19 Februari 2009

Tarif Internet Bakal Turun 200 Persen

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), M. Nuh, mengatakan, pihaknya mendorong penurunan tarif internet tidak sekadar 100 persen tetapi mencapai 200 persen pada tahun ini. "Kami akan turunkan (tarif internet) bukan 100 persen tetapi 200 persen," kata M. Nuh di Jakarta, Kamis (19/2), setelah membuka acara One Day Seminar bertema Memanfaatkan Indikator Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi.

Namun, ia menekankan bahwa penurunan itu harus realistis karena saat ini menurut dia tarif internet sangat tergantung pada Internet Service Provider (ISP). ISP ada yang menawarkan tarif sangat mahal tetapi sebaliknya ada ISP yang menawarkan tarif sangat murah.

"Kenapa bisa begitu? Karena dipengaruhi oleh dua hal yaitu investasi yang terlalu mahal dan captive market yang kecil sehingga tarif ritel naik," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya akan mendorong agar market bisa semakin besar. "Internet itu digunakan oleh satu orang tetap sama dengan dipakai 10 orang. Ini yang harus dicari trade off-nya," katanya.

Menteri mengatakan, pihaknya tidak akan menerbitkan regulasi terkait penurunan tarif internet tetapi lebih ke arah regulasi yang dapat mendorong agar tarif dapat turun. Contoh sederhana adalah dengan mempermudah proses perizinan dan uji wilayah. (tribunbatam.co.id

0 komentar :

Tulisan Terkait: