22 April 2011

Earth Day 2011

Earth Day 2011 - Earth Day 2011 atau Hari Bumi 2011 diperingati tepat pada hari ini, yaitu Jumat, 22 April 2011. Earth Day sendiri merupakan hari yang khusus dijadikan sebagai hari yang menginspirasi manusia agar menyadari segaligus memberikan penghargaan terhadap alam sekitar.

Hari Bumi atau Earth Day sendiri mulai diperingati di Amerika Serikat atas inisiatif Senator Gaylord Nelson yang diadakan pertama sekali pada, 22 April 1970. Secara internasional peringatan hari bumi ini dimulai pada tahun 1990 dan program ini sendiri diluncurkan oleh Denis Hayes dan didukung sepenuhnya oleh kordinator dari 141 negara.

Pada saat pertama sekali Earth Day diselenggarakan di Amerika Serikat atas inisiatif Gaylord Nelson, program ini sudah didukung oleh 20 juta orang yang ikut ambil bagian. Namun belakangan Earth Day diklaim telah 500 juta orang setiap tahunnya yang berasal dari 175 negara di Dunia.

Perayaan Earth Day 2011 di Indonesia juga saat ini telah disambung dengan baik. Berbagai program menarik terlihat sudah dilakukan untuk menyambut Hari Bumi ini. Salah satunya adalah dilakukan oleh Universitas Diponegoro Semarang yang memberlakukan car free day in campus, bak di Kampus Undip TEmbalang maupun di Kampus Pleberuran.

"Tak boleh ada asap di kampus hari ini," kata Rektor Universitas Diponegoro, Sudharto P. Hadi. "Ini komitmen kami menjaga kelestarian bumi, terutama mengurangi pencemaran dari polusi kendaraan".

Car free day in campus berlangsung dari jam 07.00–10.00 WIB. Untuk mensukseskan program kampanye ini, Undip menyediakan empat bus kampus untuk mengangkut mahasiswa, dosen karyawan, dan tamu. Rektorat juga menyediakan lapangan di depan gerbang kampus, halaman gedung Lembaga Pengembangan Pekerjaan Umum (LPPU), dan halaman Rumah Susun Mahasiswa untuk lokasi parkir kendaraan.

Juru bicara Universitas Diponegoro, Agus Naryoso, mengatakan seharusnya Earth Day diperingati pada tanggal 22 April, namun karena hari tersebut bertepatan dengan hari Paskah yang merupakan hari libur nasional maka acara dimajukan sehari. Selain car free day in campus, ada juga acara resik-resik kampus, penanaman mangrove, penanaman hutan kampus, talk show pengelolaan sampah, seminar, dan sebagainya.

0 komentar :

Tulisan Terkait: