15 Mei 2009

Boediono - Profil dan Karir

Boediono dipastikan akan mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi calon wakil presiden pada pemilihan umum Indonesia bulan Saptember mendatang. Sejauh ini banyak orang yang belum mengenal siapa sebenarnya sosok seorang Budiono yang diprediksi akan menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia mendatang tersebut?

Foto: Boediono (detikcom)

Dr. Boediono lahir di Blitar, Jawa Timur pada 25 Feberuari 1943 adalah Gubernur Bank Indonesia saat ini. Sebelum menjabat Gubernur Bank Indonesia Boediono menjabat sebagai Menteri Kordinator Perekonomian Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu.

Boediono juga pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Gotong Royong tahun 2001-2004. Pada Kabinet Reformasi Pembangunan (1998-1999), Boediono adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus sebagai Kepala Bappenas.

Pada masa pemerintahan Soeharto Boediono juga pernah menjabat sebagai Direktur Bank Indonesia.

Soal pendidikan Boediono tergolong cukup berprestasi, sebab dia merupakan salah seorang yang memperoleh gelar Bachelor of Economics (hons) dari Universitas Western Australia pada tahun 1067. Lima tahun kemudian dia mendapatkan gelar Master of Economics yang diperolehnya dari Universitas Monash. Pada tahun 1079, ia mendapatkan Gelar S3 (Ph.D.) dalam bidang Ilmu ekonomi dari Wharton School, Universitas Pennsylvania.

Karir dipemerintahan juga tergolong berprestasi sebab dalam kabinet Gotong Royong, ia dapat membawa Indonesia lepas dari bantuan Dana Moneter Internasional. Dan dari laporan BussinessWeek, dia dipandang sebagai salah seorang meteri yang paling berprestasi dalam kabinet tersebut.

0 komentar :

Tulisan Terkait: