23 Agustus 2008

Joe Biden, Pendamping Barack Obama?

Kandidat presiden Amerika Serikat, Barack Obama, berencana mengungkapkan calon wapresnya dalam reli kampanye di Illinois. Laporan media Amerika Serikat menyebutkan, kemungkinan besar senator Joe Biden adalah pilihannya. Namun, Barack belum mau mengumumkannya.

Keputusan pilihan ini akan disampaikan lewat SMS dan e-mail kepada para pendukungnya. Partai Demokrat mulai melakukan konvensi partainya di Denver, Senin nanti.

Dalam sebuah interview dengan harian USA Today, senator Illinois ini mengatakan, dia telah menyeleksi seorang calon pasangan yang independen dan bakal memberinya gairah bila sudah di Gedung Putih.

Sebelumnya, stasiun televisi ABC News, memberitakan bahwa para para agen Dinas Rahasia telah dikirim untuk ditugaskan melindungi Biden dalam persiapan bagi kemungkinan peran barunya sebagai kandidat resmi untuk jabatan tinggi itu.

Nama Biden, 65 tahun, mengemuka setelah Obama, menurut sumber-sumber yang tidak diidentifikasi jatidiri mereka , menyampaikan berita kepada dua calon lainnya -- Senator Indiana Evan Bayh dan Gubernur Virginia Tim Kaine-- bahwa mereka tidak lagi dalam pertimbangan.

Biden, Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat itu puluhan tahun berpengalaman dalam keamanan nasional untuk tiket Demokrat itu, pertama kali dipilih menjadi anggota Kongres pada usia 29 tahun pada tahun 1972.

Dalam kampanye awal pekan ini, Obama memilih Biden karena memuji tanggapannya pada krisis di Georgia dan usul-usul untuk memberikan lagi bantuan ekonomi AS kepada Afghanistan.

Joe Biden Sang Pendamping Obama

Calon presiden (capres) Amerika Serikat dari Partai Demokrat Barack Obama dikabarkan telah memilih Joseph (Joe) Biden, sebagai wakil presiden.

Walau belum ada pernyataan resmi, jaringan-jaringan televisi AS, Sabtu (23/8) waktu setempat, memberitakan bahwa Obama akan segera mengumumkan mengutip pernyataan sumber-sumber di Partai Demokrat tentang penunjukkan Biden ini. Obama akan mengumumkan Biden sebagai pendampingnya di Springfield, Illinois.

Sebelumnya, stasiun televisi ABC News, memberitakan bahwa para para agen Dinas Rahasia telah dikirim untuk ditugaskan melindungi Biden dalam persiapan bagi kemungkinan peran barunya sebagai kandidat resmi untuk jabatan tinggi itu.

Kabar penunjukkan Biden ini semakkin kuat setelah Obama dilaporkan telah menyampaikan berita kepada dua calon lainnya, Senator Indiana Evan Bayh dan Gubernur Virginia Tim Kaine, bahwa mereka berdua tidak akan dipilih.

Biden, Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat itu puluhan tahun berpengalaman dalam keamanan nasional untuk tiket Demokrat itu, pertama kali dipilih menjadi anggota Kongres pada usia 29 tahun pada tahun 1972. Dalam kampanye awal pekan ini, Obama memilih Biden karena memuji tanggapannya pada krisis di Georgia dan usul-usul untuk memberikan lagi bantuan ekonomi AS kepada Afghanistan.

Biden lahir di Scranton, Pennsylvania, 65 tahun lalu dari Joseph R. Biden Senior dan Catherine Eugenia "Jean" Finnegan. Dia merupakan lulusan jurusan Sejarah dan Ilmu Politik University of Delaware. Masih belum puas, dia melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Syracuse University.


Sumber: www.kompas.com

0 komentar :

Tulisan Terkait: