06 Juni 2013

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi - Tidak dapat dipungkiri bahwa kehilangan daya ingat otak akan berdampak yang merugikan bagi seseorang, khususnya dalam hal mengingat sesuatu hal, baik kejadian terakhir, peristiwa masa lalu, dan juga kombinasi antara keduanya. Khusus untuk para pelajar, tentu hal ini sangatlah tidak mendukung dalam menunjang pendidikan mereka, sebab daya ingat yang baik, tentu sangat dibutuhkan dalam menunjang terlaksananya proses pendidikan secara baik bagi seorang pelajar.

cara meningkatkan konsentrasi

Bila proses berkurangnya daya ingat karena disebabkan oleh proses penuan, tentu hal tersebut tidak terlampau menganggu aktivitas sehari-hari. Tapi bila hal ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda, tentu saja akan sangat menggangu aktivitas sehari-hari, baik dalam proses belajar untuk mempertahankan materi baru, dan juga dalam hal pekerjaan sehari-hari.

Daya ingat berkurang juga dapat sejalan dengan daya konsentrasi. Seseorang yang memiliki daya konsentrasi tinggi, tentunya akan memiliki daya ingat yang lebih baik. Dalam hal ini beberapa makanan yang sehat tentunya dapat menjadikan otak tetap sehat, dan sekaligus dapat meningkatkan daya konsentrasi, serta sekaligus pula dapat menunjang daya ingat agar semakin baik.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan daya konsentrasi, dan tentunya sekaligus akan meningkatkan kemampuan daya ingat otak.

1. Ikan
Ikan adalah salah satu sumber protein yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja otak. Dengan kandungan daging ikan yang kaya akan asam lemak omega 3, merupakan nutrisi terpenting dalam meningkatkan fungsi dan pembangunan otak. Selain itu lemak sehat ini juga sangat baik untuk meningkatkan daya otak.

2. Kacang dan cokelat
Pada kacang-kacangan dan biji-bijian akan ditemukan antioksidan vitamin E yang dapat mengurangi efek menurunnya fungsi otak karena pertambahan usia. Sementara itu dark chocolate juga memiliki sifat antioksidan yang kuat dan mengandung kafein yang dapat meningkatkan fokus serta konsentrasi.

3. Alpukat
Tidak dapat dipungkiri bila hampir seluruh organ tubuh manusia sangat tergantung pada aliran darah, terutama jantung dan otak. Dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebagai keuntungannya adalah akan mengurangi risiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah, serta sekaligus menjadi cara sederhana sekaligus lezat dalam memacu sel-sel otak.

Selain dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat dan bergizi bagi tubuh, maka cara lain untuk meningkatkan kinerja otak dapat pula ditempuh dengan teknik-teknik tertentu, yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan kalender, daftar, dan buku alamat
Dengan menggunakan kalender, daftar, dan buku alamat tentu dapat membantu Anda untuk mengingatkan daya ingat terhadap suatu informasi. Bila sewaktu-waktu membutuhkan informasi tersebut, maka Anda tidak perlu melihat catatan lagi untuk mengingatnya. Sebab ketika Anda menuliskan sesuatu hal, maka secara tidak langsung Anda juga sudah mengulang suatu informasi baru, sehingga suatu saat hal tersebut dapat dengan mudah untuk diingat.

2. Menyerap informasi hanya intinya saja
Dengan menyimak dengan baik inti dari suatu peristiwa, tentu akan lebih mudah dicerna dan sekaligus lebih mudah untuk diingat. Selain itu inti dari sebuah peristiwa juga dapat menjadi kata kunci dalam mengingat semua informasi yang telah tersimpan dalam otak.

3. Berfokus dengan semua pancaindra
Fokus atau mengaktifkan semua indera yang dimiliki ketika sedang belajar akan memungkinkan seseorang untuk menyerap semua informasi hingga setiap detilnya.

4. Mengulas informasi baru

Dengan mengulas atau mengulangi informasi baru dapat membantu mengingat informasi tersebut secara perlahan. Ketika mendapatkan suatu informasi baru, mungkin kita ingat mengenai informasi tersebut. Namun mungkin lupa akan detil informasi secara keseluruhan. Dengan mengulangi membahas informasi baru akan dapat membantu mengingat setiap detilnya.

5. Menggunakan otak untuk menulis informasi
Gunakan otak untuk menuliskan informasi baru, menggambar gambar, atau mengatakan sesuatu dengan keras. Hal tersebut dapat melatih otak untuk dapat tetap mempunyai daya ingat yang baik.

Itulah berbagai tips dan cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang dapat anda terapkan. Semoga informasi ini bisa diterapkan, sehingga daya ingat dan daya konsentrasi Anda kembali lagi sempurna seperti sediakala.

0 komentar :

Tulisan Terkait: