17 September 2008

Inilah Dangdut Cowboys Amerika Serikat

Media massa boleh mengklaim bahwa Arreal Tilgman merupakan orang pertama orang amerika yang bernyanyi lagu dangdut karena Arreal melakukannya secara lebih profesional karena dilakukan melalui perlombaan audisi lagu dangdut di negerinya, dan kebetulan pula Arreal adalah sosok pemenang didalam audisi lomba menyanyi lagu dangdut tersebut.

Jauh sebelum kedatangan Arreal dari pemberitaan media massa, bahwa dia adalah penyanyi warga negara Amerika Serikat yang pertama bernyani dangdut, maka sebelumnya ternyata sudah ada kelompok Indie di Amerika yang menamakan diri sebagai Dangdut Cowboys.

Andrew Weintraub yang merupakan seorang profesor etnomusikologis di University of Pittsburgh adalah sosok pecinta musik dangdut sekaligus sebagai pendiri band Dangdut Cowboy ini. Ia bahkan telah berkunjung ke Indonesia, bertemu dengan Rhoma Irama dan bertandang ke Soneta Records milik si raja dangdut itu.

Andrew bermusik dangdut bukan cuma sekedar mencari sensasi saja, namun para personel Dangdut Cowboys memang bermain musik dangdut secara profesional dan benar-benar terlatih, dan hal itu dapat dilihat dan didengarkan melalui beberapa video-video rekaman mereka yang saat sekarang ini sudah banyak di posting di situs berbagi video youtube, mulai semenjak tahun 2007 yang lalu.

Berikut adalah salah satu video rekaman mereka, dimana pada video rekaman mereka rata-rata membawakan lagu yang sudah pernah dinyanyikan oleh raja dangdut Indonesia, Rhoma Irama.



Video: Dangdut Cowboys Sedang Beraksi Membawa Lagu Dangdut

Disini saya bukan mau memperbandingkan siapa diantara Arreal Tilgman dan Dangdut Cowboys yang pertama sekali bernyanyi lagu dangdut, namun tujuan sebenarnya adalah ingin menunjukkan kepada kita semua, bahwa musik dangdut kini telah mulai menjangkau ranah musik di Amerika Serikat, dan bukan tidak mungkin fenomena ini akan semakin menjangkit dalam beberapa dekade mendatang. semoga....

0 komentar :

Tulisan Terkait: