17 September 2012

Hasil Pengumuman CPNS Tes Kompetensi Dasar 2012

Pengumuman CPNS 2012 - Dalam rangka transparansi penerimaan CPNS tahun 2012 ini, maka sebuah trobosan yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan TB) adalah mengumumkan Hasil CPNS Tes Kompetensi Dasar tahun 2012 dengan cara mencantumkan nila dan passing grade.

Hasil pengumuman CPNS Tes Komptenesi Dasar 2012 sendiri akan dilakukan secara online melalui situs www.menpan.go.id dan www.kompas.com pada Rabu, 19 September 2012. Adapun jadwal pengumuman CPNS 2012 sebelumnya direncanakan adalah pada hari Senin, 17 September 2012, tetapi jadwal tersebut kemudian diundur karena Kementerian PAN dan RB sebelumnya akan terlebih dahulu menyerahkan hasil tes yang dimaksud kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) masing-masing instalasi.

Penyerahan hasil tes yang dilakukan oleh Kementerian PAN dan RB kepada pejabat PPK dimaksudkan untuk menghormati instalasi pemerintah yang menyelenggarakan tes CPNS 2012, mengingat yang berwenang mengumumkan hasil pengumuman CPNS 2012 sendiri merupakan adalah pihak PPK di masing-masing instalasi.

Selain di dua situs yang sudah disebutkan, yaitu www.menpan.go.id dan www.kompas.com, Pengumuman CPNS 2012, khususnya pengumuman tes Kompetensi Dasar jugs dapat dilihat melalui alamat situs instalasi atau Kementerian yang bersangkutan, diantaranya meliputi cpns.kemenkumham.go.id, www.ropeg-kemenkes.or.id, e-cpns.kemlu.go.ig, www.kemdikbud.go.id, cpnsonline.mahkamahagung.go.id, dan lainnya.

Dalam pelaksanaan pengumuman hasil CPNS Tes Kompetensi Dasar 2012 akan disertakan dengan pencantuman nilai, dan hal ini dimaksudkan agar para peserta mengetahui apakah dia lulus TKD atau tidak. Selain itu hasil tes juga akan diserahkan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN), sehingga ada empat pihak yang akan memiliki datanya, dan dengan demikian maka hasilnya tidak mudah untuk dirubah.

Menurut informasi yang mengemuka, disebutkan bahwa ada sekitar 200 ribu orang pelamar yang lolos seleksi administrasi. Tetapi dari jumlah tersebut yang mengikuti tes hanya sekitar 165 ribu orang. Hal ini terjadi karena banyak diantara pelamar yang mengajukan lamaran dan lolos seleksi administrasi di lebih dari satu instalasi. Akibatnya pada saat mengikuti tes pada 8 September 2012 yang lalu, para pelamar hanya dapat memilih dari salah satu instalasi saja.

0 komentar :

Tulisan Terkait: