03 Mei 2013

Proses Kehamilan Sampai Melahirkan

Proses Kehamilan Sampai Melahirkan - Proses kehamilan adalah suatu peristiwa terpenting dalam terbentuknya kehidupan pada manusia. Proses ini bermula dari pembuahan dimana berjuta-juta sel sperma akan bersaing menuju sel telur sambil mengeluarkan enzim yang membuat salah satu sperma akan berhasil menembus lapisan pelindung sel telur yang sudah matang. Pada peristiwa pembuahan ini akan terjadi perubahan kimiawi yang mencegah sperma lain memasuki sel telur.

proses kehamilan dari awal hingga melahirkan

Proses selanjutnya adalah dimana sel sperma yang berhasil memasuki pelindung sel telur akan terurai dan inti sel yang membawa kode genetik kemudian menyatu dengan kode genetik sel telur yang telah dibuahi. Kelanjutan dari proses ini akan berlanjut kepada proses berikutnya, yaitu penentuan jenis kelamin bayi oleh 46 kromosom yang menyusun karakteristik genetik-nya.

Sel telur yang telah dibuahi kemudian akan membelah menjadi 2 sel, dan untuk selanjutnya berkembang menjadi 4 sel, serta kemudian akan terus mengalami pembelahan. Ketika pembelahan sel terus terjadi, sekaligus sel ini akan bergerak meninggalkan tuba falopi menuju rahim.

Pada hari ketujuh setelah proses pembuahan, maka sel yang terbelah telah mencapai 30, dan kumpulan sel ini sendiri dinamakan dengan istilah morula. Adapun morula yang telah mencapai lapisan rahim akan tertanam pada lapisan endometrium. Kelompok sel yang berkembang ini akan semakin matang dan menjadi blastokista, sekaligus akan menstimulasi terjadinya perubahan dalam tubuh calon ibu, termasuk terhentinya siklus menstruasi.

Perkembangan embrio yang sudah terbentuk pada bulan pertama akan ditandai dengan terbentuknya alat-alat tubuh yang cukup penting dan juga sudah mulai berfungsi meski belum sempurna. Pada bulan pertama kehamilan belum terbentuk tangan dan kaki, demikian juga bagian otak janin masih berupa gumpalan darah. Diperkirakan panjang embrio pada usia kandungan bulan pertama adalah sekitar 2,5 hingga 6 mm.

Pada bulan kedua usia kehamilan embrio telah membentuk kaki dan tangan, alat-alat kelamin bagian dalam, rangka yang masih berupa tulang rawan, alat-alat bagian muka dan beberapa alat penting lainnya. Pada usia ini panjang embrio adalah sekitar 25-40 mm.

Pada bulan ketiga kehamilan, hampir seluruh organ tubuh telah terbentuk secara lengkap, termasuk alat kelamin luar. Panjang janin pada saat ini sekitar 70-100 mm dan sudah dapat dibedakan antara janin laki-laki atau perempuan. Sementara pada bulan keempat masa kehamilan, kondisi janin sudah mulai membentuk kulit, rambut, kelenjar keringat dan kelopak mata. Gerakan janin juga pada saat ini sudah dapat dirasakan oleh ibunya. Panjang janin adalah sekitar 145 mm.

Setelah usia kehamilan menginjak usia 12 minggu, maka janin hanya akan mengalami pertumbuhan ke arah lebih besar dan memanjang hingga menjelang kelahirannya. Secara normal masa kehamilan adalah sekitar 40 minggu, atau 9 bulan 10 hari.

Itulah gambaran proses kehamilan mulai dari awal hingga melahirkan yang dapat kami informasikan kepada Anda. Bagi Anda yang masih belum terlalu paham dengan penjelasan diatas, maka Anda juga bisa memperdalam pengetahuan tentang proses kehamilan sampai melahirkan melalui cuplikan video yang bersumber dari situs berbagi video Youtube berikut ini.

Video Proses Kehamilan Hingga Melahirkan

0 komentar :

Tulisan Terkait: