29 Oktober 2008

Partai Politik Aneh dari Australia

Berikut adalah beberapa partai dengan nama dan misi aneh, dan dengan kampanye aneh di Australia. Partai-partai ini beneran ada, nyata, dan anda bisa mengecek kebenarnya dengan mencari sumber refrensi lewat search engine.

1. Deadly Serious Party (Partai Serius Banget)


Deadly Serious Party sebenarnya cuma partai iseng, namun tetap ikut dalam pemilihan umum Australia di tahun 1980an. Haluan partai ini diantaranya mengirimkan sekawanan penguin pembunuh untuk melindungi garis pantai Australia dari invasi Argentina, zaman es, dan penunjukan orang-orang tolol untuk mengisi jabatan-jabatan penting. Tahun 1988, partai ini dicoret dari daftar (deregistered) karena jumlah anggotanya tidak mencukupi dari ketentuan minimal 500 orang.


2. Sun Ripened Warm Tomato Party (Partai Matahari Mematangkan Tomat Hangat)

Partai Sun-Ripened Warm Tomato juga adalah partai iseng, yang mengirimkan kandidatnya pada pemilihan Australian Capital Territory Legislative Assembly tahun 1989. Hasilnya? 1,17% suara. Keikutsertaan partai ini dan beberapa partai serupa (misalnya, Party! Party! Party! dan Surprise Party) disebabkan longgarnya undang-undang pendaftaran partai. Akibatnya, UU itu diubah dan partai diharuskan untuk memiliki 100 anggota dan AD/ART agar bisa mendaftar.


Pemilihan tahun 1989 itu sendiri diikuti oleh banyak partai bernama aneh, diantaranya Party! Party! Party! (Artiin sendiri deh), Family Team (Tim Keluarga), Fair Elections Coalition (Koalisi Pemilihan Adil), Home Rule OK (Aturan Rumah Tangga OK), A Better Idea (Ide Lebih Baik), juga Sleepers Wake (Bangunlah Tukang Tidur).

Juga ada partai yang namanya seperti nama orang. Tony Spagnolo Independent for Canberra, Frank Crnkovic, Bill Mackey, dan masih banyak partai yang lainya. Aneh bukan?

0 komentar :

Tulisan Terkait: