15 Juli 2013

Jadwal Penerimaan CPNS 2013

Jadwal Penerimaan CPNS 2013 - Bagi Anda yang selama ini sedang membutuhkan informasi terkait dengan jadwal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2013, tentu ini adalah kabar yang menggembirakan bagi Anda. Mengapa penulis mengatakan ini kabar baik, sebab menurut rencananya pemerintah akan memajukan seleksi penerimaan CPNS 2013 dari yang sebelumnya bulan Oktober 2013 menjadi bulan September 2013.
penerimaan cpns 2013
Pernyataan tentang jadwal penerimaan CPNS 2013 yang dimajukan tersebut, disampaikan oleh Asisten Deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN) Arizal yang tertuang melalui situs resmi Sekretariat Kabinet RI yang dipublikasikan semenjak, Senin (15/7/2013).

Memang disebutkan dalam informasi tersebut, bahwa seleksi penerimaan CPNS 2013 sendiri tidak akan dilakukan secara serentak untuk seluruh Wilayah di Indonesia. Tetapi para pelamar akan dites secara bergantian dalam hari yang berbeda.

Adapun jadwal penerimaan CPNS 2013 tersebut sengaja diajukan karena alasan telah memungkinkan sebab Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah melakukan penyelesaian terhadap program Computer Assisted Test (CAT) pada masing-masing kantor regionalnya.

Sementara itu pelaksanaan untuk tes CPNS dari honorer kategori dua (K2) atau yang pendapatannya tidak diperoleh melalui APBN/APBD akan tetap sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, yaitu pada bulan Agustus 2013.

Menurut Arizal, metode penerimaan tes CPNS tahun 2013 akan sama dengan metode tahun lalu. Sebab metode tersebut telah menjadi keputusan tetap dalam hal merekrut seluruh Pegawai Negeri Sipil pada semua intalasi yang ada. Kebijakan itu sendiri telah diplih setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyetujui seleksi CPNS 2013 menggunakan model tahun lalu.

Untuk materi tes yang akan dilakukan terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang kisi-kisinya terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Sedangkan kisi-kisi materi tes kompetensi bidang, disusun dan ditetapkan masing-masing instansi pembina jabatan fungsional.

Dalam penjelasannya Arizal juga mengingat tentang keterbatasan sistem CAT. Dengan demikian, maka pelaksanaan tes CPNS untuk umum kali ini akan dilakukan per regional. Sedangkan untuk pusat, dibagi dalam beberapa kelompok kementerian/lembaga.

Menurutnya, untuk satu komputer hanya bisa menguji lima orang per harinya. Bila dipaksakan lebih dari itu, sistemnya tidak akan jalan. "Namanya komputer, pasti ada keterbatasannya kan," kilah Arizal.

Karena melalukan tes secara bertahap, maka Arizal memperkirakan jadwal pengujian tes kompetensi dasar (TKD) akan berlangsung dua bulan. Itupun setiap hari harus ada tes (pusat 700 orang, daerah 150 orang). Mereka semua pakai CAT sehingga hasil tes kompetensi dasarnya (TKD) langsung bisa terbaca. Adapun keuntungan menggunakan CAT, menurut Arizal akan didapat hasil yang murni, objektif, dan transparan.

0 komentar :

Tulisan Terkait: