07 Mei 2011

Memperkuat Sinyal Modem GSM / CDMA

Memperkuat Sinyal Modem GSM / CDMA - Kali ini kita akan membahas tentang cara memperkuat sinyal modem GSM / CDMA. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis blog Karo Cyber, dimana sejauh ini sudah mencoba memakai modem untuk koneksi internet dari rumah, baik dengan modem GSM maupun modem CDMA.

Gambar Antena TV Tuner untuk Memperkuat Sinyal Modem

Pada awalnya mencoba menggunakan Modem GSM, sinyalnya tidak begitu kuat, hal ini mungkin karena rumah penulis terhalang oleh gedung-gedung tinggi yang ada disekitar rumah.

Nah... karena kesal sinyal yang tidak kuat, akhirnya muncul ide untuk mencari informasi tentang cara memperkuat Sinyal Modem GSM melalui google. Dari berbagai refrensi menyebutkan bahwa untuk memperkuat sinyal modem, baik GSM maupun CDMA bisa menggunakan antena buatan, seperti terbuat dari tutup panci, kaleng anti nyamuk, bahkan ada juga yang menyarankan mencoba menggunakan kaleng pocari sweet.

Jujur saja karena berbagai refrensi yang ditemukan ketika mencari informasi bagaimana cara memperkuat sinyal modem melalui google sangat ribet dan kadang-kadang tidak dilengkapi dengan gambar yang jelas, sehingga membuat penulis sendiri kebingungan untuk mengikuti berbagai tips yang ditemukan itu.

Meski tidak melakukan, tapi hal itu tentu menjadi inspirasi tersendiri bagi penulis, untuk membuat antena buatan sebagai upaya memperkuat sinyal modem.

Karena dirumah ada antena tv tuner yang sudah tidak dipakai lagi, akhirnya muncullah ide untuk menjadikan antena TV tuner tersebut menjadi antena alternatif untuk modem.

Dengan cara meletakkan atena tv tuner diatas CPU, kemudian di antena itu sendiri digantungkan modem yang awalnya adalah GSM, akhirnya terbukti cukup ampuh untuk menguatkan sinyal, dan tentunya hal ini sangat berpengaruh kepada kecepatan internet meski tidak terlalu besar.

Ketika metode memperkuat sinyal modem GSM dengan bantuan antena tv tuner cukup berhasil, maka ketika penulis beralih menggunakan modem CDMA, antena tv tuner masih dipergunakan untuk memperkuat signalnya. Dan memang terbukti sinyal modem lebih kuat, ketika menggunakan antena dari pada tidak menggunakannya.

Bila teman-teman ada yang tertarik menggunakan metode memperkuat sinyal modem GSM / CDMA dengan menggunakan trik yang sudah pernah penulis coba, maka dengan cara ini bianyanya tidak terlalu mahal, sebab bilapun teman-teman belum memimiliki antena tv tuner, maka harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp20.000-an.

3 komentar :

lembayungbali mengatakan...

Belum pernah nyobain yg beginian soalnya sinyal gw udah hampir full

sceptisct mengatakan...

trus kabel antena tv tunernya dicolokin kmana gan??
apa cuman ditaruh aja di atas cpu udah bisa nguatin (tanpa nyolokin kabelnya??
makasih..

karodalnet mengatakan...

@sceptisct: engga usah di colokin gan, cukup di taruh di atas CPU nya saja.

Tulisan Terkait: