06 Juli 2012

Obat Cacing Untuk Kucing

Obat Cacing Untuk Kucing - Kucing adalah hewan peliharan yang menyenangkan bagii banyak orang. Terkadang kucing kesayangan yang sudah diberi makan yang cukup, tetapi pertumbuhan badannya terlihat agak lambat, bahkan kadang kucing yang dipelihara juga terlihat semakin kurus. Apa penyebabnya? Salah satunya adalah ada kemungkinan kalau kucing yang Anda pelihara tersebut cacingan.

Untuk mengetahui seekor kucing peliharaan cacingan, maka bisa dilihat dari apa faktor penyebab kucing cacingan dan juga gejala yang tampak pada kucing yang sudah terkena cacing. Seperti apa faktor dan gejalanya, berikut penjelasannya:

Faktor Penyebab Kucing Cacingan


1. Berasal dari air susu induk yang mengandung larva cacing dalam saluran pencernaan, larva tumbuh menjadi dewasa dan berkembang biak.

2. Kucing yang terinfeksi cacing dari kucing lain.

3. Lingkungan seperti rerumputan, tanah, bak pasir, pasir yang terdapat telur cacing.

4. Melalui vektor pembawa seperti tikus dan pinjal/kutu.

Gejala Kucing yang Cacingan


1. Tubuh kucing tampak kurus, meskipun banyak makan

2. Perut membesar

3. Bulu tampak kusam dan berdiri-berdiri

4. Mata selalu belekan dan kotor.

5. Bila sudah parah gejala yang tampak muntah-muntah, lemas, tidak mau makan, muntah keluar cacing, diare keluar cacing dan sampai terjadi kematian.

Obat Cacing Untuk Kucing

Bila sudah tampak ada gejala-gejala bahwa kucing Anda cacingan, maka adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengobatinya dapat dilakukan dengan memberikan obat "Combantrin" atau "Pyrantel Pamoat" hal ini dilakukan untuk kucing yang berumur 1,5 bulan. Untuk kucing yang sudah berumur 3 bulan dapat diberikan obat cacing "Drontal Cat" yang dosisnya tergantung berat badan.

Perlu diketahui bahwa pemberian obat cacing ini diulang kembali setiap 3 bulan sekali. Tetapi, disini harus diperhatikan bahwa dalam pemberian obat cacing, kucing Anda tidak dalam keadaan bunting dan dalam keadaan benar-benar sehat, dalam artian tidak muntah, tidak diare, tidak kutuan, tidak lemas.

Mencegah Agar Kucing Tidak Cacingan


Untuk mencegah agar kucing terhindar dari cacingan, maka dapat diatasi dengan beberapa cara mudah, yaitu diantaranya:

1. Memandikan kucing setidaknya 2 x dalam sebulan (2 minggu sekali), agar kotoran, pasir yang mengandung telur cacing dapat hilang larut dengan air.

2. Mencegah kucing liar masuk ke dalam halaman rumah atau dalam rumah

3. Melakukan pemberantasan pinjal, tikus karena mereka merupakan vektor pembawa telur cacing.

4. Menjaga kebersihan kandang, tempat makan, bak pasir, sering mengganti pasir, lantai. Bisa juga digunakan desinfektan dengan disemprotkan.

0 komentar :

Tulisan Terkait: