09 Maret 2009

Inilah Tokek Yang Harganya Mahal

Beberapa bulan terakhir, santer beredar kabar bisnis tokek sedang booming. Konon, harga tokek ukuran satu kilogram bisa mencapai miliaran rupiah. Lantaran untungnya memang besar, banyak orang menjajal bisnis ini. Tapi jangan keburu tergiur dulu, bisnis ini masih serba gelap.


Foto: Tokek Yang Berharga Mahal

Berhentilah mempermainkan tokek. Jika selama ini tokek cuma dijadikan bahan ledekan buat meramal cuaca, kini tokek justru menjadi buruan. Bahkan, santer beredar rumor, permintaan binatang melata ini sedang tinggi-tingginya. Meski pasarnya terbatas, bisnisnya tetap booming. Harga seekor tokek pun konon bisa sampai miliaran rupiah jika bobotnya mencapai satu kilogram per ekor.

Memang hampir tak bisa dipercaya. Tapi, simaklah penuturan Sudarmono. Sejak dua bulan lalu, ia terjun ke bisnis ini. Caranya, dengan menjadi perantara jual beli tokek. Ia yakin peminat binatang ini menghargai seekor tokek dengan harga cukup fantastis.

Tak perlu sampai satu kilo, tokek berbobot tiga sampai empat ons saja laku dijual dengan harga Rp 100 juta sampai Rp 150 juta. "Hanya tokek berbobot minimal tiga ons dihargai mahal, sedangkan yang bobotnya kurang sedikit saja harganya anjlok," kata Sudarmono.

Dalam kurun waktu yang belum lama menjajal bisnis ini, Sudarmono mengaku sudah berhasil memerantarai jual beli tokek seharga Rp 30 juta. Upah sebagai mediator 25 persen dari nilai transaksi.

Sudarmono mengaku menyesal hanya menjual dengan harga sebesar itu. Pasalnya, ia masih belum terlalu banyak tahu soal pasar tokek. "Mestinya dulu saya bisa jual antara Rp 100 juta sampai Rp 150 juta. Waktu itu saya memang belum pengalaman," katanya menyesal.

Menurut Sudarmono, tokek banyak diburu karena faktor hobi atau sebagai obat asma dan penyakit kulit. "Saya dengar, tokek banyak dipesan oleh orang Jepang dan Taiwan sebagai media penelitian obat AIDS," kata bapak dua anak ini.

Mahdi, pemain lain di bisnis ini, mengakui, bisnis tokek sedang booming beberapa bulan terakhir. Sejak terjun ke bisnis ini awal tahun, ia sudah dua kali menjual tokek berberat sekitar tiga ons. la melego masing-masing Rp 5 juta per ekor. Pembelinya dari Jakarta. la mendapatkan tokek dari Karawang, Jawa Barat.

Mahdi mengaku mengambil untung besar dari bisnis ini. Saat membeli dari penjual di Karawang, ia tak mematok harga. "la minta Rp 300.000, ya saya kasih," aku pria yang berdomisili Bekasi ini terkekeh.

Tapi, bagi Anda yang akan mencoba peruntungan di bisnis ini, harap hati-hati. Mahdi, misalnya, tak yakin harga tokek sampai miliaran rupiah seperti di internet. Aslinya cuma puluhan juta rupiah. "Kalau tokek setengah kg paling mahal Rp 20 juta," katanya.

Mahdi sebetulnya tak terlalu percaya bahwa permintaan tokek sangat tinggi. la yakin hal itu cuma gorengan sejumlah pihak. la melihat bisnis tokek marak belum ada setahun ini. la yakin bisnis ini tak akan bertahan lama. "Tak akan bertahan sampai tahun depan," tandasnya.

Kata Mahdi, bisnis tokek masih serba gelap. Tak jelas pasarnya, juga tak terang standar harganya. "Meski begitu, saya tertantang terjun ke bisnis ini," katanya. Kadang, yang menantang memang berisiko. (kompas.com)

67 komentar :

Bocah klaten mengatakan...

Saya berpropesi jadi pemburu tokek,kok belum pernah tuh dapat tokek 3 ons lebih. Paling besar 2 ons. Pingin juga di ternakkan,biar bisa jadi jutawan. Dari masyonoheriawa.blogspot.com

Anonim mengatakan...

kalau memang tokek berguna untuk pengobatan,mengapa penjualan tokek belum disebar luaskan hingga ke daerah plosok, karena di daerah tersebut banyak terdapat tokek yang cukup besar.kalau dipikir2 apakah ada tokek yang beratnya mencapai satu kilo gram?dan mengapa belum ada penjelasan mengenai harga tokek?

Totok mengatakan...

Klo memang harganya mahal seharusnya diternak dan dikasih makanan yg bergizi seperti sapi brahma dan bisa dikawin silang dengan buaya...hebat kan berat bisa 3kg...

ferian dana pradita mengatakan...

kalo punya 2 ons, bisa laku berapa

ayamkampunk.blogspot.com mengatakan...

siapapun yg punya tokek 3.5 ons..!!! jual ke saya... akn saya gnti dgn motor tiger baru / gress.. hubungi
085649040253
E-mail : firman_chapunk@yahoo.com

Anonim mengatakan...

saya punya tokek tapi cuman 2 ons lebih ada yang berminat?081356385662

Anonim mengatakan...

Sy Py Banyak Toke dari yang 2 Ons Sampai 5 Ons. Yang Minat Serius hub Saya : 022 91758663 (Tanpa Perantara)

anto mengatakan...

saya punya tokek 3,8 ons... minat hub.085225928888

Anonim mengatakan...

saya punya tokek 3,8 ons. minat hub.085225928888

anto mengatakan...

saya punya tokek 3,8 ons. minat hub.085225928888

Anonim mengatakan...

MEMBELI TOKEK ANDA DENGAN HARGA TINGGI!!!
Nama : Ichsan Email : Ichsan_metco@yahoo.com
6 ons++ 1,2M 5 ons++ 1M 4 ons++ 550 juta dibawah 4 ons tapi minimal 3,5 ons 80-100 juta (penjualan 3,5 ons harus berbarengan dengan yang 4 ons++). Cara pembayaran timbang bayar. call : Ichsan Hp :081319518787 atau flexy : 02132939773 atau email langsung ke saya ( jawaban 1 x 24 jam) mohon maaf harap tidak SMS, hanya bagi yang serius.

J0j!_P03nK mengatakan...

Saya punya stok Tokek 2.5 ons
yang serius berminat hub :
Hp. 085 239 000 327
e-mail : ji_mboeik@
( Posisi Timor - NTT )

opin yunus mengatakan...

saya punya tokek berat 1 kg hubungi 085240076749...sulawesi utara

Anonim mengatakan...

stock terbatas,dijual tokek dengan berat 3 ons lebih dengan harga 50 juta,tanpa perantara hubungin di no hp saya 081324954548. posisi saya di bengkulu. INI ASLI BUKAN BOONGAN SAYA MEMPUNYAI REKAMAN VIDEONYA DAN FOTO2 TOKEK TERSEBUT

Anonim mengatakan...

dirumah saya sih banyak tokek besar2 salah satunya spt foto yang diatas.nanti kalo bisa dapat tar gue kasih tau...

thomas mengatakan...

Tokek 1-3 ons hub 085649341650 atau email thomasstiawan@ymail.com domisili surabaya dan madiun

Andre mengatakan...

saya punya tokek 1 - 2 ons harga sewajarnya nego serius hub/sms 085729277374 andre

chenchen mengatakan...

cara tau beratnya gmn? drmh ada tokek seperti yang difoto besar tp g tau brp beratnya?

Cak Zeplin mengatakan...

Bisnis tokek sangat menghiurkan. apa tidak konspirasi seperti gelombang cinta? apa ada species baru tokek?

ian_st'O mengatakan...

ada barang 3 ons up dan yg lain masih pertumbuhan 2 ons up.
minat email gw ian_xta@yahoo.com

Anonim mengatakan...

saya punya tokek 7,3kg.tp kok ga laku2 sih?.bagi yng minat hub081265694678.20jt aja

Fatkh mengatakan...

Saya bingung ebenarnya bener apa nggak sih bisnis tokek ini .kalo utk obat kok ya harus 3 ons lebih,harusnya yang kecil kecil pun juga lakuto ?kalo di keringkan terus di buat capsul kan gak perlu berat yang di tentukan ?tapi jumlah yang di tentukan.Ya maaf sebelumnya saya memang baru dengar tentang bisnis ini

Anonim mengatakan...

Saya mw jual tokek saya beratx 6,5 ons, kalw ada yg berminat saya tg9u, no hp : 085243076179
e-mail : christianhan@ymail.com
AMBON

Anonim mengatakan...

saya punya toket berat 5 ons keatas (toket barat, indo, campuran), minat hubungi sya di akherat

Anonim mengatakan...

Emang yg 4ons itu biasanya panjangnya berapa ???
aq pernah lihat tapi bunyinya agak lain, sedikit menggema
-----------------------------------
rsamiaji

Anonim mengatakan...

saya punya berkantong di lehernya tapi g tau brapa beratnya,,tp cukup bsar sihh,,hub087861923343

Anonim mengatakan...

ah bisnis bullshit alias omong besar ....capeeeeeekkkkk ...saya sdh jalanin 3bulan sbg mediator tnyata semua hanya bualan belaka ..paling banter juga 2,6 Ons

Anonim mengatakan...

sy pembeli tokek termahal dari cina hp 081357005702

viko mengatakan...

menerima ready 5up – 1 kg up untuk barang yg ready di jakarta
menerima ready 3,8up – 1 kg up untuk barang yg ready di surabaya n jatim
harga sebutin aj akan sy cb ikutin, kl mahal y ditawar.. gitu aj ko repot

viko 0856 4803 6162

Anonim mengatakan...

saya pembeli tokek termahal nomor 1 di indonesia hp 081357005702

ciung_wanara mengatakan...

klo tokeknya pngen cepat besar kasih minum susu sama madu

ciung_wanara mengatakan...

katanya.........
tokek yg beratnya di atas 4 ons
1 ons nya di hargai 1,5 milyar
bener gak yach

langit biru , biru sekali mengatakan...

KHUSUS BAGI YG PERCAYA SAJA:daging tokek khasiat nya memang ampuh untuk penyakit eksim dikulit dsb. dulu anakku masih balita terkena eksim kulit dikaki, gatal dan basah , dengan obat resep dokter nggak sembuh,begitu aku kasih daging tokek dalam waktu 1 bulan menghabiskan 7 tokek, sembuh total dan sampai sekarang(usianya 24 th) selamat mencoba.

Gecko ( Tokek ) mengatakan...

Dicari penjual tokek dengan ketentuan sebagai berikut:

3,2ons : 50juta
3,3ons : 70juta
3,4ons : 100juta
3,5ons : 150juta
3,7ons : 250juta
4,1ons : 2 M
4,3ons : 6 M

Jika anda serius dengan mempunyai kriteria tersebut,tolong kirim foto,berat,panjang dari kepala sampai ekor,KTP.Proses transaksi 1x24jam selesai.

contact:087852252296/085731271239

azkanabil.net mengatakan...

bener nich harga toke mahal ? kalau emang benar saya tunggu call di 081 313 709 807 saya punya stok sepuluh ekor yang beratnya 1,5 ons sampai 3 ons . biar kalian semua gak busyit buktiin saya ada stock.

Anonim mengatakan...

tokek batu 4kg &6 kg minat hub.085225928888

Anonim mengatakan...

saya pnya 5 ekor tokek dgn brat masing2 3ons lebih..

bg yg berminat hub.085664220064..

Anonim mengatakan...

pa saya mw tanya toke kalau brt 3 ons up it pjangnya brapa,
dan toke saya ad yg 1,5 sampai 2,3 itu ad 3 ekor........
sebenar nya ad 12 tp hilang tinggal 3 kalu yg berniat hub 085730830243

Anonim mengatakan...

MAU TOKEK MERAH 2 0NS LEBIH HUB. 081388700969

Anonim mengatakan...

gak usah jauh jauh cari tokek yang benar,2-3 ons barang ada di tulungagung, jawa timur.hub 085815787819.

pendidikan mengatakan...

tokek punya saya mirip sama foto yg di atas....jualnya ke siapa...??
HUB : 085310325341

Anonim mengatakan...

saya rizal di jogja.
SAYA PUNYA TOKEK SEBERAT 6,7 ons.
dan akan saya jual seharga Rp.150jt.
gak lebih gak kurang.
jika ada yang berminat segera hubungi saya di:
081392429861

mr. mengatakan...

SEDIA TOKEK (ASLI ADA GAMBAR) MINAT SERIUS HUBUNGI RAFI 0877 240 555 38
EMAIL : rha_v@yahoo.com
DOMISILI CIREBON & BANDUNG

Anonim mengatakan...

saya punya tokek yang mau saya jual.
yang berminat hubumgi langsung ke HP saya: 0852 530 78889
trimakasih.

profnet_online mengatakan...

KIRIMKAN FOTO TOKEK 3,5 ONS ANDA YANG DISANDINGKAN DENGAN BOTOL MINUMAN MIZON DI SEBELAH SISINYA KE EMAIL SAYA azwaraziz82@yahoo.com
AKAN SAYA BAYAR DENGAN HARGA 90JUTA.
SMS/TELP SAYA DI 085697515188/02192556074 SETELAH ANDA KIRIM FOTONYA. S E R I U S . . .

Anonim mengatakan...

saya mau jual 2 ekor jenis tokek kayu silakan siapa yang minat hub 081227295635

Anonim mengatakan...

bener g sihh....

Anonim mengatakan...

saya ada tokek berat sekitar 2,8-3 ons harga sekarang berapa ya klo di jual. . .??? Klo ada yg minat tolong hub saya untuk kasih tau harga x. . . Nti klo harga cocok saya kasih kirim mms x, n bs ktmu saya di kota jember. 081234715871

Anonim mengatakan...

SAYA BERMINAT UNTUK MEMBELI TOKE ANDA TERTUJU UNTUK EMAIEL RHA_V@YAHOO.COM

dedy mengatakan...

bagi yang minat jual tokek 4up-9up 1kg ke atas, pembeli saya berani bayar mahal..(KHUSUS PENJUAL YG SERRIUS)..jenis tokek : tokek rumah dan tokek kayu atau pohon

Anonim mengatakan...

dijual tokek ekor cabang 2. hub. 087733995600

Yohanetta mengatakan...

Kalau tokek berat 2,5 ons berapa ya harganya? saya ada dirumah, Minat hub: Fino-08563052984

yohanetta mengatakan...

Saya punya tokek dengan berat 3,2 ons kalu minat silahkan hub. 08563052984 ( Fino ) atau
Email: yohanetta@rocketmail.com

Anonim mengatakan...

saya punya tokek berat 9,8 ons harga (NEGO) SERIUS ..... HUB : SAYA
kalau ada yang minat hub aku ( aldi ) mail : aneh.unik69@yahoo.com

bisa lihat di video rekaman live ...

hadist mengatakan...

saya beneran punya tokek 3 ons++ tak menipu yang mau hubungi di no. 085292188949

Anonim mengatakan...

salam.
saya punya tokek ready stok sampai 500 ekor berat 20ns up dan panjang 33 - 41 cm. tokek timor, panjang dan berat proporsional.
ada yang berminat?
hub saya di 081334788251
saya di Kupang NTT

Anonim mengatakan...

Tokek mahal yg diambil sum sumnya, jd smakin bsar otmatis sum2ny smkin bnyak, mka itu smakin mahal ., digunakan utk pngbatan pnderita aids ., thanx :)

febryrafii_090285 mengatakan...

@all:
Tadi'nya saya juga tidak percaya harga tokek 3 ons s/d 1kg bernilai juta'an hingga milyaran rupiah..setelah saya selidiki ternyata benar,pada waktu itu saya briving dengan org malaysia di sebuah hotel di jawa tengah,dan Saya diberikan rekaman oleh org malaysia tersebut.
Saya telah melihat rekaman Video tersebut,dmn praktek saat itu Tokek tersebut sebagai mediasi penyembuhan,Cairan pada tubuh tokek tersebut diteliti oleh kedokteran dari Jerman bisa membunuh virus HIV aids.dan walhasil hasil penelitian tersebut berhasil menyembuhkan salah seorang pasien yg telah divonis dokter hidup'nya hanya tinggal 3hr lg karena telah mengidap Virus Hiv Aids yg cukup lama.
Sedikit pengalaman ini saya bagi untuk semua yg ingin tau sesungguh kenapa tokek bisa bernilai Milyaran.
Inti'ny Yg pertama sekali menemukan penemuan itu dari negara jerman,dan hingga saat ini Tokek masih diCari oleh negara jerman dengan harga tinggi'pun akan dibayar..,
Dalam hal ini sering sekali org2 yg sok tau mengambil kesempatan dalam segi penipuan.
untuk anda yg ingin menjual tokek silahkan hub.021.92627196 ( Febry ),insya allah saya akan bantu untuk menjual.,tp ini hanya untuk yg serius dan anda adalah pemilik tunggal tokek tersebut.

Anonim mengatakan...

saya asal timor Leste, mempunyai tokek 3,2 ons bagi yang mw beli hubungi no hp +6707393797 email apau_lopes@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

Oecusse Timor Leste
salam

saya mempunyai tokek dengan berat 2,3 ons, bagi yang berminta segera hubungi ke no HP +6707393797 dgn email: apau_lopes@yahoo.co.id
thanks

Anonim mengatakan...

SERIUS..
jika anda punya tokek rumah (= bukan boxer) minimal berat 400 gram dengan minimal panjang 60 cm, silakan hub. kami SEGERA Bp.HARI: 081-80-626-7979 HARGA TINGGI, transaksi di jakarta.

haninmauladin mengatakan...

saya tidak percaya harga tokek bisa mencapai milyaran rupiah, ini ada konsfirasi dari orang-orang tertentu yang ingin meraup uang buanyak, contohnya adalah ikan louhan, gelombang cinta dan sekarang mau di buat booming tokek yang berat nya di atas 3 ons.

Aguslin scands mengatakan...

Apa benar harga tokek mencapai miliyaran rupiah, saya punya tokek rumah berat 4ons pajang 62cm, anda minat hub kami segra, Hp 082195948080 dgn Email: Agus.tbk@gmail.com

Anonim mengatakan...

tokek kan untuk obat kok dalam keadaaan sakit orang malah dibuat susah dan dijadikan lahn bisnis ngk boleh gitu lah jadi orang ,kualat ntr sm tuhan

PEMBELI TOKEK mengatakan...

ANDA BINGUNG MEMASARKAN / MENJUAL TOKEK PELIHARAAN ANDA. Silahkan email ke saya arh_14@yahoo.com

Anonim mengatakan...

saya punya tokek rumah panjang 35cm blum prnah ditimbang. tp wkt pertama kali dapat berat 3,6 ons. saya pelihara sdh 3bulan. bagi x bermint silahkan hub saya di no: 087849498290? atas nama rudi

SARANG WALET mengatakan...

dijual tokek batu kaki cakar ayam lidah tunggal berat 30kg. barang di jakarta. berminat beli hub 081284300928

Tulisan Terkait: