29 Maret 2013

Cara Memulai Bisnis Laundry Kiloan

Cara Memulai Bisnis Laundry Kiloan - Dalam beberapa tahun terakhir usaha laundry kiloan kian marak di Indonesia. Hampir setiap saat selalu muncul pengusaha baru yang bergerak dalam bisnis ini, dimana diantara mereka terdiri dari pebisnis yang memberikan penawaran kemitraan dan juga waralaba.

Meski gerai jasa laundry kini kian marak di temukan diberbagai tempat, khususnya di kota-kota besar di Indonesia, tetapi prospek bisnis ini masih tetap cerah. Keberadaan masyarakat yang supersibuk, membuat mencuci pakaian adalah salah satu pekerjaan yang sulit untuk dilakukan sendiri, hal inilah yang mendorong jasa laundry semakin hidup.

Seseorang yang jeli dalam usaha dan bisnis, tentu usaha laundry merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan serta menguntungkan. Namun agar bisnis ini dapat berjalan untuk memberikan keuntungan yang maksimal, maka ada beberapa tips yang perlu diketahui bila ingin memulai usaha laundry kiloan. Berikut ini adalah beberapa cara memulai bisnis laundry kiloan yang patut Anda ketahui sebelum menjalani usaha ini.

- Memilih Lokasi Strategis
Menentukan lokasi yang strategis untuk mendirikan usaha laundry kiloan adalah salah satu hal yang mutlak harus dilakukan oleh calon pebisnis. Dengan memilih lokasi tempat yang strategis tentu akan menambah potensi mendatangkan pelanggan yang lebih banyak lagi. Lokasi yang cocok untuk dipilih misalnya dapat berupa daerah sekitar kost-kostan mahasiswa atau karyawan. Selain itu di daerah perumahan juga menjadi salah satu tempat yang paling tepat untuk mengembangkan usaha laundry kiloan.

- Memperhatikan Kompetitor
Bila Anda hendak membangun usaha bisnis laundry kiloan, maka salah satu hal yang juga patut dilakoni adalah memperhatikan keberadaan kompetitor. Dalam hal ini Anda dapat mencari kelebihan dan kekurangan dari kompetitor di daerah lokasi usaha yang hendak Anda dirikan. Dengan mengatahui kelemahan dan kelebihan kompetitor ini, tentu akan memacu Anda untuk memberikan pelayanan ekstra kepada calon pelanggan.

- Memperhitungkan Biaya Bulan
Selain memilih lokasi strategis dan memperhatikan kompetitor, maka hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah menghitung biaya bulanan dalam mendirikan usaha ini. Dalam hal ini Anda dapat menghitung biaya bulanan mulai dari listrik, air, gaji karyawan dan peralatan lainnya. Hitung berapa lama balik modal dan sebagainya.

- Mempertimbangkan Modal
Dalam mendirikan usaha, maka salah satu hal yang juga patut Anda persiapkan adalah modal usaha. Begitu juga dengan usaha laundry kiloan yang henda didirikan juga akan mebutuhkan biaya modal awal. Namun dalam hal ini apabila Anda belum memiliki modal yang cukup, maka Anda juga bisa menjadi agen saja, cukup dengan menyediakan tempat, daftar harga. Anda bisa bekerjasama dengan jasa laundry kiloan yang sudah ada dengan persentasi keuntungan bagi hasil atau sesuai dengnan ketentuan standar mereka.

Demikianlah beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan sekaligus menjadi modal penting bagi Anda untuk mengetahi bagaimana cara memulai bisnis laundry. Semoga informasi singkat yang dipublikasikan melalui artikel ini kiranya dapat bermanfaat bagi Anda.

0 komentar :

Tulisan Terkait: