22 Mei 2011

CPU Usage 100% | CPU Usage Tinggi

CPU Usage 100% | CPU Usage Tinggi - Beberapa waktu lalu saya pernah mengalami komputer yang restart sendiri dan kadang-kadang hang dan layar monitor berubah hanya menjadi hitam saja. Setelah saya mencari tahu kira-kira apa penyebabnya melalui internet, akhirnya saya menemukan jawaban yaitu bahwa komputer saya mengelamai CPU Usage 100% atau CPU Usage tinggi. Saya sendiri mengetahui bahwa memang benar masalah yang sedang menimpa komputer saya itu diakibatkan oleh CPU Usage 100% adalah dari membuka windows task manager.

Pada awal saya mengetahui bahwa komputer saya mengalami masalah CPU usage 100%, saya masih bingung tentang apakah gerangan yang telah membuat CPU usage ini tinggi. Mencoba menelusuri lebih jauh dari lamaan internet, akhirnya ada beberapa refrensi yang saya dapatkan tentang penyebab terjadinya CPU usage tinggi.

Adapun penyebab yang mungkin terjadi, sehingga mengakibatkan CPU Usage mencapai 100% padahal tidak membuka aplikasi berat, bahkan malah tidak membuka aplikasi apa-apa di komputer adalah sebagai berikut:

1. Virus

Virus biasanya berjalan sendiri dikomputer kita, sehingga walaupun seolah-olah kita tidak membuka aplikasi apa-apa, tapi virus ternyata telah menjalankan diri sendiri dikomputer kita, sehingga mengakibatkan CPU Usage termakan dan cenderung dapat mencapai 100%.

Untuk mengetahui apakah memang benar Virus yang telah mengakibatkan CPU usage tinggi, maka sebaiknya teman-teman scan terlebih dahulu komputer kamu dengan antivirus terbaik.

2. Startup

Kadang kala ada komputer yang menjalankan aplikasi sendiri tanpa harus dibuka secara manual. Hal ini biasanya dibuat melalui Startup. Nah untuk melihat apakah memang benar banyak program aplikasi yang berjalan melalui Autorestart, maka teman-teman bisa mengeceknya melalui 'System Configuration Utility' (cara membukanya melalui menu Start>RUN dan ketikkan msconfig). Setelah System Configuration Utility muncul maka klik pada bagian tab Startup.

Lihat apakah banyak aplikasi yang ada pada bagian Startup ini, setiap aplikasi yang berjalan sendiri biasanya telah dicentang , hilangkan tanda centang untuk menghentikan beberapa aplikasi yang berjalan sendiri. Namun apabila aplikasi tidak begitu banyak pada bagian ini, maka sebetulnya penyebab CPU Usage 100% bukanlah pada bagian Startup ini.

3. Kabel Hardware yang Longgar

Bila masalah CPU Usage 100% terjadi karena Kabel Hardware yang longgar, maka silahkan buka CPU anda, dan coba cabut pada bagian kabel Hardwarenya, kemudian dibersihkan dan kembali dipasang dengan baik.

4. Kipas CPU

Khusus untuk kasus saya kemarin. Ternyata yang menyebabkan CPU usage tinggi adalah karena Kipas CPU saya yang ternyata sudah berdebu. Karena banyaknya debu yang melekat pada Kipas CPU ini, membuat angin dari kipas tidak lagi masuk kepada bagian processor dan mengakibatkan processor panas.

Untuk mengatasi CPU Usage tinggi karena diakibatkan Kipas CPU yang berdebu, maka silahkan bersihkan kipas CPU anda, kemudian pasang kembali, dan silahkan mencoba kembali Komputernya, apakah CPU usage nya masih tinggi?

5. Elco Mainboard Gembung

Pengalaman saya ketika mengalami CPU Usage tinggi yang kemudian ternyata saya ketahui karena diakibatkan oleh Kipas CPU, maka setelah membersihkan kipas CPU komputer berjalan kembali dengan baik dan tanpa hang atau restart-restart lagi, bahkan CPU Usagenya menjadi turun drastis.

Ketika saya memakai komputer tersebut kira-kira sekitar 1 bulan setelah masa pembersihan Kipas CPU, komputer kembali hang dan restart-restart. Namun ketika saya cek CPU Usagenya masih tetap normal. Terakhir saya ketahui bahwa ternyata Elco Mainboard komputer saya telah mengembung. Ketika saya berkonsultasi dengan tukang servis komputer, maka mereka mengatakan menggelembungnya elco Mainboard saya karena dilama-lamain membersihkan kipas CPU kemarin. Akibatnya karena keseringan panas, membuat berdampak kepada mainboard yang saya pakai.

Karena kerusakan komputer sudah berada pada bagian mainboard, akhirnya saya memutuskan membeli komputer yang baru. Sebab biaya untuk memperbaiki mainboard yang kata tukang servis tersebut sekitar Rp600-an, maka sudah lebih baik membeli komputer baru rakitan yang harganya kira-kira Rp1 juta-an.

0 komentar :

Tulisan Terkait: