11 September 2008

Heboh Penemuan Tiram Berisi 26 Mutiara

Tiram berisi 26 butir mutiara tanpa sengaja ditemukan oleh seorang juru masak di kota Tyra, Lebanon, Rabu (10/9). Mutiara-mutiara itu ditemukan Amal Salha, juru masak restoran Al Fanar, ketika sedang dibersihkan sebelum dimasak.

Tiram atau kerang mutiara biasanya hanya menghasilkan satu atau dua butir mutiara. Penemuan 26 butir mutiara dalam satu cangkang kerang merupakan kejadian yang sangat jarang, bahkan belum pernah tercatat.

Kini Amal Salha menunggu kedatangan perwakilan Guinness Book of Records yang rencananya akan mencatatnya sebagai rekor dunia tiram berisi mutiara terbanyak. “Kami membeli tiram ini seharga 10 dollar (Rp 92.000) per kilo,” kata suami Amal Salha, Raymond. “Biasanya kami hanya menemukan satu atau dua mutiara, tapi yang berisi 26 mutiara sangat jarang.”

Amal Salha (50) bercerita, dia sedang membantu putranya di Restoran Al Fanar yang terletak di sebelah selatan pelabuhan kota Tyra ketika menemukan tiram luar biasa itu, Senin (8/9).

“Saya benar-benar tidak percaya,” katanya kepada wartawan, Rabu. “Saya sedang membuka tiram-tiram ketika menemukan sejumlah mutiara yang bersinar di dalam salah satu tiram, begitu terkejutnya sampai saya berteriak.”

Menurutnya, mutiara-mutiara itu berkumpul seperti buah anggur yang menjuntai. Setelah dihitung, Amal menemukan 26 butir mutiara dalam berbagai ukuran. Tiram 'ajaib' tersebut dipanen dari pantai Lebanon.

Tiram mutiara sebenarnya tidak sama dengan tiram-tiram yang biasa dimakan di Eropa. Namun, menurut Amal Salha, tiram-tiram seperti yang dia masak cukup populer di kalangan tentara Italia dan Perancis. Mereka adalah para pasukan penjaga perdamaian PBB yang bertugas di selatan Lebanon.

Sumber: www.kompas.com

0 komentar :

Tulisan Terkait: