15 November 2008

Rela Cuci Piring untuk Hadiri Pelantikan Obama

Sekitar 1 juta orang diperkirakan akan menyaksikan pelantikan Barack Obama sebagai presiden AS pada 20 Januari 2009 di Washington. Beberapa anggota Kongres telah menghentikan penawaran permohonan tiket untuk menghadiri acara pelantikan Obama saat pemesanan kamar di sejumlah hotel Washington mulai penuh.

Lewat komunitas online Craigslist, beberapa orang diantaranya sampai mengajukan barter untuk mendapatkan tempat saat senator Illinois tersebut diangkat sumpahnya sebagai presiden AS. Ada diantara mereka yang menawarkan bayaran atau menawarkan diri untuk mencuci piring di rumah warga sekitar Washington yang mau membukakan pintu bagi mereka untuk menyambut datangnya hari pelantikan.

Para pejabat Kongres melaporkan telah terdapat puluhan ribu permohonan untuk 240.000 tiket gratis bagi acara pelantikan presiden itu. Terhitung Kamis (13/11) lalu, kantor Senator Jim Webb dari Virginia telah menerima 26.000 permohonan tiket gratis itu. Webb mengirimkan sepucuk surat ke Senator Dianne Feinstein, yang mengepalai Komite Pelantikan Kongres Gabungan, agar mempertimbangkan kuota tiket gratis bagi warga Virginia yang ingin menghadiri pelantikan Obama.

National Park Service yang dijadikan tempat untuk menampung sekitar 1 juta pengunjung pada acara pelantikan akan dibuka untuk parade yang mengambil rute dari Pennsylvania Avenue. Layar televisi raksasa akan dipancang di National Mall agar semua orang dapat menyaksikan parade dan acara pelantikan.

Delegasi District of Columbia, Eleanor Holmes Norton, menganjurkan agar panitia penyelenggara pelantikan menggunakan sejumlah arena dan stadion guna menampung luapan jumlah penonton yang ingin menyaksikan pelantikan itu lewat layar televisi raksasa. Norton juga mendesak sejumlah gereja membuka tempat guna menampung luapan jumlah penonton.

"Kita tak dapat mempertimbangkan pelantikan yang telah berlangsung. Pelantikan kali ini akan memecahkan seluruh rekor jumlah pengunjung yang ada sebelumnya," kata Norton.

Kepala kepolisian Washington, Cathy Lanier, menjelaskan, penyelenggara sempat mengerahkan 3.000 personil nasional untuk membantu keamanan proses pelantikan presiden sebelumnya. Kali ini, Cathy Lanier memperkirakan permohonan kehadiran polisi dapat mencapai sekitar 4.000 personil.

Acara pelantikan ini didesain oleh National Special Security Event, yang memberikan wewenang penuh bagi U.S. Secret Service untuk mengkoordinasikan seluruh badan penegak hukum dalam menjamin keamanan pada acara tersebut. Terdapat berbagai badan penegak hukum dari 58 negara bagian, lokal maupun nasional yang dilibatkan dalam pengamanan acara pelantikan tersebut.

Kerumunan warga terbesar di National Mall tercatat pada pelantikan President Lyndon B. Johnson pada tahun 1965. Saat itu, sekitar 1,2 juta warga memadati wilayah tersebut.

Pada tahun 1981, pelantikan Presiden Ronald Reagan menyerap kehadiran 500.000 pengunjung. Sementara pelantikan Presiden Bill Clinton dihadiri oleh 800.000 orang.

Pelantikan Barack Obama akan berlangsung pada akhir dari liburan selama 4 hari bagi para pekerja federal menyusul hari raya umum Martin Luther King Jr. pada 19 Januari. Sebagian besar sekolah atau universitas di sekitar wilayah pelantikan akan meliburkan aktivitasnya atau sedang mempertimbangkan untuk mengambil tindakan ini. (kompas)

0 komentar :

Tulisan Terkait: