11 November 2010

Ikan Pesut di Riau

Ikan Pesut di Riau - Penemuan ikan pesut di Riau membuat geger warga. Kehadiran ikan pesut di Sungai Kampar, Kabupaten Kampar, Riau itu memang tergolong sangat unik. Sebab seperti diketahui bahwa makhluk yang juga sering disebut lumba-lumba air tawar ini tidak pernah ditemukan diseluruh sungai di Riau.

Ikan PesutFoto Ikan Pesut

Adapun ikan pesut yang terlihat di Sungai Kampar, Riau ini sebanyak empat ekor. Penampakannya sendiri terlihat oleh warga pada, Rabu (10/11) sekitar pukul 10.00 WIB. Dugaan warga bahwa yang sedang mereka lihat adalah Ikan Pesut terlihat dari cara berenang dan bentuk fisiknya mirip dengan lumba-lumba. Tetapi, lumba-lumba hidup di air asin, sedangkan pesut di air tawar.

Seperti penuturan Naziruddin, 55, warga Desa Subarak, Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, kepada Media Indonesia, bahwa sebelumnya Ia tidak pernah melihat dan mengetahui keberadaan ikan tersebut walaupun sudah puluhan tahun menetap di bantaran Sungai Kampar. "Aneh juga ketika tiba-tiba sosok ikan tersebut muncul di Sungai Kampar. Darimana datangnya ikan ini," ujarnya.

Warga lain bernama Basmi Rusli, 47 adalah salah satu orang yang melihat keberadaan ikan pesut ini, dan dia juga sempat mengabadikan penampakan pesut tersebut dengan kamera telpon genggamnya.

Sementara itu Juru Bicara WWF Riau, Syamsidar, mengatakan kepada detikcom, bahwa informasi tersebut sebagai sesuatu yang aneh. Sebab selama ini mahkluk yang juga disebut lumba-lumba air tawar itu tidak pernah ditemukan di seluruh sungai di Riau.

"Selama ini ikan paling besar hanya seberat 30 kg. Sedangkan ikan yang melintas diperkirakan panjangnya lebih 150 cm. Dan ikan itu melawan arus," kata Syamsidar.

Menurut Syamsidar, jika benar yang melintas itu ikan pesut adalah sesuatu yang luar biasa. Hal itu juga menimbulkan pertanyaan di mana selama ini ikan itu berkembang biak. Termasuk mengapa ikan itu baru muncul sekarang. "Sebaiknya dinas perikanan Riau meneliti munculnya ikan tersebut," kata Syamsidar.

1 komentar :

Ir.Yul Achyar,MM mengatakan...

Ikan pesut ini benar adanya hidup di Perairan S.Kampar dari Perairan sekitar desa teluk meranti sampai ke Desa Rantau Baru Pangkalan Kerinci ikan ini kerap ditemukan pada musim kemarau dan awal musim penghujan. Ada dua spesies yang kerap ditemui punggung hitam dan punggung unggu.Jika ada yang meragukannya silahkan datang ke Kantor Kami Dinas Perikanan dan Kelautan Kab Pelalawan di Komplek Perkantoran Pangkalan Kerinci Riau. Untuk melihat bukti ikan ini ada dalam bentuk awetan

Tulisan Terkait: