09 Mei 2013

Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Cepat

Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Cepat - Gigi adalah salah satu bagian dari mulut yang berfungsi untuk merobek dan mengunyah makanan. Pada gigi terdapat struktur pelindung yang disebut sebagai email. Adapun fungsinya adalah sebagai pencegah terjadinya lubang pada gigi. Adapun beberapa jenis makanan seperti halnya cokelat, kopi, susu, dan lain sebagainya dapat menjadikan email gigi menjadi kropos, dan hal ini akan berakibat timbulnya lubang pada gigi Anda.

Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Cepat

Kondisi gigi yang berlubang rentang membuat keberadaan gigi Anda menjadi sakit. Bagi Anda yang sedang bermasalah dengan gigi berlubang dan saat ini sedang merasakan sakit, maka pada kesempatan ini blog Karo Cyber akan mempublikasikan cara meredakan sakit gigi dengan cepat, meskipun cara ini hanyalah sebagai pereda dan bukan mengobati gigi yang sakit secara permanen.

1. Es Batu

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk meredakan nyeri pada gigi berlubang adalah dengan menggunakan es batu. Perlu diingat bahwa es batu yang dimaksud bukan untuk dikonsumsi, tetapi digunakan untuk meredam nyeri pada syaraf-syaraf gigi. Caranya? Ambil sebongkah kecil es batu dan letakkan diantara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan selama 15-20 menit.

Adapun pijatan lembut yang Anda lakukan pada es batu tersebut akan menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekita ibu jari dan telunjuk. Hal ini dapat menghilangkan rasa sekit atau nyeri yang terjadi pada gigi Anda karena efek dari pijatan tersebut akan langsung menuju ke pusat syaraf dan menjalar ke sel-sel syaraf gigi Anda yang sedang nyeri.

2. Jeruk Nipis
Jeruk nipis yang sering digunakan sebagai penyedap makanan di dapur juga dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi dengan cepat. Langkah yang harus dilakukan juga cukup mudah, cukup peras jeruk nipis secukupnya. Kemudian, tuangkan pada area gigi yang berlubang sedikit demi sedikit setiap 10 menit. Lakukan secara terus menerus hingga rasa nyeri berkurang.

3. Bawang Putih
Cara ini sudah menjadi tradisi dari nenek moyang hingga sekarang untuk meredakan sakit gigi. Caranya adalah cincang halus satu siung bawang putih dan beri sedikit garam. Kemudian, kunyah bawang putih tersebut di area gigi Anda yang berlubang. Kunyahlah bawang putih dengan campuran garam tersebut hingga rasa nyeri yang Anda rasakan berangsur menghilang. Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah berkumurlah dengan air hangat yang telah dicampur dengan garam.

4. Biji Alpukat
Biji buah alpukat juga dapat digunakan sebagai pereda sakit gigi alternatif. Cukup keringkan biji alpukat dengan cara disangrai. Kemudian, tumbuk biji tersebut hingga menjadi bubuk. Taburkan bubuk biji alpukat tersebut pada gigi yang berlubang, tutup dengan kapas dan gigit untuk beberapa waktu. Tunggu hingga nyeri berkurang.

5. Cabai Hijau

Cabai hijau yang terkenal dengan kepedasannya juga dapat digunakan untuk menghilangkan nyeri pada gigi. Caranya dapat dilakukan dengan memotong ujung cabai hijau kemudian bakar, jangan terlalu lama. 1-2 menit hanya untuk membuat cabai hijau tersebut panas. Kemudian, setelah panas, tempelkan cabai hijau tersebut ke bagian gigi yang sakit.

Itulah beberapa cara meredakan sakit gigi dengan cepat yang dapat Anda terapkan ketika bermasalah dengan gigi berlubang. Semoga tips yang kami sajikan kiranya dapat membantu Anda untuk meredakan sakit gigi. Selamat mencoba...

0 komentar :

Tulisan Terkait: