27 November 2008

Inilah Video Penyerangan Teroris di Mumbai

Sedikitnya 101 tewas dan 200 lebih lagi luka dalam serangkaian serangan oleh sekelompok pria bersenjata di kota Mumbai (Bombay), India, Rabu (26/11) malam waktu setempat. Korban tewas termasuk enam warga asing.



Video: Penyerangan Teroris di Mumbai India

Serangan terjadi pada sedikitnya tujuh tempat terkenal di kota bisnis India tersebut, termasuk serangan pada Taj Mahal Palace, hotel terkenal di Mumbai. Polisi mengatakan empat tersangka teroris tewas dan sembilan lainnya ditangkap.

Kantor berita India, The Press Trust of India melaporkan kelompok yang menamakan diri sebagai "Deccan Mujahideen" mengklaim diri bertanggung jawab atas serangan di Mumbai. Kelompok tersebut telah mengirim pernyataan melalui surat elektronik ke sejumlah media.

Sekelompok pria bersenjata dengan membabi-buta memberondong kerumunan orang di stasiun di wilayah selatan Mumbai dan restoran Leopold yang dikenal sebagai landmark di kota Mumbai. Selain itu mereka juga menyerang dua hotel, termasuk Taj Mahal Palace Hotel, dan kantor polisi. Sejumlah warga asing dilaporkan disandera.

Jeritan kepanikan dari sejumlah warga terdengar dan kepulan asap tebal membumbung dari sebuah gedung bersejarah yang telah berusia 1 abad di Mumbai.

Menurut keterangan beberapa saksi mata, para penyerang secara khusus mengarahkan serangan ke warga Inggris dan AS. Kobaran api dilaporkan terdapat di beberapa tempat serta tembakan senjata terdengar selama beberapa jam.

Motif pembantaian belum diketahui. Namun, sejauh ini Mumbai kerap menjadi target serangan teroris yang dilancarkan oleh kalangan esktremis. Serangan itu termasuk serangkaian pemboman pada Juli 2007 yang menewaskan 187 orang.

0 komentar :

Tulisan Terkait: