16 Februari 2009

Rakyat Sengsara, Presiden Berfoya-Foya

Di tengah kelaparan dan krisis ekonomi yang melilit rakyatnya, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe malah membeli rumah mewah. Tak tanggung-tanggung, untuk sebuah rumah di komplek pemukiman elit di Hongkong, Mugabe rela merogoh kocek hingga 4 juta poundsterling (sekitar Rp 68,2 miliar).

Seperti dilansir The Times, rumah mewah itu dibeli dengan menggunakan nama seorang perantara lewat perusahaan bayangan yang kantornya setelah ditelusuri ternyata hanya sebuah rumah petak dan reot.

Rumah yang mungkin harganya tak terbayangkan oleh rakyat Zimbabwe itu, mendapat pengawalan ekstra ketat dari pasukan pengawal Mugabe.

Sementara itu, Collin Galloway, wartawan The Times yang berupaya menginvestigasi mendapat perlakuan kasar dari pengawal rumah. Galloway diserang saat ingin mengabadikan rumah sang Presiden. Akibat penyerangan itu, Galloway terpaksa mendapat perawatan di rumah sakit dan berada dalam pengawasan ketat polisi.

The Times menyebutkan, rekening Mugabe di Asia masih menyimpan jutaan poundsterling. Berdasar keterangan sumber dari Zimbabwe dan Asia, istri Mugabe telah menghamburkan uang senilai 55.500 poundsterling (sekitar Rp 946,8 juta) hanya untuk membeli sebuah patung marmer di Vietnam.

Mugabe juga membelanjakan uang sebesar 8.700 poundsterling (sekitar 148,4 juta) hanya untuk membeli sebuah tas jinjing di Singapura. (kepritoday.com)

0 komentar :

Tulisan Terkait: