12 Agustus 2012

Pengunjung Blog di Blogspot Menurun

Pengunjung Blog di Blogspot Menurun - Pengunjung blog di Blogspot menurun adalah salah satu fenomena terbaru didunia blogger Indonesia. Semenjak memasuki akhir bulan Juli 2012 kemarin, pengunjung blog di Blogspot semakin menurun setiap harinya. Bahkan ketika memasuki minggu kedua di bulan Agustus 2012 fenomena penurunan visitor blog di Blogspot semakin memprihatinkan, yaitu mencapai 20 hingga 50 persen dari jumlah visitor sebelumnya.

Fenomena penurunan jumlah pengunjung blog di Blogspot ini bukan cuma dirasakan oleh satu atau dua blog saja. Tapi menurut pengamatan penulis Blog Berita Terhangat, maka hampir rata-rata blog yang berada di platform Blogspot telah mengalami penurunan jumlah visitor. Selain itu pada blog custom domain Blogspot juga sebagian ada yang mengalami penurunan jumlah visitor.

Penyebab Pengunjung Blog di Blogspot Menurun

Meski penyebab pengunjung blog di Blogspot menurun tidak dapat dipastikan 100 persen benar. Tetapi menurut pengamatan penulis ada 2 hal mungkin berperan penting dalam hal penurunan trafik ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Faktor Bulan Puasa dan Lebaran


Faktor Bulan Puasa dan Lebaran adalah mungkin bisa dijadikan sebagai salah satu alasan penurunan jumlah visitor semakin menurun akhir-akhir ini. Namun membandingkan dengan tahun yang lalu justru faktor Bulan Puasa dan Lebaran tidak dapat dijadikan sebagai acuan, sebab pada bulan Puasan dan menjelang Lebaran tahun 2011 yang lalu, justru ada peningkatan visitor blog yang rata-rata 20-30 persen.

2. Faktor Algoritma Google

Sudah dapat dipastikan bahwa pengunjung blog di Indonesia rata-rata bersumber dari situs mesin pencari, dan yang paling populer adalah dari Google. Mengingat Google akhir-akhir ini sering melakukan perubahan algoritma sistem pencariannya, merupakan salah satu alasan paling utama yang menyebabkan pengunjung blog di Blogspot semakin menurun dari hari ke hari.

Dengan algoritma Google yang baru ada fenomena baru juga, dimana para blogger dipaksakan untuk harus terus mengupdate informasi terbaru, agar informasi tersebut dapat tempat dihalaman satu hasil pencarian. Bila dulu banyak dikenal keyword abadi, maka saat ini keyword abadi hampir sudah tidak ada lagi, yang artinya setiap saat Google akan memprioritaskan tulisan paling baru dan hal ini yang mengakibatkan banyak penurunan trafik blog, khususnya bagi blog yang selama ini telah menanam banyak keyword-keyword abadi di blognya masing-masing.

Mungkin tulisan diatas hanyalah sebagai analisa dari penulis yang masih awam di dunia blog. Namun demikian untuk menyempurnakan tulisan ini, bagi teman-teman yang ahli dalam bidang ini, maka dengan kerendahan hati penulis mengundang Anda untuk berdiskusi mengenai penyebab pasti fenomena penurunan pengunjung blog di Blogspot akhir-akhir ini melalui kolom komentar dibawah tulisan ini.

3 komentar :

Nawawi Ahmad mengatakan...

Menurut saya fenomena bulan puasa tidak sepenuhnya benar. soalnya di awal bulan puasa blog saya pengunjungnya naik.

Tapi kalau alasan algoritma yang baru saya setuju. karena menurunnya trafik di blog saya mungkin juga karena kurang di update.

fdhly mengatakan...

sama bro...
Trafik blog saya jg mengalami penurunan 4 hari blakangan ini, dan blogger lainny jga merasakannya...

Rifqi Macmillan mengatakan...

Ya trafik blog saya meningkat 25% dibanding bulan lalu, mungkin juga karena di bulan ini saya mencoba aktif kembali

Tulisan Terkait: