05 Juli 2009

Obat Jerawat Berdasarkan Jenis Jerawat

Obat Jerawat - Sebenarnya jerawat adalah kondisi kulit yang bisa terjadi di dalam pori-pori di sekitar folikel rambut dan kelenjar yang memproduksi minyak. Biasanya minyak yang diproduksi kelenjar minyak mengalir melalui folikel rambut atau pori-pori ke permukaan.

Saat produksi minyak meningkat, bersama dengan sel kulit mati, dapat menyumbat pori-pori. Sumbatan pada pori-pori inilah yang membuat bakteri penyebab jerawat mendapat makanan untuk berkembang. Hasilnya, kulit menjadi merah dan sedikit membengkak yang artinya jerawat terbentuk.

Berikut ini adalah jenis dan ciri jerawat serta cara pengobatannya

A. Jerawat ringan. Biasanya ada di wajah, punggung, atau dada. Sebagian besar kaum remaja sering mengalami jerawat tipe ini. Jerawat ringan dapat diobati dengan obat jerawat yang bisa dibeli di apotek atau toko obat.

B. Jerawat sedang. Jumlahnya sekitar 20 hingga 60 buah, berukuran kecil dan sedang. Biasanya tumbuh di wajah, punggung, dan dada. Jerawat sedang ini terkadang perlu bantuan perawatan dari dokter.

C. Jerawat berat. Jerawat jenis ini sangat jarang dan harus diobati dokter spesialis kulit.

Cara memperlakukan wajah kita:

1. Bersihkan wajah setiap hari secara teratur, sama seperti kita menggosok gigi dua kali sehari.

2. Gunakan sabun pembersih wajah dua kali sehari.

3. Jangan ragu untuk meminta bantuan (terutama sama dokter jika kita merasa bermasalah banget dengan wajah).

4. Jangan memencet, memegang, atau mengutak-atik jerawat. Asyiiik sih, tapi ini malah akan membuatnya makin parah.

5. Jangan harap jerawat akan hilang dalam semalam. Kalau kita merawatnya dengan baik (gunakan obat atau perawatan yang benar), jerawat enggak akan lama "bersarang" di wajah kita.

Bisa dihindarikah?

Bisa. Nah, untuk menghilangkan minyak, bakteri, dan sel kulit yang mati yang kemudian menyebabkan jerawat, basuhlah wajah setiap hari dengan lotion antibakteri. Meskipun sabun biasa cukup bagus untuk membersihkan, namun dapat mengeringkan kulit serta sisa-sisanya dapat menyumbat pori-pori kulit kita. Air saja tidaklah cukup menghilangkan kotoran dan minyak di kulit.

Terkadang, walaupun kita sudah sering membersihkan wajah, jerawat tetap aja datang dan muncul. Jika hal ini masih terjadi, pakailah produk penghilang jerawat. Tapi yang paling penting, kita jangan langsung minder begitu jerawat muncul. Jika kita pede, maka orang lain belum tentu lho memerhatikan jerawat kita.

Cara memilih produk perawatan

Saat ini begitu banyak produk perawatan kulit di pasaran yang selalu menawarkan keunggulan yang membuat kita tertarik untuk mencobanya. Sebelum membeli, ikuti langkah-langkah ini:

1. Pilihlah produk yang sudah terdaftar pada Departemen Kesehatan. Ini dapat terlihat dengan adanya kode CD atau CL.

2. Bacalah label kemasan sebelum memakai. Di sini terdapat informasi mengenai manfaat produk serta peringatan dalam pemakaian.

3. Jangan terkecoh dengan harga murah. Perhatikan merek produk tersebut. Carilah merek yang telah terbukti efektifitasnya serta dipercaya konsumen sejak lama. (dari berbagai sumber)

2 komentar :

Peripher mengatakan...

Informasi yang cukup menarik nih hehe

solusi kulit berjerawat mengatakan...

informatif....konsumen harus benar2 tau apa yang sebenarnya dibutuhkan..sebelum membeli obat jerawat..

Tulisan Terkait: