19 Januari 2011

AS Memanfaatkan Sosial Media di Indonesia

AS Memanfaatkan Sosial Media di Indonesia - Selain Blogger (baca: Blogger Indonesia Dimanafaatkan Untuk Kepentingan AS), ternyata situs sosial media lainnya juga dimanfaatkan oleh Amerika Serikat (AS). Untuk memaksimalkan pemanfaatan sosial media yang ada di Indonesia, pemerintah Amerika Serikat telah mengucurkan dana sebesar US$ 100.000 atau sekitar Rp 900 juta.

Media-media sosial lain yang telah dimanfaatkan oleh Amerika untuk kepentingan negaranya selain blogger adalah seperti Facebook, Twitter, Youtube, serta Portal Media Online.

Dana yang dimintakan ini besarnya US$ 100.000 atau sekitar Rp 900 juta. "Kami meminta US$ 100.000 dalam pendanaan dari R untuk mendorong keanggotaan fans Facebook kami menjadi 1 juta orang, dan dapat mencapainya dalam 30 hari," demikian permintaan mereka.

"Dana ini akan digunakan untuk mempromosikan kunjungan dan fan page (Facebook) sebagai tempat untuk belajar dengan beriklan secara ekstensif di portal online, iklan banner, YouTube, Twitter, dan upaya promosi lain, termasuk blogger-blogger yang melekat, kontes dan hadiah, dan menggunakan teknologi SMS," demikian penjabaran strategi itu.

Strategi kedua adalah dengan Golden Ticket sebesar US$ 15.000. Strategi Golden Ticket ini adalah memberikan kesempatan kepada orang Indonesia yang beruntung, untuk bertemu Presiden AS Barack Obama ketika dia berkunjung ke Indonesia.

Bagaimana cara menggelar Golden Ticket? Kedubes AS menyebutkan dengan platform social media, masyarakat Indonesia diminta memposting kenapa mereka layak bertemu Obama.

"Menggunakan platform social media untuk menghubungkan fans dengan kunjungan Obama, juga membangun kegembiraan sebelum kunjungan dan tindak lanjut setelah kunjungan. Sebagai tambahan, kita bisa berpartner dengan stasiun TV lokal untuk acara finalis dan meningkatkan peliputan. Jika Gedung Putih tidak setuju, alternatifnya adalah 'hadiah impian' berupa jalan-jalan edukatif ke AS," jelas mereka.

Strategi terakhir adalah tim media baru dari Kedubes AS yang akan dibantu pakar pemasaran digital. Tujuannya agar dua strategi sebelumnya bisa segera berjalan dengan waktu yang terbatas. Biayanya sebesar US$ 25.000.

Semua data-data tentang AS memanfaatkan Sosial Media di Indonesia itu terungkap dalam sebuah kawat pada 12 Februari 2010 silam dari Kedubes AS Jakarta, kepada pejabat Kemlu AS bernama Jared Cohen. Seperti dilansir Guardian, Rabu (19/1/2011), kawat itu mengungkap strategi AS untuk memanfaatkan social media di Indonesia untuk kepentingan AS.

2 komentar :

IG Jepara mengatakan...

bagus kang sekali infonya

karepQno mengatakan...

nice topik sob, izin reload

Tulisan Terkait: