09 Desember 2009

SEA Games Laos 2009 Resmi Digelar

SEA Games Laos 2009 Resmi Digelar - SEA Games Laos yang merupakan pesta olah raga terakbar di Asia Tenggara ke-25 pada tahun 2009 secara resmi Digelar di Laos dan dibuka oleh Presiden Laos, Choummaly Sayasone, di Stadion Nasional, Vientiane, Rabu (9/12).

Pembukaan SEA Games yang dilaksanakan di Laos tahun 2009 ini berlangsung seperti pembukaan acara olah raga pada umumnya. Selain pidato pembukaan terdapat pula atraksi seni dan tari khas negara tuan rumah serta parada atlet dan juga pesta kembang api.



Video Acara Pembukaan SEA Games Laos 2009

Setelah pidato Presiden, penyalaan api kalderon pun dilangsungkan. Seseorang dengan kostum Hanoman tampak menembakkan anak panah ke tugu kalderon yang kemudian menjalarkan api ke bagian kalderon yang akan menyala hingga hari terakhir pelaksanaan SEA Games Laos 2009.

Sebanyak 2500 atlet peserta Sea Games Laos yang terdiri dari 11 negara akan bertanding di 24 cabang olahraga yang dipertandingkan dan akan memainkan 379 nomor.

Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di Laos tergolong minim, karena di penyelenggaraan SEA Games terdahulu mempertandingkan lebih dari 35 cabang olahraga.

Laos membatasi jumlah olahraga yang dipertandingkan karena minimnya fasilitas yang tersedia. Pengurangan cabang olahraga itu sempat mengundang protes dari beberapa negara peserta karena adanya indikasi pemilihan cabang yang menguntungkan tuan rumah

1 komentar :

bay mengatakan...

semoga indonesia jadi juara umum, paling tidak 3besar

Tulisan Terkait: