpin pasukan marinir KKO Kol. Marinir (purn) W. Siswanto yg sempat dikabarkan gugur.

Pada masa itu Presiden Soekarno mengatur siasat perang melawan mereka (yg disebut dengan politik konfrontasi) karena dianggap menyudutkan Indonesia, masalahnya Inggris berencana mendirikan negara Federasi Malaysia yg terdiri dari Malaya, Serawak, Sabah, Kalimantan Utara, Singapura dan Brunai dan hal ini dianggap Bung Karno sangat mengancam Indonesia sebab Bung Karno curiga langkah ini adalah sebuah Neo Kolonialisme baru yg bertujuan untuk mengepung Indonesia.

Operasi Intelijen dari Marinir serta penetrasi pasukan Angkatan Darat Indonesia yg terdiri dari para sukarelawan (non militer) diperkirakan dapat melumpuhkan Singapura waktu itu dan diluar dugaan, rencana penyerangan Indonesia ke Singapura ini juga mendapat dukungan oleh gerakan bawah tanah para aktifis kemerdekaan Singapura sendiri yang menginginkan negerinya merdeka, salah satunya adalah Lee Kuan Yu. Kesepakatan pun diatur antara Indonesia dengan gerakan bawah tanah Singapura, dan kesepekatan ini juga bertujuan untuk mengusir Inggris agar secepatnya keluar dan angkat kaki dari Singapura.

Ketika Indonesia menutup ekspor ke Singapura serta merencanakan perang, prajurit Inggris yg ternyata sudah trauma dengan perang dunia ke-2 memilih untuk pulang ke negaranya daripada harus berperang lagi dengan Indonesia dan oleh sebab itu Inggris pun memilih meninggalkan Singapura dan memberikan kemerdekaannya pada mereka. dan Indonesia pun tidak jadi menyerang.

Didalam video dokumenter ini juga dijelaskan arti dari bendera negara Singapura, dimana pengertian bendera tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


Foto: Bendera Singapura

1. Merah Putih
karena menghargai Indonesia yg telah berjasa mempercepat kemerdekaan mereka, maka Singapura pun mengambil dasar warna bendera kita yaitu : merah putih sebagai tanda bahwa mereka berada ditengah-tengah Indonesia

2. Bintang 5
ditambahkan bintang 5 biji dipojok atas itu adalah pengadopsian dari Pancasila yg mempunyai 5 bintang karena waktu itu Singapura belum memiliki dasar atau falsafah negara.

3. Bulan Sabit
lambang bulan sabit itu adalah sebagai tanda bahwa Singapura sangat menghargai bahwa mereka hidup ditengah2 masyarakat yg mayoritas muslim

Masa-masa konfrontasi yg endingnya memerdekakan Singapura ini telah mengorbankan prajurit-perajurit sukarelawan Indonesia yang tertawan sebanyak 520 orang, dan yg gugur 168 orang dimana hingga saat ini jasad mereka banyak yang belum dipulangkan ke Indonesia.

Tercatat pula disejarah bahwa pada saat itu negara Singapura sedang mengalami masa perekonomian yang sulit, dan tergantung dengan ekspor dari Indonesia, dan jika Indonesia menutup ekspornya ke negara ini maka bukan tidak mungkin negara Singapura akan mengalami kesulitan, sebab seperti yang kita ketahui bahwa negara Singapura adalah negara Ekonomi jasa tanpa memiliki sumber daya alam yang mencukupi kebutuhannya sendiri.

0 komentar :

Tulisan Terkait: