04 Februari 2012

Tips Kesehatan Ibu Hamil Muda

Tips Kesehatan Ibu Hamil Muda - Pada tulisan ini, blog Karo Cyber akan menyajikan informasi mengenai tips kesehatan ibu hamil muda. Adapun tujuan artikel ini adalah mengajak para ibu yang hamil muda dapat menjaga pola hidup sehat, agar kondisi kesehatan sang ibu dengan janin yang ada dirahimnya dapat senantiasa terjaga dengan baik.

Secara umum, ibu hamil muda mengalami perubahan besar pada fisik dan mentalnya. Namun pengaruh perubahan ini berbeda-beda pada masing-masing ibu hamil. Ada yang merasa seperti masuk angin, gampang capek, pusing, lemas dan hal-hal seperti ini sebenarnya harus diatasi dengan mencoba banyak istirahat.

Selain membutuhkan banyak istirahat, asupan gizi juga harus diperhatikan. TIdak perlu ada yang terlalu khusus, yang penting makan sehat dan seimbang, plus minum susu. Kalau masih mual/muntah dan tidak bisa minum susu hamil, bisa juga upayakan untuk minum susu cair yang lebih enak rasanya. Trus kalau kontrol ke dokter biasanya diberi vitamin, jangan lupa diminum.

Sebenarnya hanya sedikit makanan yang benar-benar tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, misalnya nenas muda, durian. Tetapi ada juga yang bilang tidak boleh makan pedas, sebenarnya yang penting jangan terlalu pedas karena serangan penyakit diare bisa saja terjadi ketika kebanyakan makan makanan yang pedas.

Untuk aktivitas fisik, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Sebenarnya olahraga diperbolehkan bagi ibu hamil yang tidak ada masalah kesehatan, tapi jangan terlalu berat. Bila biasanya olahraga seminggu tiga kali dengan durasi satu jam dan intensitas tinggi, mungkin dikurangi menjadi seminggu dua kali durasi setengah jam dan intensitas rendah. Semua tergantung pada kondisi sebelum dan selama kehamilan.

Yang paling penting diingat, jangan terlalu capek, kalau sudah kecapean istirahat aja. Kalau terlalu banyak pantangan, nanti tubuh malah nggak bisa survive karena kehamilan itu cukup lama lho, sembilan bulan - jadi harus bisa dijalani dengan enjoy.

Demikianlah sedikit mengenai tips kesehatan ibu hamil, semoga dengan kehadiran tips ini dapat kiranya berguna bagi anda yang membacanya.

0 komentar :

Tulisan Terkait: