18 Juni 2012

Facebook | Facebook Home | Facebook Login

Facebook - Facebook adalah situs jejaring sosial terbesar di Dunia saat ini dan sekaligus menjadi situs terbesar paling sering dikunjungi di dunia setelah Google. Facebook sendiri sering dijuluki sebagai situs jejaring sosial ini berdiri semenjak tahun 2004. Menurut berbagai sumber informasi, sampai saat ini Facebook telah memiliki lebih dari 900 juta pengguna dari berbagai negara di seluruh dunia.

facebook
Agar seorang pengguna dapat menjadi bagian dari Facebook, maka pengguna tersebut terlebih dahulu harus daftar Facebook. Dalam proses pendaftaran maka pengguna tidak akan dipungut biaya atau gratis. Adapun untuk cara membuat Facebook atau mendaftar Facebook prosesnya tidak terlalu sulit. Cukup dengan mengikuti prosedur dan mengisi formulir yang sudah disediakan, maka dalam waktu tidak kurang dari 5 sampai 10 menit akun Facebook baru sudah jadi.

Konsep situs Facebook sendiri adalah situs pertemanan. Artinya seseorang dapat mencari temannya yang sudah terdaftar di Facebook dan kemudian menambahkan seseorang itu dibagian pertemanan Facebook. Bila antara satu dengan yang lain sudah berteman, maka antara kedua pengguna tersebut sudah dapat saling bertukar pesan. Selain itu pemberitahahuan atomatis dari satu pengguna akan diterima pengguna lainnya ketika sudah terjalin hubungan pertemanan melalui Facebook.

Selain hubungan pertemanan yang dapat terjalin melalui Facebook, melalui situs jejaring sosial terbesar ini juga akan ditemukan group, yaitu seorang pengguna dengan pengguna lain yang memiliki ketertarikan sama, dapat tergabung didalam sebuah group yang dikelola oleh admin atau sipembuat group sendiri. Ketertarikan dalam sebuah group dapat berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, dan ciri khas lainnya.

Awal berdirinya Facebook oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan juga sesama teman mahasiswa di Universitas Ilmu Komputer. Adapun teman-teman Mark tersebut diantaranya adalah Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Awal pendirian Facebook sendiri hanya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, yang kemudian diperluas untuk pengguna di Boston, Lvy League, dan Universitas Stanford.


Video Cara Daftar Facebook

Perkembangan selanjutnya Facebook dibuka untuk Universitas-Universitas lainnya. Setelah beberapa Universitas tergabung dalam jaringan situs pertemanan Facebook, maka pada perkembangan selanjutnya situs ini terbuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan kemudian dibuka untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.

Facebook Home

Seiring dengan semakin populernya situs jejaring sosial Facebook, membuat banyak hal yang unik dan menarik prilaku orang yang mengaksesnya. Banyak pengguna yang tergabung di Facebook yang sebenarnya sangat awam dengan dunia internet. Namun dengan kepopuleran Facebook sendiri membuat banyak orang yang belum pernah mengakses internet sama sekali melalui jaringan Komputer telah memiliki akun di Facebook dengan menggunakan internet mobile. Fenomena seperti ini sendiri terjadi diberbagai belahan dunia dan salah satunya juga terjadi di Indonesia.

Karena banyak pengguna Facebook yang masih awam dengan keberadaan internet ini, membuat pengguna Facebook sendiri tidak mengerti apa itu sebenarnya arti dari sebuah alamat website (domain). Begitu juga mereka telah menjadi anggota di situs Facebook. Namun mereka sendiri belum mengetahui alamat situs ini yang berada di www.facebook.com, sehingga ada sebagian yang ketika ingin membuka Facebook terlebih dahulu akan mencari kata yang berkaitan dengan Facebook melalui situs mesin pencari dengan kata-kata "Facebook Home".

Maksud dari mereka untuk mengetikkan kata-kata ini adalah agar untuk membuka halaman utama Facebook yang langsung akan muncul disitus mesin pencari. Dengan keluarnya situs halaman utama, maka atomatis mereka dapat masuk kesitus Facebook tanpa harus mengunjungi melalui alamat yang sebenarnya di web browser, yaitu facebook.com.

Facebook Login

Facebook Login dan juga Facebook Log In adalah dua kata yang juga sering diketikkan melalui mesin situs pencari. Diduga kuat bahwa orang-orang yang mengetikkan kata-kata ini adalah pengguna Facebook sendiri yang ingin mengakses langsung halaman login Facebook.

Ini juga merupakan salah satu Fenomena dimana pengguna Facebook itu sendiri masih awam dengan situs internet. Bila mereka yang sudah familiar tentu tidak akan mencari Facebook Login disitus mesin pencari bila ingin login di situs Facebook. Tetapi akan langsung membuka situs Facebook di alamat url www.facebook.com dan kemudian melakukan login langsung melalui halaman tersebut.

Memang ketika kita mengetikkan kata Facebook Login disitus mesin pencari, khususnya disitus mesin pencari Google, maka seketika situs pencari terbesar di dunia tersebut akan langsung menampilkan halaman Facebook Login sebagai tampilan nomor satu, yaitu tepatnya di alamat facebook.com/login.php.

Fenomena-fenomena luar biasa yang terjadi akibat revolusi informasi yang dilakukan Facebook memang luar biasa. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa banyak masyarakat yang masih sangat awam internet dan sama sekali belum pernah mengakses internet melalui jaringan Komputer sudah memiliki akun atau akses disitus Facebook dan tentunya akses ke situs jejaring sosial terbesar ini dilakukan melalui internet mobile.

0 komentar :

Tulisan Terkait: