Sekretaris Profesional - Agar menjadi seorang sekretaris profesional, maka seseorang yang bercita-cita menjadi harus terlebih dahulu mengetahui apa itu arti dari kata sekretaris itu sendiri, yaitu dalam kamus besar Bahasa Indonesia memiliki arti seorang pegawai, anggota atau pengurus yang diserahi pekerjaan tulis-menulis atau surat menyurat.
Sementara itu banyak orang beranggapan bahwa tugas seorang sekretaris profesional cenderung hanya boleh dilakukan oleh seorang sosok wanita yang memiliki penampilan cantik dan menarik. Namun anggapan itu jelas merupakan kesalahan besar, sebab seorang sekretaris tidak melulu harus seorang wanita, dan bilapun dia adalah seorang wanita maka tidak selalu harus cantik dan menarik.
Sebagai seorang sekretaris profesional, maka harus memenuhi krateria yang dimilikinya, diantara karateria tersebut adalah:
- Personality
Sifat personality yang dimaksud disini adalah, bahwa seorang sekretaris profesional harus memiliki kesabaran, ketekunan, disiplin, tidak cepat menyarah, serta berpenampilan yang baik, jujur, loyal, serta pandai bicara, sopan dan bisa menjaga image perusahaan.
- General Knowledge
Sebagai seorang sekretaris profesional harus memiliki berbagai kemampuan yang memadai dalam perubahan serta perkembangan yang terjadi, khususnya kemampuan yang masih memiliki kaitan dengan aktivitas organisasi.
- Special knowledge
Selaku sekretaris profesional harus mempunyai kemampuan yang berkaitan khusus dengan posisinya sebagai seorang sekretaris.
- Skill and technic
Dalam bagian ini seorang sekretaris profesional harus memiliki kemampuan yang meliputi surat menyurat, diantaranya mengetik, korespondensi, stenografi, juga bagian kearsipan.
- Practice
Adalah kemampuan seorang sekretaris profesional untuk melaksanakan tugas sehari-hari seperti menerima telepon, meneriama tamu, menyiapkan rapat, membuat agenda pimpinan, dan lain-lain.
Sementara itu banyak orang beranggapan bahwa tugas seorang sekretaris profesional cenderung hanya boleh dilakukan oleh seorang sosok wanita yang memiliki penampilan cantik dan menarik. Namun anggapan itu jelas merupakan kesalahan besar, sebab seorang sekretaris tidak melulu harus seorang wanita, dan bilapun dia adalah seorang wanita maka tidak selalu harus cantik dan menarik.
Sebagai seorang sekretaris profesional, maka harus memenuhi krateria yang dimilikinya, diantara karateria tersebut adalah:
- Personality
Sifat personality yang dimaksud disini adalah, bahwa seorang sekretaris profesional harus memiliki kesabaran, ketekunan, disiplin, tidak cepat menyarah, serta berpenampilan yang baik, jujur, loyal, serta pandai bicara, sopan dan bisa menjaga image perusahaan.
- General Knowledge
Sebagai seorang sekretaris profesional harus memiliki berbagai kemampuan yang memadai dalam perubahan serta perkembangan yang terjadi, khususnya kemampuan yang masih memiliki kaitan dengan aktivitas organisasi.
- Special knowledge
Selaku sekretaris profesional harus mempunyai kemampuan yang berkaitan khusus dengan posisinya sebagai seorang sekretaris.
- Skill and technic
Dalam bagian ini seorang sekretaris profesional harus memiliki kemampuan yang meliputi surat menyurat, diantaranya mengetik, korespondensi, stenografi, juga bagian kearsipan.
- Practice
Adalah kemampuan seorang sekretaris profesional untuk melaksanakan tugas sehari-hari seperti menerima telepon, meneriama tamu, menyiapkan rapat, membuat agenda pimpinan, dan lain-lain.
Semoga dengan kehadiran tulisan singkat diatas anda yang sedang mencari tips-tips menjadi sekretaris profesional dapat menambah refrensi anda tentang dunia kesekretarisan, dan supaya ilmu kesekretarisan lebih banyak lagi, maka tidak ada salahnya juga anda mencoba mencari sumber-sumber dari buku, dan salah satunya buku berjudul "Menjadi Sekretaris Profesional" yang informasi bukunya juga bisa anda temukan dengan mudah melalui media internet.
0 komentar :
Posting Komentar