12 Februari 2012

Manfaat Sauna untuk Diet

Manfaat Sauna untuk Diet - Sauna telah menjadi media populer relaksasi dalam rentang waktu yang sudah lama. Ketika sauna pertama kali diperkenalkan tujuannya adalah untuk relaksasi otot dan menghilangkan stres dan melepaskan ketegangan yang tidak membangun sepanjang hidup. Seiring perkembangannya, sauna makin populer dan luas, secara teratur masyarakat mulai memperhatikan beberapa khasiat lain dari sauna salah satunya adalah bermanfaat untuk diet.

Mitos dan Fakta Manfaat Sauna untuk Diet

Banyak orang masih percaya tentang penurunan berat badan yang dilaporkan melalui penggunaan sauna. Namun, popularitas meningkat dari sauna di seluruh dunia tidak dapat dan tidak berbohong. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan sauna sering memang membantu dalam penurunan berat badan karena suhu tinggi bertindak tidak hanya pada jaringan otot tetapi juga pada jaringan lemak tubuh.

Banyak orang setuju bahwa sauna memang membantu mereka dengan pengurangan berat badan. Pertanyaannya adalah bagaimana? Tidak benar bahwa panas dari sauna membantu proses pencairan lemak tubuh. Secara alami, memang sauna tidak dapat mencairkan lemak dengan bantuan panas yang dihasilkannya. Namun sauna sebenarnya bermanfaat untuk membantu diet dengan cara yang lain, yaitu menyingkirkan kelebihan garam melalui keringat yang keluar dari tubuh.

Apa kadar garam berpengaruh dengan penurunan berat badan? Banyaklaporan medis yang menjelaskan hubungan garam dan pertambahan berat badan. Hal ini bukan berkaitan dengan lemak, tapi berkaitan dengan retensi air yang ada didalam tubuh. Ketika seseorang mengkonsumsi garam berlebih, ini disimpan di bawah kulit dan agar tetap tidak menjadi zat yang beracun, maka hal ini akan menuntut banyak kandungan air. Semakin banyak kandungan garam yang mengumpul dibawah kulit, maka semakin banyak pula air tubuh yang bertahan dan hal ini yang mengakibatkan terjadinya penggemukan atau pertambahan berat badan.

Sauna membantu Anda menyingkirkan kandungan garam ini, dan dengan demikian membuat akan berpengaruh terhadap berkurangnya air yang ada didalam tubuh yang tentunya berpengaruh pada berat badan Anda. Untuk program diet yang maksimal, maka Anda perlu menjaga konsumsi garam ini.

Oleh karena itu, sauna memang membantu Anda menurunkan berat badan meskipun tidak dengan cara mencairkan lemak tubuh. Panas biasanya memaksa keringat tubuh keluar, disinilah proses kadar garam akan berkurang dari tubuh Anda, sekaligus mengurangi kandungan air dari dalam tubuh yang berpengaruh langsung terhadap berat badan Anda.

Mereka yang telah mempelajari efektivitas sauna untuk menurunkan berat badan telah mengamati sisi yang berdampingan dengan manfaat relaksasi dari sauna, mereka membantu dengan detoksifikasi dari tubuh dan menurunkan berat badan, bila dilakukan secara berkesinambungang.

0 komentar :

Tulisan Terkait: