22 Mei 2009

Facebook Haram ?

Fatwa Facebook Haram yang ingin dikeluarkan oleh ulama di Jawa Timur mendapat tantangan keras dari para pengguna Facebook. Menurut mereka para ulama itu, harus memberikan dalil yang tepat sebelum mengeluarkan keputusan haram Facebook.

"Fatwa ini sungguh tidak realistis. Ulama itu harus menunjukkan dalil yang tepat karena Facebook juga memberikan dampak yang positif, kok," sungut Chandra Wirawan salah satu aktivis Facebook, seperti yang dikutip dari Okezone.com , Jumat (21/05)

Ditambahkan juga, situs jejaring sosial seperti Facebook itu justru mempunyai peraturan yang sangat ketat. Salah satu contohnya, jika pengguna Facebook menampilkan foto dari dada ke atas, maka pengelola akan segera menutupnya. Jadi bisa dibilang, Facebook sudah mempunyai filter sendiri.

Selain itu, menurut pria berusia 28 tahun tersebut, kalau ulama itu mau menghadang jejaring sosial, sebaiknya jangan hanya Facebook saja. Masih banyak situs jejaring sosial lain seperti, Friendster, ataupun Myspace. Dan bila memang seperti itu, sama saja ulama melarang penggunaan internet masuk ke Indonesia.

"Kegiatan di dunia maya memang membutuhkan interaksi antara laki-laki dan perempuan. Dan itu tergantung dari masing-masing pribadi dalam mengontrolnya. Malah bisa dibilang, yang mengawasi kegiatan dunia maya itu, hanya dirinya dan malaikat," tegasnya.

Beberapa pengguna lain yang intens mengelola Facebook pun memiliki pendapat mereka masing-masing, namun pada intinya semua memberikan satu suara yang bulat, yaitu menyayangkan sikap MUI jika Facebook akan difatwakan haram.

"Gak setuju kalau main Facebook sampai dibilang haram. Masalahnya selama ini yang saya lihat lebih banyak kebaikannya dibanding keburukannya," ujar Cempaka ketika ditanya pendapatnya oleh Okezone. Mahasiswi 21 tahun ini pun menambahkan, Facebook sangat membantunya dalam keep in touch dan menemukan kembali teman-teman lama.

Hal senada diungkapkan pengguna Facebook lainnya, Adinda, 23 tahun, seorang jurnalis salah satu media online mengatakan keberatannya soal fatwa haram Facebook.

"Sangat tidak penting memberlakukan fatwa haram untuk Facebook, gak relevan aja. Lagipula saya belum pernah menemukan fakta dan data yang mengungkapkan dampak Facebook disalahgunakan untuk kegiatan seks terselubung. Dampak buruk yang sering saya dengar selama ini, paling hanya membuat pengaksesnya lupa diri dan saya rasa itu masih wajar. Bergantung sama pribadi masing-masing lah," ujarnya.

Adinda pun menambahkan, jika iya Facebook akan difatwakan haram, seharusnya hal ini pun berlaku bagi situs jejaring sosial lainnya.

"Memang saat ini fenomena Facebook tengah booming, tapi jika para pengakses dilarang mengakses Facebook, bagaimana dengan situs jejaring sosial lainnya?. Kalau mau diharamkan kenapa pilih-pilih?. Seandainya Facebook ditutup, mereka masih bisa beralih ke situs jejaring sosial lainnya," katanya.

Cempaka mengatakan bahwa jika benar Facebook akan difatwakan haram, kemungkinan dia akan beralih menggunakan situs jejaring sosial lainnya.

"Kalau memang benar diharamkan, saya masih punya beberapa akun di situs jejaring sosial lain seperti MySpace dan yang lainnya,"

Sementara itu, Apriarto, 27 tahun, mengatakan tidak terlalu masalah baginya andai Facebook diharamkan. Dia berpendapat fenomena ini merupakan sebagian kecil dari dampak booming internet di seluruh dunia.

Namun Apriarto menghubungkannya dengan fenomena serupa yang pernah terjadi sebelumnya, karena hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Di berbagai belahan negara lain juga sudah banyak keberatan para pemuka agama atas dampak negatif berbagai situs jejaring sosial.

"Kebetulan memang Facebook yang tengah marak saat ini. Tapi jika baru sekarang MUI memberikan perhatian atas dampak buruk booming internet, kemana saja MUI selama ini? hari gini kok baru berkomentar?" tandasnya.

72 komentar :

Anonim mengatakan...

Dasar menetapkan haram harus ada dalilnya, evaluasi manfaat dan mudharatnya..yg jelas di FB sudah ada pakem dan kode etiknya..dan kode etik umum ttg interaksi di dunia maya juga ada..so bila buanyak mudharatnya pasti pr pemakai atau individu yg tidak paham etika sosialisasi di dunia maya. so kepada MUI coballah mengkaji lebih dalam dulu , adapun fenomena yg terjadi karena banyak orang indonesia malas untuk mempelajari sesuatu secara dalam termasuk beretika dalam sosialisasi di dunia maya...

Estri Mahani
Managing Director
EMP Benchmark Consulting

Lexy Ratmala mengatakan...

Bagi saya... HARAM tidaknya FACEBOOK tergantung dari Sudut Pandang kita sebagai Orang Dewasa. FACEBOOK adalah BAGIAN dari KEMAJUAN TEKNOLOGI INTERNET yang sedang MELANDA Negeri kita... sepanjang yang saya lihat (secara pribadi) FACEBOOK bukan WACANA PORNOGRAFI tapi LEBIH CONDONG kepada sebuah WADAH PERSAHABATAN yang memang di USUNG oleh PENGELOLANYA... Bukti Nyata... Saya bisa berkenalan dengan Orang2 di SELURUH INDONESIA. Bahkan dengan orang dari Negara lain. Contoh Nyata lain, saudara saya dari Ambon bisa menemukan saya melalui WADAH FACEBOOK ini setelah hampir 15 TAHUN tidak BERTEMU... Apakah Hal Seperti ini di HARAMKAN??? Jika hal seperti ini di anggap HARAM, berarti PERSAHABATAN pun bisa diartikan HARAM!!!!

sriwimaja mengatakan...

facebook itu kan tempat som1 berXpresi, kenapa harus diganggu.. mereka boleh mengharamkan itu,, tapi satu syaratnya.. mereka harus bisa merusak itu... ingat mereka... bukan orang lain.

Anonim mengatakan...

biasanya yg suka ngomong fatwa haram tuh ulama2nya NU dari daerah tapal kuda jatim (pasuruan, probolinggo, bondowoso dsb).
wajar, krn mrk jarang tau hukum dan biasanya udik.

Anonim mengatakan...

Pusing...!!!!, jangan sampe dong orang non muslim bilang, kasian amat orang islam , ga boleh ngapa-ngapain!

wawan mengatakan...

Ada apa dengan MUI ini, yang sangat jelas merugikan itu korupsi, kenapa itu tidak ada pengharamannya,
saya setuju dengan pendapat anda.
atau mungkin gara-gara facebook trafik mengakses situs keagamaan jadi berkurang yg otomatis page rank nya turun.

Anonim mengatakan...

SAYA SETUJU JENGAN KALIAN,SOALNYA SAYA JUGA PENGGUNA FACEBOOK,LAGIPULA SEKALIAN MENGHARAMKAN INTERNET AJA, JADI NANTI GIMANA DONG ORANG YANG KERJA DI SPEEDY,INDOSAT,DLL KALAU MENGHARAMKAN INTERNET?

wellsen(Solusi Sukses) mengatakan...

Menurut saya facebook lebih banyak manfaatnya daripada kerugiannya..
Sebaiknya tidak diharamkan..

ramadhani mengatakan...

ulama2 yg mengharamkan facebook itu org2 yg gk ngerti teknologi,kampungan gt deh jd ngiri.
klo apa2 aj dlm islam dilarang, lama2 org2 islam bs pndh agama deh.
itu yg namanya ulama yg mau jd so pahlawan dlm islam?klo gt caranya para ulama bukannya berbuat kebaikan malah buat keburukan bg umat muslim,gmn islam mau dipandang di dunia klo hal kyk gn aj diharamin. smua itu tergantung dr diri kt masing2..org lain gk bs ngatur seenaknya.kpn mau maju indonesia klo polah pikirannya kyk gn trus?malu lg sm negara lain

Anonim mengatakan...

Pengguna Facebook Di Malaysia.. Kami Tidak Sama Sekali Setuju Untuk mengharamkan Facebook.. Ini Kerana Facebook Adalah Jaringan Sosial Yang Digunakan Oleh Kebanyakkan Designer Designer Di Sini Untuk Berkomunikasi.. Selain Itu.. Mengapa Facebook Mahu Diharamkan.. Padahal Begitu Banyak Jaringan Sosial Di Internet Seperti Myspace, Friendster, Tagged, Hi5, Orkut..

Anonim mengatakan...

Aneh bangat tuch MUI.........
ngapain diharamkan cicjh????
kitakan ngk berzina,mencuri,merampok,korupsi dan berbuat dosa lainnya disana..
Dasar orang-orang aneh mereka itu...
norak...mungkin ngk [pernah buka internet kale...
yang ada diotak mereka mungkin Internet hanya senjata yahudi dan lainnya.....

Anonim mengatakan...

halah,,,MUI cari sensasii...!!!! lama2 bernafas juga dibilang haram!!

Anonim mengatakan...

kalo aku sih to the point aj ya!!
andai facebook di fatwakan haram! nanggung Pak..... sekalian aja INTERNET di haramkan.. toh yang mencipatakan/pencetus/penemu internet adalah orang2 non muslim.. yang bisa jadi menurut pemberi fatwa mereka tergolong orang2 yg kafir.

Anonim mengatakan...

HUUUUHHHH... KENAPA UANG TIDAK DIHARAMKAN SAJA SEKALIAN... BIAR KALO MAU BELANJA BAYARNYA PAKE RAMBUT...

SEPERTINYA ORANG YG MENGHARAMKAN FACEBOOK ITU ORANGNYA GAPTEK ALIAS GAGAP TEKNOLOGI... ATAU GAK PUNYA PASILITAS UNTUK MENGAKSES INTERNET...

Anonim mengatakan...

Maaf mungkin mau koreksi. yang bilang FB haram bukan MUI tapi persatuan pondok jawa timur-madura. jgn salahkan MUI donk ah

bunga raya mengatakan...

ga tau tah apa jadinya sob kalau semua di bilang haram jadi pusing kepala

jordan lisbon mengatakan...

Darimana ceritanya haram???
Apabila memang terbukti disalah gunakan hingga bisa menimbulkan sesuatu yg haram kan bukan dari wadah FB nya,melainkan dari penggunanya itu sendiri.dan apabila memang melanggar aturan.account dari si pengguna bisa langsung dilaporkan dan kemudian di hapus koq...
Mau MUI keq,mau persatuan pondok apalah itu namanya,kalo mengeluarkan fatwa haram itu mbok ya dipelajari dulu dasar2nya ato coba dulu pahami penggunaan dari FB itu sendiri...
Jangan seenaknya ngelarang ini itu,jangan seenaknya mengharamkan ini itu!!!
Apa memang sebenernya mau menimbulkan keributan? Menciptakan keonaran? Mengakibatkan emosi massa hingga bisa tercipta ketidaknyamanan yg nantinya bisa menimbulkan kerusuhan???
Gak tenang ya kl liat Indonesia tenang? Mentang2 mau ada pemilihan presiden gitu,jadi nyari2 selah deh...
Saran saya,buat sapapun yg bilang Facebook itu haram,lebih baik situ ngurus hidup n perut anda sendiri,jangan terlalu picik lah...
Anda bukan Tuhan!!!

Anonim mengatakan...

Facebook Haram??? Terus Diskotek, Pub, Cafe, KKN, Lokalisasi yang masih marak itu berarti HALAL, Buktinya sampai sekarang mereka tetap buka dan eksis, bener2 kiamat semakin dekat bro

Anonim mengatakan...

Salam tuk semua Sahabat FB.
Tak akan ditemukan dasar pengharaman FB ada ada saja . kalau soalnya adalah ada yg menggunakan gak baik,maka harus dingat "semua Tool" mengalami hal yang serupa , HP juga bisa dibuat SMS selingkuhan , Haram ? tapi juga bisa tuk mnyebarkan kebaikan , mis sodaqoh lewat SMS , lo yg salah manusianya apa tool nya , Hotell bisa utk postip bisa juga utuk maksiat , haramkah hotel,, ah saya kita itu hanya kabar yg merebak , jangan2 dr penggemar FB sendiri agar ssemakin laku FB nya , masak sih ulama gak punya epertimbangan kayak gitu nggak mungkin .. ulama tu bijaksana

Anonim mengatakan...

hanya orang yang tidak berpendidikanlah yang bilang FB haram,katrok,ketinggalan jaman ntu orang,di desanya baru ada internet x yah..??

Resume_oh_resume mengatakan...

wkwkwkwkwk....... haram??????
pakai LogikAA dulu bung sbelum bilang haram.....!!! add face book aq aq y... d aizz_nggak_gitu@yahoo.com ..^^.oc.. tunjukan Klo face book NGGAk haram!!

Anonim mengatakan...

KASIAN DEH,,,,,

YUDI769 mengatakan...

kayaknya face book banyak deh sisi positifnya. kalau gua sih nunggu bos nya FPI aja, habib riziq yang menurut gua ustad yang paling konsisten. gua usul gimana ditampilan face book diberi label 100 % halal, kalee......

Anonim mengatakan...

Kalo aku sih ga terlalu ngerti masalah kehalalan facebook tapi YANG PENTING SIAPA YANG MENGEMUKAKANNYA?

Kalau memang fatwa dari MUI, katakan bahwa itu adalah fatwa dari MUI, tetapi jika bukan fatwa dari MUI, seharusnya penulis tidak membuat seolah-olah MUI yang mengemukakannya.

Pesan saya untuk pembaca dan penulis, BERHATI-HATILAH dalam menyikapi sebuah ISU. Jangan mudah terprovokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga kita terhindar dari fitnah.

Anonim mengatakan...

bwt semua penggemar or pngguna facebook, anda semua ga perlu khawatir dengan ucapan MUI. karena FB ITU HARAM BUAT MUI, jd klo yg bukan MUI silahkan aja (tidak Haram).
klo saya pribadi "HARAM BAGI SAYA JIKA SAYA MENURUTI FATWA MUI". KLO MISALKAN LBH BNYK MANFAATNYA KNP HARUS DI HARAMKAN???

Anonim mengatakan...

klo emang facebook haram coba jelasin donk knp bisa d haram kan........kasih alasan yang kuat biar tidak salah paham terhadap sesama....?????

Anonim mengatakan...

Tenang aja Pa, Bu! kalo betul ada fatwa haram FB, bukan berarti FB ditutup kan? Itu mah kerjaan media massa aja kaleeeee! Biar Ratingnya naik. Kalo pun ditutup, bikin aja yg baru!!!!! Udah-lah orang gaptek mah ga usah di ladeni!!!

heru mengatakan...

WAhhhh gk setuju klo facebook diharamkan.

klo ingin Haramin Facebook mana dalilnya n hadistnya... jangan asal haramin aj donk, klo mw meng-haramin tuhhhh diskotik2 yang bukanya mpe pagi ketemu pagi lagi baru itu bloehhhh, karna dachh jelas di'diskotik terdapat khamar dan sebagainya ada juga yang sampai menyewa tempat untuk sex disitu . . .

dachhh bagi para Ulama klo ingin mengharamkan tolong difikirkan kmbali. . .

para ulama dan sebagainya juga banyak yang mempunyai facebook

Setyo Rudy mengatakan...

Kalo Face Book dilarang....Internetan di larang....kemungkinan akses HP pun akan dilarang...masya allah zaman udah canggih kok malah mau kembali ke zaman batu..gak kebayang apa jadinya bangsa ini...

SAY NO TO : FB HARAM mengatakan...

saya seorang muslim.
apa penting nya sih FB haram??
masih bnyk yg lebih penting dr pada mengeluakan fatwah aneh ky gini.

baik atau tidaknya itu kembali kepada orang yg menggunakannya.
bisa juga kan FB jadi media DAKWAH yg EFEKTIF buat ULAMA-ULAMA itu??!!

merekanya aja yg pola berfikir nya terlalu idealis (primitf lbh tptnya)!!
imbas nya apa???, nama ISLAM lg yg jd sasaran gara-gara sedikit orang seperti mereka.

Anonim mengatakan...

haram khan tidak sama dengan dilarang...... jadi ya udah...

Kang Resa mengatakan...

Apakah Mungkin, Indonesia lebih cocok menjadi negara yang primitif ?.
Kenapa ulama2 itu begitu sembrono dalam mengambil keputusan ?...
apa mereka pikir dunia itu sudah menjadi milik mereka ????..
hal ini benar2 gk masuk akal, kaLau semua perkembangan dunia di larang, kapan majunya negara kita ini ??..
apakah tidak ada hal yg lebih penting lagi untuk di persoalkan, selain FB ????...
kenapa merekan seperti dadjal ?.. hanya memandang sebelah mata, mereka hanya melihat FB dari sisi negatif, padahal FB juga mempunyai hal-hal yang positif.. itu semua kan kembali kepada pengguna FB sendiri, manusia jaman sekarang sudah di berikan kedewasaan untuk memilah dan memilih, mana yang baik dan yang gk baik..
jangan sekali2 mengusik ketenangan orang, karena itu merusak pandangan masyarakat terhadap ulama..
carilah hal yang lebih realita untuk di permasalahkan, apa mungkin para ulama itu merasa iri karena mereka gk punya FB, ato gk becuh berkembang ?....

kisuryo mengatakan...

Mau dibilang haram atau halal bagi pengguna facebook nggak usah pusing yang ngomong juga sama sama orang biasa bukan nabi emang kalau sudah ada fatwa haram mau ada razia pengguna facebook dari rumah ke rumah.
Sebetulnya urusan haram atau halal disegala bidang adalah urusan individu dengan Allah.

Anonim mengatakan...

Saudaraku...haram itu bukan cuma seuatu yg dianggap buruk,,,kalo ngomong membuat banyak pertentangan berarti ada unsur haramnya...

kalo berani mengatakan sesuatu haram, apa sudah siap selalu menjadi tauladan buat orang lain,,,sebelumnya maaf,,

mari berkaca dahulu sebelum mengatakn sesuatu itu butu atau haram...yang haram itu yng keluar dari mulut yang menyakiti orang lain,,apa tidak pernah menyakiti orang lain bung???

Anonim mengatakan...

waduhh..waduhhh..situs2 PORNO aja masih bnyak berkeLiaran ko..mudah Lgi dicari...!!

auahhh...yg penting ENJOY cuyy

Anonim mengatakan...

Aduh2 ada aja kerjaan pak MUI ini..

mau cari sensasi apa lagi pak???

jangan sok moralis gitu dech, pikir dulu masalah kalian sendiri..

Kalian pikir kalian bisa masuk sorga dengan haram2in semuanya kayak gitu??!!!!

Apa sich status MUI sbenernya??
Tuhan??
Nabi??
Ato cuman skumpulan orang gag da kerjaan yang sukanya buat sensasi???

haha, kalian gag jauh beda donk ma artis2 infotainment yang gag punya prestasi tapi cuman bikin sensasi??!!

PUTRA mengatakan...

HMMMM....
Pandangan saya terhadap masalah ini adalaahh...!!!
TOLOL bgt...
Persatuan Taik Jawa-Bali ntu kurang kerjaan amat sih, gak tauk yah kemajuan teknologi yang membawa dampak positif...
Maw ada fatwa kek, PERSETEN lah dengan ntu, sekarang gini aja men, fesbuk punya filter sendiri, dy bakal ngeblok gambar2 PORNO or vidio2 PORNO atau pernyataan2 yang bersifat menyerang (jika di claim), jadi gak usah KAKU kaya orang TOLOL aja deh,,,

GW juga tauk ntu persatuan TAi Jawa Bali ntu dibuat atas nama suatu kepercayaan, gw gak menyalahkan kepercayaan ntu, tapi OTAK2 para pengikutnya ntu loh, dalam hal ini persatuan Tai ntu yang udah bener2 BANGSAT...!!

Kalo gak seneng, sini dah...!!!

Anonim mengatakan...

yah!,..
saya kan facebook cuma cari GAME doank hahahahhaha,...

lagian saya tanya koq mesti haram sih?
emanknya ada,pembunuhan 100 orang dengan senjata facebook?
penyebaran virus flubabi/h5n1 melalui facebook?

klw peng-hack-an sih,sepertinya itu sudah wajar n ga bisa salahin facebook doank,kan masih banyak forum" para hackers,..koq ga sekalian aja situsnya PEMERINTAH DI HARAMKAN?

seenak perutnya sendiri nih,
klw mau diharamin itu liat dampak pada kaumnya dulu donk,... ==a

Anonim mengatakan...

Indonesia mau dibikin seperti Afganistan zaman Taliban ya.....tanpa ada informasi dan pertemanan... aneh nih Ulamanya...

Unknown mengatakan...

mungkin haram bagi yang ndak punya uang, nah gara-gara facebook orang tadi mencuri uang ibunya jadi haram deh............

Anonim mengatakan...

Facebook? Haram? KENAPAAAAAAA....????? JeLASKAAAAnnnn....????

ah ga masuk akal.... penjelasan di tolak!!!!

dasar PRIMITIVE......

AHMAD SOLIHIN mengatakan...

-----"Harus ada dalil yang sangat kuat dan segera jelaskan kepada khalayak, yang benar2 menentramkan dan akhirnya menyelamatkan semua umat. KLo emang fb lbh banyak mudorotnya ya uda... haramkan saja"------

Nelda mengatakan...

Saya menemukan temen yg udah 20 th ga ketemu di FB...hmm luar biasa.
Halal haram nya saya rasa tergantung pada pribadi masing, gunakanlah internet/FB(susah misahinnya) dg bijak. Saya pribadi sih menemukan banyak hal positif di dunia maya...

Anonim mengatakan...

ASSALAMU'ALAIKUM...
BUAT ANDA SEMUA PENGGUNA FACEBOOK, TOLONGLAH JANGAN HANYA KARENA MASALAH FB INI ANDA JADI MENGELUARKAN KATA2 YANG TIDAK DIPANTAS DIUCAPKAN OLEH MANUSIA MANAPUN, MENGHINA DAN MENJELEK2KAN NAMA BAIK SESEORANG/ORGANISASI TIDAK AKAN MENYELESAIKAN MASALAH APAPUN...
KALAU ANDA MENGATAKAN BAHWA MUI HANYA BISA BERKATA2 SAJA, SAYA JG BISA MENGATAKAN HAL YANG SAMA KEPADA ANDA...!!
SAYA MENANTANG ANDA UNTUK LANGSUNG DATANGI KANTOR MUI MANAPUN DAN COBA ANDA UCAPKAN KATA2 YANG SAMA PERSIS ANDA TULIS DALAM KOTAK KOMENTAR INI..!!
ASSALAMU'ALAIKUM...

Anonim mengatakan...

Mungkin Kalo diakibatkan oleh PEMILIK facebook adalah orang yahudi kaleeee.............(tapi apa kaitannya). susah ni...kredibilitas MUI jadi turun....setiap fatwa yang seolah-olah ditetapkan dengan tiba-tiba (malah ada fatwa yang dicabut)....................Aneh....masyarakat umum jadi bingung dengan fatwa-fatwa yang akhir-akhir ini agak maju-mundur.kenapa nggak di fatwakan aja....(sesajen di Laut ngasi NYI ROROKIDUL sesembahan itu haram...ITU MALAH JELAS HARAM (SYRIK) nggak benar-benar difatwakan.

Anonim mengatakan...

Merokok haram, nggak ikut Pemilu haram. Sekarang facebook haram? Apaaaaa lagi nich 'ide kreatif' MUI??
Mbok ya jangan aneh² tho, ntar MUI lama² udah gak dipandang berwibawa kalau urusan yang menurut sama remeh² gini diurusin. Bisa² ntar keluar fatwa minum air putih sehari maximal 5 liter, diatas itu haram. Alesan karena global warming jadi kalau minum kebanyakan buat orang lain jadi gak bisa minum. MUI lama² aneh, keblinger!!!
Atau alesan sebenarnya para pencetus fatwa ini ikut FB, mereka add friend tapi selalu ditolak ya??? Hahahaha

Anonim mengatakan...

waDuh,, FB haRam,, bukan fb ini x yg haram,, ferkosa babi, ferkosa bayi,, ferkosa ba'mie,, itu x yg haram,,,,

maAf saya minTa dalil yG meNgharamkan fb,,, akli maupun nakli,,

tanks...

LEBAH MADU mengatakan...

10 Tanda Kecanduan Facebook

Sejak diluncurkan 4 Februari 2004, situs jejaring sosial facebook telah memikat jutaan hati penggunanya. Mulai siswa sekolah, ibu rumah tangga, selebriti, hingga politisi, kini memiliki jejaring sosial facebook. Berkat kemajuan teknologi, kini kita pun dapat memperbarui status facebook dan mengomentari foto setiap saat. Rasanya, kini ada yang kurang bila setiap hari tidak masuk ke situs ini dan melakukan aktivitas “facebook-ing”.

Manfaat facebook memang tak cuma untuk pergaulan, tapi juga sarana komunikasi, mencari pekerjaan, hingga kampanye. Sayangnya kesibukan mengutak-atik facebook membuat banyak orang kini lebih banyak menghabiskan waktu ketimbang bekerja. Tak heran bila banyak perusahaan yang mulai menerapkan kebijakan mengeblok situs ini di kantor. Sebuah penelitian juga menunjukkan adanya kaitan antara facebook dengan meningkatnya angka perceraian di Inggris dan Australia.

Nah, apakah Anda termasuk dalam orang yang hidupnya mulai dikendalikan facebook? Simak 10 tanda berikut ini.

1. Facebook telah menjadi homepage internet di komputer atau laptop Anda.

2. Anda mengubah status lebih dari dua kali sehari dan rajin mengomentari perubahan status teman.

3. Daftar teman Anda sudah melebihi angka 500 orang dan setengahnya hampir tidak dikenal.

4. Bila sedang jauh dari komputer, Anda mencek facebook melalui BlackBerry, iPhone, atau ponsel pintar lainnya.

5. Rajin membaca profil teman lebih dari dua kali sehari, meski ia tidak mengirimkan pesan atau men-tag Anda di fotonya.

6. Anda mengubah profile foto lebih dari 12 kali.

7. Anda membaca artikel ini sambil mencek facebook.

8. Anda membersihkan “wall” agar terlihat sudah lama tidak masuk ke fb.

9. Anda menjadi anggota lebih dari 10 grup dan merespons setiap undangan meski sebenarnya tak berminat.

10. Anda mengubah status hubungan hanya untuk meningkatkan popularitas di facebook.

apakah anda salah satu diantara 10 itu? adakah manfaat dari gaya fb anda?jwb dgn jujur di hati anda sendiri,,

oupie ahmad mengatakan...

lebih besar mana kebaikan sama keburukannya...
tapi memang laki-laki dan perempuan dalam Islam harus ada pembatasnya...

Dyah mengatakan...

ASSALAMU'ALAIKUM...

BUAT ANDA SEMUA PENGGUNA FACEBOOK, TOLONGLAH JANGAN HANYA KARENA MASALAH FB INI ANDA JADI MENGELUARKAN KATA2 YANG TIDAK DIPANTAS DIUCAPKAN OLEH MANUSIA MANAPUN, MENGHINA DAN MENJELEK2KAN NAMA BAIK SESEORANG/ORGANISASI TIDAK AKAN MENYELESAIKAN MASALAH APAPUN...

KALAU ANDA MENGATAKAN BAHWA MUI HANYA BISA BERKATA2 SAJA, SAYA JG BISA MENGATAKAN HAL YANG SAMA KEPADA ANDA...!!

SAYA MENANTANG ANDA UNTUK LANGSUNG DATANGI KANTOR MUI MANAPUN DAN COBA ANDA UCAPKAN KATA2 YANG SAMA PERSIS ANDA TULIS DALAM KOTAK KOMENTAR INI..!!
ASSALAMU'ALAIKUM...

Anonim mengatakan...

Dulu YouTube, malahan ada issue Google dan Yahoo mau diblok, sekarang Facebook, ntar apa lagi. Mendingan bikin aja peraturan yang melarang internet di pakai di Indonesia. Kelihatannya itu lebih sip deh, langsung tuntas.

Unknown mengatakan...

MUI nglindur ap bgn tdr??? Smua yg b'bau internet mau di blok.. n smua yg mencela facebook sadarkah anda?/?
sy cm ingatkan,di jawa timur tu ad lokasi delta lima, MS n byk lg.. pikirin itu dl br komentat ttg facebook.. smua tu tergantung niat katanya, bicara ngalor ngidul b'dakwah tp kalo ad niat yg t'sembunyi ya harammmm itu.. emg dijmn skr ssh cr pemimpin yg ngerti, ngayomi n ikhlas.. rata2nsmua b'muatan politikz..

Anonim mengatakan...

aku setuju berat sama fatwa yang dikeluarin MUI tntang haramnya facebook..
yang harus di pahami, adalah hukum haram facebook, sama seperti merokok, itu tidak mutlak..

kenapa tidak mutlak?
seperti yang tmn2 bilang, facebook punya dampak positif juga..

sebenarnya apa yang buat facebook jadi haram?

1. keranjingan yang berlebihan yang membuat penggunanya menjadi "addicted" hingga tidak jarang meninggalkan/lalai terhadap kewajiban2nya.. dimana ada waktu kosong, langsung dimanfaatkan untuk online.. padahal, masih banyak hal yang lebih bermanfaat yang bisa dikerjakan daripada cuman online...

2. salah niat. Banyak orang menjadikan media ini sebagai perkenalan dengan orang yang tidak dikenal sebelumnya.. kalau cuman untuk dijadikan seperti "sahabat pena" pad jaman dulu, ya gak apa2.. tapi kebanyakan berniat untuk dianggap hebat, karena banyak kawan, apalagi kaum laki2, pasti bakal pamer, kalo temnnya banyak yang cewek dan cantik pula.. ironisnya, tidak hanya laki2, perempuan juga gitu..
batas2 yang diajarkan agama mengenai interaksi yang diperbolehkan antar lawan jenis, semakin tak nampak..

negara kita adalah negara yang beragama, jadi kehidupan sehari2, harus berdasarkan hukum agama yang dipeluk setiap masyarakat..

terima kasih..
www.dstproject.wordpress.com

Fajar P Muhammad mengatakan...

Facebook haram ?, emangnya haram dan halal yang bikin itu manusia ya....kok sampe bisa bikin statement gitu sih.....
kalo kebanyakan mudharatnya mungkin iya, cuma itupun tergantung dari si pengguna facebook....karena banyak mudharat buat mereka yang stay online terus...tanpa mengenal waktu...
Bagaimana kalo ada social networking mirip facebook yang bernafaskan islami seperti www.indoface.com, asli buatan indonesia...updatenya doa dan ucapan syukkur hari ini & ada ayat al qur an dan tausiyah setiap harinya...apakah nanti akan dibilang haram juga....

the choice is yours

Maela mengatakan...

tambahan bukti facebook haram selain yang sudah disebut-sebut sebelumnya:

coba anda tes sederhana di google, ketik keyword pencarian "cewek" atau "gadis" atau "wanita" kemudian pilih pencarian dari 'laman Indonesia' saja. Pasti minimal 3 halaman pertama (peringkat 1-30) hasil pencarian google adalah situs-situs porno dan sejenisnya. Dan tes ini tidak perlu seseorang ahli untuk melakukannya.

Artinya apa? artinya "kesalahan bukan pada pesawat televisi anda" tapi pada otak dan mata anda. Pengguna terbesar internet Indonesia adalah para pencari hal-hat tersebut kalaupun ada situs-situs jejaring sosial mereka hanya pindah tempat saja, dan ujung-ujungnya ya kesitu lagi. Dalam hal ini para ulama (yang notabene tanpa bayaran, tanpa motif apapun -tidak seperti media/institusi lain- berusaha melindungi masyarakat awam dari hal-hal tersebut. Mengenai apa top keyword search dari pengguna internet dari Indonesia di google bisa anda baca caranya di:

http://tutorialgratis.net/2008/05/07/daftar-keyword/

Demikian, semoga memberi sedikit pencerahan kepada Anda. Assalamu ala Man Ittaba'al Huda, semoga keselamatan bagi orang-orang yang mengikuti petunjuk yang haq.

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum
Mudah-mudahan Allah SWT berikan kekuatan kita untuk mengamalkan segala perintah Allah dan RosulNya dan mengikuti Ulama yang telah dikatakan Nabi "sebagai Pewaris Nabi". Pandangan saya positif terhadap pernyataan MUI tersebut. Kalau memang demikian fatwa yang dikeluarkan Ulama, kita kan bisa konsultasi dengan hati yang terbuka dulu dengan MUI yan menyatakan demikian. Jangan langsung menuding Ulama yang mengatakan demikian kalau memang fatwanya benar keluar seperti itu. Sama saja kita telah melawan "Pewaris Nabi". Memang di dunia ini adalah Ulama suu' (buruk) tapi kan tidak semuanya, lagi pula kita bukan kita yang menyatakan seseorang itu Ulama suu', kan masih banyak Ulama yang baik. Kalau memang sudah jelas fatwa keseluruhan MUI demikian, apabila boleh buat kita mesti terima, kalaupun kita belum bisa mengamalkan "banyakkan minta sama Allah dengan menunaikan perintah yang telah diwajibkan kepada kita dan menambah dengan amal-amal sunat, supaya Allah SWT berikan kekuatan untuk mengamalkan. Saya akui, memang saya sendiri aktif dalam facebook, bahkan kalau ditanya hati saya kurang menerima fatwa tersebut, tapi namanya kita kan bukan Ulama yang tidak mengetahui sesuatu "Jadi nggak boleh mengatakan yang nggak-nggak kepada Ulama yang mengeluarkan fatwa tesebut kalau memang benar".

Ahmad Nuruzzaman mengatakan...

Sebenernya MUI itu yang HARAM! hahahahahaa... ayo bubarkan MUI!

Anonim mengatakan...

buat fifi ramadani. kalo mau murtad sendiri aja gak usah ngajak2
pake provokasi segala.
trus buat yg ngebela fesbuk, ya terserah kalian aja deh..
tp gak perlu menghina ulama kita dong.
kok gara2 fb kalian rela menghina sesama muslim..
karna yg menghina orang lain sudah pasti lebih buruk dari yg dihina
apalagi menghina saudara kalian?

Anonim mengatakan...

Soal facebook haram atau tidak itu tergantung penggunanya. Apapun itu selain facebook kalau manusianya yang melanggar ajaran agama itu di haramkan. Yang di haramkan itu adalah "PERBUATANNYA" dan yang salah itu "MANUSIANYA". Jadi menurut saya"TIDAK ADA KATA HARAM UNTUK FACEBOOK" selama menggunakannya tidak bertentangan dengan ajaran agama dan untuk hal-hal yang positif. Zaman sudah maju jadi jangan karena masalah ini kita jadi ketinggalan jauh.......

Unknown mengatakan...

"sesungguhnya islam adalah sesuatu yang asing, dan kelak kan kembali asing" (Al-Hadits)

luarr biasa! di blog ini saya benar-benar menyingkap kebenaran kan hadits ini...subhanallah!

facebook diharamkan oleh mui itu karena berbagai pertimbangan dan kajian-kajian 'ilmiyah. facebook diharamkan itu tidak mutlak tapi relatif tergantung niat si pemakainya..setelah saya lihat, kebanyakan kalian membaca fatwa haram ini "facebook haram mutlak", padahal tidak begitu...mui tak mungkin melontarkan fatwa tanpa dasar,hentikanlah lontaran-lontaran keji kalian terhadap mui...

sungguh ulama itu pewaris nabi...

Anonim mengatakan...

coba teliti dulu untuk apa facebook dibuat? untuk sesuatu yang haram kah?

dan kalau sampai disalahgunakan kenapa facebooknya yang dikambinghitamkan? siapa yang ngaco di sini nih sekarang wahai pembela fatwa?

jangan menyerang kalau tidak mau diserang balik....ok?

sekali berhasil dimasukkan ke wilayah haram, maka otomatis pengguna akan dihina karena menggunakan produk yang telah diharamkan, jangan mungkir berbelit-belit, ok?

ane pikir dari sisi lain.. itu semua cuma dalih untuk unjuk kekuasaan dan mengukur kekuatan saja, kalau banyak pihak yang menurut, maka langkah selanjutnya apa? tentu ingin menguasai yang lebih besar lagi kalau perlu sekalian menguasai negara...

faham?

Anonim mengatakan...

ASSALAMU'ALAIKUM...
JANGANLAH ADA PERPECAHAN DIANTARA KITA..


BUAT ANDA SEMUA PENGGUNA FACEBOOK, TOLONGLAH JANGAN HANYA KARENA MASALAH FB INI ANDA JADI MENGELUARKAN KATA2 YANG TIDAK DIPANTAS DIUCAPKAN OLEH MANUSIA MANAPUN, MENGHINA DAN MENJELEK2KAN NAMA BAIK SESEORANG/ORGANISASI TIDAK AKAN MENYELESAIKAN MASALAH APAPUN...
KALAU ANDA MENGATAKAN BAHWA MUI HANYA BISA BERKATA2 SAJA, SAYA JG BISA MENGATAKAN HAL YANG SAMA KEPADA ANDA...!!
SAYA MENANTANG ANDA UNTUK LANGSUNG DATANGI KANTOR MUI MANAPUN DAN COBA ANDA UCAPKAN KATA2 YANG SAMA PERSIS ANDA TULIS DALAM KOTAK KOMENTAR INI..!!

Anonim mengatakan...

MUI lagi gak ada kerjaan yaaaaaa
Kenapa gak sekalian aja uang dan mobil yg di haramkan,karena di pergunakan untuk ke tempat maksiat???
menurut saya, FB nya gak haram,tapi pengunanya lah yang menyalahgunakan fasilitas FB itu.Maka haramlah hukumnya untuk dirinya sendiri,bukan FB nya yang haram

Anonim mengatakan...

yg mengharamkan mungkin belum ngerti kaliiiiiiiiii tentang Fb,,,klo dah ngerti jangan 2 ketagihan ,,,ha ha hhh

Anonim mengatakan...

sederhana saja... coba cari tahu kata2 terakhir yang diucapkan presiden pertama RI... Bapak besar kita Ir.Soekarno... yang intinya... kita harus tau kawan dan lawan... jangan terpecah belah kawan....

Anonim mengatakan...

ya jngan c lo facebook di haramkn .....
s'bnrnya c tngal orang yg manage fbna tu gmna.............
klw indonesia tnpa FACEBOOK
pa kata dunia?????????

Anonim mengatakan...

gitu aaja koq repot!! haram dan tidak itu tergantung orangnya,..

Anonim mengatakan...

perangi hawa nafsumu sendiri dulu itu!!baru mengeluarkan fatwa,dn lihat manfaat dan mudlaratnya dulu jangan tergesa-gesa mengharamkan, dan ingat!!berfikir pakai otak yang jernih jangan yang kotor2 saja yg di fikirkan sehingga prasangka kotor tidak ada..dlm diri kita,

ban mengatakan...

o gitu

SpY mengatakan...

dari pada ngomel2&komentar dengan kata2 yang keras&kotor mending masing2 diri kita instrospeksi(khusus untuk umat&mengaku beragama islam) :

Berapa dari ayat2 Al Quran yang sudah kita hafal???
Berapa dari hadist2 Rosululloh SAW yang sudah kita ketahui&kita amalkan???
segala sesuatu yang melaikan(dzikir kpd Alloh) kalau menurut pendapat saya sebaiknya kita jauhi, tp itu semua kembali kpd pribadi masing2 karena HIDAYAH mutlak hanya Alloh yang berkuasa memberikan kpd umat2Nya.Kita hanya dianjurkan untuk tolong menolong&saling menasehati dalam kebenaran,kalau tidak mau menjadi manusia yang merugi...

Anonim mengatakan...

ada atau tidak FB,manusia masih boleh hidup..Fb bukan syarat utk hidup..Saya sedikit pun tidak kisah jika FB di haramkan..jika ada yang beranggapan FB adalah kehidupan anda,maka anda adalah hamba kepada nya..Dulu saya pnh ada FB,tapi setelah beberapa bulan,saya SEDIKIT PUN TIDAK BERMINAT dgn nya..Dengan selamba tanpa sedikit pun rasa menyesal,saya deletekan akaun FB walaupun saya meninggalkan beratus rakan2 yang ada di dalam nya..Secara peribadinya,saya mengatakan FB patut diharamkan jika orang2 yg melayarinya hanyut dalam dunia maya sehingga menyebabkan keuntuhan rumah tangga dan gejala sosial yg menjadi-jadi..Tetapi jika ia di gunakan dengan betul oleh orang yg melayarinya untuk tujuan kebaikan,maka ia patut terus wujud..Samada wujud pro@kontra nya,saya memang sedikit pun tidak kisah jika ia di haramkan kerana saya sedikit pun tidak berminat.

achmad rifai mengatakan...

mui trlalu gaptek si, kga mau kala sma anak bangsa jdi nye ada fatwah Haram :p

Tulisan Terkait: