20 April 2009

Artis Stress Hadapi UAN

Pemerintah kembali ‘sukses’ bikin stres pelajar. Seperti halnya Pemilu yang banyak bikin stres caleg, ujian nasional (UN) membuat kalangan artis yang menjadi siswa SMA dan SMP tertekan psikologisnya.


Foto: Shireen Sungkar (internet)

“Untuk kalangan artis memang lebih stres lagi menghadapi UN. Karena selain harus tetap belajar, mereka juga musti bekerja, dari syuting, menyanyi atau pekerjaan seni lainnya. Ya nyaris mirip stresnya dengan caleg yang gagal dalam Pemilu,” cetus mantan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Giwo Rubianto, Sabtu (18/4).

Menurut salah satu ketua Korps Wanita Indonesia (Kowani) ini kalangan selebriti dipaksa untuk tetap sukses di jalur akademis, namun tanpa mengabaikan karier. “Karena itu, mereka musti ekstra belajar agar lulus UN. Ini akibat dari kebijakan pemerintah yang hanya menjadikan UN sebagai syarat kelulusan. Jadi memang pemerintah setiap tahun sukses bikin pelajar stres,” ujarnya.

Pernyataan Giwo sejalan dengan fakta pontang-pantingnya artis sinetron Shireen Sungkar belajar. Siswa kelas 3 SMA Triguna, Jakarta Selatan, ini mengaku cemas menghadapi UN sehingga beberapa syuting yang sedang dijalaninya juga sering tidak fokus. “Belajar di lokasi syuting nggak nyaman, konsentrasi pecah dan kadang suka buyar aja pikirannya,” tambahnya.

Karenanya, dia mengutarakan harus mengikuti les privat, juga mengaku mengurangi pacaran dengan Adly Fairuz. “Aku batasi jadwal main sinetron dan menyanyi bareng kakak aku di The Sister. Orang tuaku sering ngingetin, agar aku nggak lupa sama ujian,” tutur cewek kelahiran Jakarta, 28 Januari 1992, ini.

MATEMATIKA TERSULIT
Sibuk belajar juga dilakoni Poppy Bunga. Seperti kebanyakan pelajar lainnya, bintang sinetron ini menganggap pelajaran ilmu hitung-hitungan atau matematika adalah yang tersulit.

"Dari enam pelajaran wajib UN, matematika yang tersulit. Tapi aku percaya bahwa aku bisa, karena tiap hari aku selalu belajar. Dari bangun tidur sampai lagi makan pun aku belajar," cetus pelajar sebuah SMA swasta di Jakarta Timur ini.

IKUT LES
Kecemasan juga melanda bintang remaja Nikita Willy. Dia mengaku stres menghadapi UN di tengah kesibukan syuting sinetron. “Stres banget. Jujur, aku takut juga si menghadapi UN, apalagi kalau sampai nggak lulus,” ucap bintang sinetron Pacar Pilihan ini.

Karena itu, di tengah kesibukan syuting, dia mengambil sejumlah les. “Terutama Bahasa Inggris dan matematika. Selain belajar, aku juga akan mengandalkan daya ingat saat guru menerangkan di sekolah,” tutur pelajar kelas 3 SMP ini.

Selain itu, cewek kelahiran Jakarta, 29 Juni 1994 mengaku meliburkan diri dari aktivitas syuting untuk mengadakan persiapan menghadapi ujian. “Saya mengambil jadwal libur syuting, sekitar seminggu sebelum ujian, saya harus sudah siap tempur,” tandasnya. (poskota.co.id)

0 komentar :

Tulisan Terkait: