20 Mei 2009

Inilah Kronologis Pesawat Hercules Jatuh

Sebelum jatuh di Desa Geplak Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, pesawat C-130 Hercules Alpha 1325 sempat melakukan kontak terakhir dengan tower atau menara pengawas di Lapangan Udara Iswahyudi pada pukul 6.27 WIB. Selang beberapa menit kemudian, tower sempat dua kali mencoba melakukan kontak, namun pilot tidak memberikan jawaban.



Video Liputan Berita Tentang Jatuhnya Pesawat Hercules

Kepala Penerangan dan Kepustakaan (Kapentak) Lanud Iswahyudi Mayor Sutrisno saat memaparkan kronologis jatuhnya pesawat mengatakan, kontak terakhir pesawat dengan tower pada pukul 6.27 WIB.

Saat itu pesawat sedang berada di ketinggian 1.000 kaki. Petugas tower, kata Sutrisno, sempat memerintahkan pesawat untuk terus mendekati landasan (countinue approach) dan melakukan laporan (report final).

Lalu pada pukul 6.29, pesawat kembali dipanggil oleh tower, tetapi tidak ada jawaban. Selang semenit kemudian atau pukul 6.30, tower kembali mencoba melakukan kontak, namun tidak ada jawaban lagi. Tak lama berselang, pesawat pun akhirnya jatuh.

Sutrisno menambahkan, hingga kini penyebab jatuhnya pesawat belum diketahui. Tetapi pada saat kejadian, cuaca cerah. Sebelum terbang pun, pesawat telah dilakukan pengecekan dan dalam kondisi yang baik.

Kronologis Jatuhnya Pesawat
- 6.27 : Tower mengadakan kontak dengan pesawat yang tengah beada di ketinggian 1000 kaki
-6.27 : Petugas memerintahkan continue approach dan report final
- 6.29 : Pesawat kembali dipanggil oleh tower, tetapi tidak ada jawaban
- 6.30 : Tower kembali coba lakukan kontak, namun kembali tidak mendapat jawaban
- 6.30 : Pesawat jatuh

Sumber: Kompas.com
Video: Youtube.com

0 komentar :

Tulisan Terkait: