27 Oktober 2011

Pengertian Kearifan Lokal

Pengertian Kearifan Lokal - Bagi teman-teman yang sering membaca koran atau nonton televisi, maka tentu kamu sudah tidak asing lagi mendengar tulisan atau kata kearifan lokal. Meski sering membaca atau mendengar mengenai kearifan lokal ini, maka mungkin saja masih ada diantara kalian yang belum mengetahui pengertian kearifan lokal atau defenisi kearifan lokal tersebut.

Agar kita semakin paham tentang arti kearifan lokal ini, maka melalui tulisan kali ini blog Karo Cyber ingin berbagi informasi kepada teman-teman semuanya, yaitu tentang pengertian kearifan lokal.

Bila dilihat dari kamus Inggris Indonesia, maka pengertian keafiran lokal terdiri dari 2 kata, yaitu kearifan (wisdom) dan lokal (local). Local yang berarti setempat, sementara wisdom sama dengan kebijaksanaan.

Dengan demikian maka dapat dipahami, bahwa pengertian kearifan lokal merupakan gagasan-gagasan atau nilai-nilai, pandangan-padangan setempat atau (lokal) yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya.

Demikianlah tulisan tentang pengertian kearifan lokal ini. Semoga tulisan singkat kali ini dapat memberikan pencerahan kepada kita semuanya, khususnya bagi teman-teman yang sedang mencari informasi mengenai arti kearifan lokal. Salam ^_^

0 komentar :

Tulisan Terkait: