10 Juli 2011

Alexander Calder | Bahasa Indonesia

Alexander Calder | Bahasa Indonesia - Siapakah sebenarnya sosok Alexander Calder. Mengapa hari ini dia dijadikan sebagai Logo Google pada Jumat (22/7/2011) waktu Indonesia? Dari lamaan internet, Karo Cyber mengetahui bahwa Alexander Calder adalah seorang seniman Amerika yang lahir di Philadelphia pada tahun 1898.


Foto Alexander Calder

Dia memperoleh pendidikan teknik pada tahun 1915-1919 di Institut Stevens of Technology di Hoboken, New Jersey. Dia mengambil kursus menggambar dengan Clinton Balmer di New York pada tahun 1922, dan studi di Seni Melukis di Students League pada tahun 1923-1925.

Alexander Calder juga tercatat pernah bekerja untuk majalah "National Police Gazette" pada tahun 1924. Selama dua minggu pada tahun 1925 setiap harinya dia menghadiri acara dari sirkus keliling di New York.

Pada tahun 1926 Alexander Calder pindah ke Paris dimana dia belajar di Académie de la Grande Chaumiere. Di sinilah ia membuat angka pertama kecil dari kawat, kayu dan kain. Pada musim semi tahun 1927 ia mendirikan sebuah sirkus mini lengkap dengan angka-angka, dan melakukan menunjukkan yang dikunjungi oleh banyak seniman Paris. Angka miniatur Nya kawat berada di pameran di New Yorker Weyhe Galeri pada tahun 1928. Pertama satu-man show berlangsung di Galerie di Paris Billiet-Pierre Vorms pada tahun 1929.

Pada tahun 1930 Alexander Calder bergabung kelompok seniman "Abstraction-Création". Dia semakin berhubungan dengan abstraksi. Kunjungan ke observatorium Paris adalah inspirasi utama untuk patung pertama kawat mobile dan abstrak, yang Marcel Duchamp muncul dengan istilah "Mobile".

Alexander Calder menyajikan ini "Mobiles" di Vignon Galerie di Paris pada 1932 untuk pertama waktu. Dalam "Mobiles" Calder telah menemukan bentuknya sendiri dan paling tepat seni. Konstruksi seimbang sempurna, tergerak oleh sentuhan udara, terbuat dari unsur-unsur logam, kabel, benang dan tongkat, mereka menjadi lebih kompleks dan abstrak selama bertahun-tahun, bagaimanapun, kesan mereka selalu salah satu puisi besar dan airiness lucu. Pada awalnya ia juga membuat konstruksi yang digerakkan oleh sebuah motor kecil, tapi tidak mengejar Calder jenis "Mobile". Seperti rekan-rekan untuk "Mobiles", Alexander Calder juga membuat bergerak, tektonik berat, konstruksi sebagian monumental lembaran logam, yang Jean Arp menciptakan "Stabile" panjang.

Pada tahun 1933 Alexander Calder membeli sebuah rumah pertanian di Roxbury (Connecticut) dan kembali ke Amerika Serikat bersama istrinya Louisa James. Pada tahun 1934 ia menciptakan udara terbuka mobile pertama yang disebutnya "Baja Ikan" yang 3,5 meter. Selain patung, oeuvre nya juga terdiri dari seni grafis dan gouaches. Selain itu, ia membuat desain perhiasan panggung, dan ilustrasi buku. Alexander Calder meninggal di New York pada tahun 1976. Makamnya di Roxbury.

0 komentar :

Tulisan Terkait: