12 Februari 2009

Ini dia nominasi Panasonic Awards ke 12

Sejumlah artis muda berbakat yang hadir atas undangan Panasonic diantaranya Shireen Sungkar, Teuku Wisnu, Chelsea Olivia, Luna Maya, Rezky Aditya, Alyssa Soebandono, Naysila Mirdan, Eko Patrio dan lain-lain secara bergantian membacakan nominasi Panasonic Awards ke 12 dihadapan puluhan wartawan dalam acara jumpa pers yang digelar di Hotel Mulia, Jakarta, (11/2).

Panasonic Awards, ajang bergengsi pemberian penghargaan kepada insan pertelevisian di Indonesia yang digelar oleh Panasonic ini telah dimulai sejak tahun 1997. Panasonic Awards ke 12 yang digelar tahun ini mengusung tema “Maha Karya Anak Negeri” sejalan dengan program pemerintah yang mencanangkan tahun 2009 sebagai tahun industri kreatif.

Rinaldi Sjarif, Vice President PT Panasonic Gobel Indonesia yang hadir dalam jumpa pers mengatakan periode penilaian Panasonic Awards ke 12 telah berlangsung sejak 1 Juli 2007 hingga 31 Desember 2008 lalu. “Ada perubahan dalam industri televisi yang membuat kami harus menunda pelaksanaan Panasonic Awards ke 12 ini. Mulai tahun ini, periode pelaksanaan akan diubah, dilaksanakan lebih awal dengan harapan lebih merepresentasikan program televisi yang berlangsung setahun sebelumnya,” ungkap Rinaldi mengenai rentang waktu yang lebih panjang ini.

Panasonic Awards ke 12 mempersembahkan 23 penghargaan yang terdiri dari 9 penghargaan Kategori Individu dan 14 penghargaan Kategori Program/Acara Terfavorit pilihan pemirsa televisi di seluruh Indonesia. Khusus untuk Kategori Program/Acara Terfavorit pada Panasonic Awards ke 12 ini ada penambahan satu kategori yaitu Entertainment Talkshow.

“Penambahan satu kategori Entertainment Talkshow didasari karena stasiun TV semakin kreatif menyajikan acara kepada para pemirsanya, sehingga panitia di tim verifikasi dituntut untuk jeli dalam memilah-milah kategori program acara, karena semuanya layak menjadi favorit,” ungkap Rinaldi. Selain itu, di tahun ini juga untuk kategori Children dipilah menjadi dua sub kategori, yakni Edutainment dan Entertainment. “Maksudnya agar lebih memberikan stimulus kepada industri agar lebih kreatif lagi dalam menyajikan tayangan yang mendidik sekaligus menghibur,” tambah Rinaldi.

Pengkategorian penghargaan dilakukan berdasarkan riset yang dilakukan oleh AGB Nielsen Media Research, dimana tiap-tiap nominasi diverifikasi oleh tim verifikasi yang terdiri dari praktisi dan individu-individu yang kredibel dan ahli di bidang pertelevisian dan hiburan. Mereka adalah Rosiana Silalahi (SCTV), Emil Syarief (Trans Corp.), Yeni Anshar (SCTV), Nana Putra (TPI), Irfan Ramli (ASP3I), Anjasmara perwakilan dari artis Indonesia, Robby Winarka dan Manoj Punjabi, pakar program Sinetron dan Production House, dan Idi Subandi (wakil masyarakat). Panasonic Awards ke 12 tetap mendapat dukungan dari Auditor Independent BDO Tanubrata sebagai Tabulator dan Auditor dari hasil jajak pendapat ini, sehingga keabsahan hasil menjadi tidak diragukan lagi.

Berikut adalah nominasi yang bisa anda lihat secara keseluruhan disini , sedangkan untuk para pemenang Panasonic Awards ke 12 akan diumumkan pada 27 Maret 2009 mendatang dalam sebuah perhelatan yang megah. (www.panasonicawards.com)

0 komentar :

Tulisan Terkait: