29 Agustus 2008

Inilah Biola Tertua Di Indonesia

Biola tertua di Indonesia dipamerkan di Gedung Indonesia Mengugat (GIM) Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 5 Bandung mulai hari ini. Biola berwarna kecoklatan ini bernama Biola Antonius Stradivarius dan di produksi akhir tahun 1800-an.


Foto : Biola Antonius Stradivarius, Biola Tertua Di Indonesia

Pemilik awal biola ini adalah keluarga asal Portugis yang tinggal di Kawasan Tugu Cilincing, Jakarta Barat dan sudah diwariskan turun temurun sejak lima generasi.

Pemilik awal biola ini bernama Andreas Andries yang meninggal pada tahun 1889. Setelah meninggal, biola keluarga diwariskan ke anaknya, Lucas Andries (1880-1964). Seiring berjalannya waktu, biola keluarga ini pun diampu anggota keluarga lain. Mathias Michiels, menantu Lucas Andries diberi kepercayaan untuk merawat biola tersebut.

Setelah lama disimpan di Kawasan Tugu, biola itu harus berpindah tempat seiring migrasi keluarga pemilik. Pada tahun 1950, Mathias melakukan migrasi ke Papua dan biola pun turut dibawa pula. Biola selanjutnya tetap disimpan di Papua, meski Mathias harus berpindah ke Belanda pada tahun 1963.

"Anak Mathias yang bernama Arend Julinse Michiels diserahi tugas merawat biola tersebut," urai Wakil Ketua acara Pameran Repoeblik Keroncong mulai 27 Agustus - 30 Agustus, Zaini Rahman, Kamis (28/8/2008).

Pada tahun 1999, biola dibawa kembali ke Jakarta oleh putra Arend yang bernama Andre Juan Michiels. Andre yang saat ini berumur 30 tahun berencana mewariskan ke putra pertamanya, Arend Stevanus Michiels.

Sumber: www.okezone.com

0 komentar :

Tulisan Terkait: