25 April 2009

Nama SBY Tidak Masuk TIME 100

Blog Karo Cyber pernah menulis dengan judul Presiden SBY Ditipu Atau Menipu? dan dari cerita yang ada ditulisan tersebut memang nyata dan berbuntut panjang, bahkan situs berita online terkemuka Indonesia detikcom juga sudah mengulasnya dengan seksama, dan berikut adalah berita selengkapnya...

Dino: Yang Tercantum di Situs TIME Adalah Jajak Pendapat

Nama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak tercantum dalam 100 tokoh paling berpengaruh versi Majalah TIME. Ini bisa dilihat dari situs resmi TIME, yakni www.time.com.

Dari 203 nama yang tercantum, tidak terdapat nama SBY. Namun menurut Jubir Kepresidenan Dino Patti Jalal, daftar nama di situs Majalah TIME tersebut hanyalah jajak pendapat. Sedangkan keputusan akhir tetap di tangan editor.

"Setelah melihat secara seksama situs www.time.com, ternyata yang tercantum di sana adalah jajak pendapat, jadi bukan keputusan editor," kata Dino dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Jumat (25/4/2009).

Tiap tahun TIME memang mengeluarkan daftar orang paling berpengaruh dunia atau lazim disebut TIME 100. Untuk bisa masuk TIME 100, TIME lebih dulu memilih ratusan kandidat yang memenuhi kriteria yang ditentukannya.

Untuk memeras kandidat menjadi 100 orang, TIME mengundang partisipasi publik untuk memberi nilai. 100 Orang yang menyabet nilai tertinggi nantinya akan dirilis pada 1 Mei 2009.

Pertanyaannya, jika dalam jajak pendapat yang menampilkan 203 nama tokoh saja SBY tidak tercantum, bagaimana mungkin SBY masuk ke dalam 100 besar?

Sebelumnya diberitakan, pihak Istana Kepresidenan telah menerima surat resmi dari majalah TIME yang menyatakan SBY masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia. Menurut Dino, SBY sampai dibuat terharu dengan adanya surat tersebut.

"Presiden SBY menyambut baik dan merasa terharu. Beliau menyatakan penghargaan itu merupakan apresiasi dan pengakuan dunia terhadap Bangsa Indonesia yang kini berada di garis terdepan dalam percaturan dunia internasional," kata Dino 13 April lalu.

Penobatan tersebut bahkan telah dilansir lewat website resmi Presiden SBY, yakni www.presidensby.info. Tertulis di halaman website tersebut, SBY masuk sebagai 100 tokoh paling berpengaruh versi Majalah Time, bersanding dengan mantan PM Inggris Tony Blair, mantan Menlu AS Madeline Albright, mantan Presiden Rusia Vladimir Putin, PM Italia Silvio Berlusconi, dan mantan Presiden AS George W. Bush.

Sebagai informasi, dari kelima tokoh yang disebut, hanya Blair, Putin, dan Bush yang tercantum dalam situs TIME. 2 Yang lain tidak tercantum.

TIME: Kita Belum Pernah Umumkan TIME 100 ke Publik

Benar tidaknya surat yang disampaikan majalah TIME soal Presiden SBY yang konon terpilih sebagai 100 Tokoh Paling Berpengaruh di dunia terjawab. Majalah TIME mengaku belum pernah mempublikasikan siapa pemenangnya kepada siapa pun.

"Kita tidak pernah berkomentar kepada publik tentang 100 finalis tokoh dunia yang paling berpengaruh," ujar Chief Editor majalah TIME Michael Elliot melalui surat elektronik yang dikirimkan kepada detikcom, Sabtu (25/4/2009).

Surat elektronik Elliot tersebut menjawab pertanyaan detikcom via email yang dikirimkaan pada Jumat 24 April kemarin.

Elliot meminta publik termasuk masyarakat Indonesia untuk bersabar hingga pengumuman siapa pemenangnya akan diumumkan. "Daftar nama-nama peraihnya bisa Anda nikmati pukul 10.00 waktu New York pada Kamis 30 April 2009 (1 Mei 2009). Silakan bersabar untuk menunggunya," pinta Elliot.

Lalu apakah surat Elliot kepada Presiden SBY palsu? Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), melalui juru bicaranya, Dino Patti Djalal mendapat surat undangan untuk menghadiri pengumuman 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia versi majalah TIME. Undangan tersebut juga sekaligus memberitahu bahwa SBY masuk dalam daftar list yang diluncurkan TIME setiap tahun.

Namun anehnya, nama SBY sama sekali tidak terdapat dalam daftar kandidat yang tercantum dalam situs TIME. Dari 200-an list nama calon penerima, nama SBY tak masuk di dalamnya.

Lalu siapa yang iseng mengirimkan surat ini ke SBY?

3 komentar :

Anonim mengatakan...

see this one

http://www.time.com/time/specials/packages/article/0,28804,1894410_1893847_1893840,00.html

tukeranlink mengatakan...

Benar seperti link yang diberikan anonim di atas. Nama SBY termasuk dalam kategori Leaders & Revolutionaries. Saya rasa kalo kita benci pada seseorang jangan membuat kita memberikan berita yang tidak berimbang. Ada baiknya ditelusuri lebih teliti, sehingga tidak terkesan seperti sedang melakukan pembusukan karakter.

Anonim mengatakan...

malu dikit napa...
kalo mau boong, provokasi ato apalah namanya, pinteran dikit kek...
pake media massa...
lu cek aja ke time 100, liat baik2 foto siapa aja...
jangan2 lu lupa wajah presiden lu...
gimana bisa bangga Tnaha Air, kalo pimpinan sendiri ga di hormatin...

Tulisan Terkait: