25 April 2013

Tips Agar Hidup Selalu Ceria dan Bahagia

Tips Agar Hidup Selalu Ceria dan Bahagia - Dalam menjalani hidup ternyata banyak hal dapat membuat seseorang menjadi sedih. Apakah karena masalah putus cinta, masalah keungan, masalah kesehatan, dan mungkin masalah ditengah-tengah keluarga yang sulit untuk diselesaikan.

cara agar bahagia

Dari penjelasan beberapa pakar kejiwaan, menyebutkan bahwa kesedihan bukan merupakan diakibatkan karena ketiadaan kebahagiaan pada diri seseorang. Namun kesedihan itu sendiri muncul karena ketidakmampuan dari seseorang tersebut untuk melihat sisi positif dari segala sesuatulah yang membuatnya menjadi bersedih. Secara sederhana dapat dinyatakan bahwa ternyata kesedihan dan kebahagiaan hanyalah faktor sudut pandang semata. Dalam hal ini disebutkan bahwa suasana kesedihan ternyata dapat diubah menjadi kebahagiaan dengan hanya mengubah sudut pandang.

Yang menjadi pertanyaannya adalah sudut pandang seperti apa yang harus dilakukan agar rasa sedih dapat berubah menjadi suasana ceria dan bahagia secara bersamaan? Berikut ini adalah beberapa tips agar hidup selalu ceria dan bahagia yang dikutip oleh blog Karo Cyber dari berbagai sumber di internet:

Selalu Berbaik Sangka

Anda tidak akan dapat merasakan ceria bila hidup selalu dipenuhi dengan berbagai perasangka buruk terhadap orang lain. Bahkan hidup dengan bayang-bayang prasangka buruk juga dapat membuat hidup seseorang selalu dalam ketakutan. Maka dengan demikian, upayakanlah mulai dari sekarang agar tetap berpikiran positif. Bila ada satu dua orang yang pernah membuat Anda kecewa, maka bukan berarti semua manusia di dunia ini ikut jahat.

Berpikir Semua Mudah

Berpikir gampang atas semua hal yang menyulitkan hidup merupakan salah satu solusi dalam menggapai hidup yang selalu ceria dan bahagia. Sebab dengan demikian, maka seberat apapun masalah yang sedang dihadapi tidak akan menyiutkan nyali Anda. Selain itu dengan berpikir bahwa apapun yang akan dikerjakan bakalan dapat dilakukan dengan mudah akan membuat otak lebih cepat menemukan solusinya. Bila Anda berpikir saya bisa, maka pada kenyataanya Anda juga akan benar-benar bisa.

Optimis

Seseorang yang masih tetap bisa ceria pada situasi terjepit, hal itu karena ia masih melihat adanya harapan untuk keluar dari situasi yang menghimpitnya. Dengan adanya harapan itulah yang membuatnya bertahan dan bisa tetap ceria. Namun pada kenyataan sebaliknya, seseorang yang pesimis akan menampakkan wajah murung setiap kali ditimpa kesulitan. Sebab mereka tidak pernah melihat harapan. Bagi mereka dunia ini suram. Padahal sedikit rasa optimis akan membuat siapapun bisa menjalani hidup dengan ceria, sepanjang masa.

Bergaul

Beberapa psikolog berpendapat bahwa orang yang ceria akan lebih mudah bergaul. Dalam hal ini akan berlaku hasil positif yang bisa dipetik langsung, yaitu dalam pergaulan akan melahirkan keceriaan. Jadi keceriaan tidak akan datang bila Anda mengurung diri di dalam kamar. Pergilah keluar dan carilah teman, disitulah letak keceriaan. Kebahagiaan hadir karena adanya kebersamaan.

Santai Saja

Memilih menjadi orang yang serius memang tidak ada salahnya. Tapi tidak ada salahnya juga bila Anda mencoba untuk meluangkan waktu untuk bersantai. Sebab bila Anda harus kelewat serius setiap saat juga tidak akan baik, sebab selain akan membuat diri Anda menjadi kaku keseriusan juga dapat mematikan keceriaan Anda. Jadi apapun situasinya jangan terlalu panik, tapi cobalah bersantai walau hanya barang sejenak.

Syukuri Apa Yang Dimiliki

Bila saat ini Anda sudah memiliki motor, tetapi tidak mensyukurinya, maka besar kemungkinan ketika Anda memiliki mobil kelak Anda juga akan tetap tidak bisa bersyukur. Karena setelah memiliki mobil seseorang biasanya akan berharap untuk memiliki helikopter, dan sebagainya. Sebaliknya bila Anda mensyukuri apa yang telah dimiliki saat ini, maka Anda juga akan dapat menyukuri apa yang dimiliki di hari esok atau lusa nanti. Jadi bersyukurlah sekarang juga atas apa yang dimiliki agar besok asau lusa nanti Anda juga dapat mensyukuri apa yang akan Anda miliki saat itu.

0 komentar :

Tulisan Terkait: