27 September 2008

Inilah Monyet Terkecil Di Dunia

Primata (jenis monyet) terkecil di dunia ini namannya Tarsius. Tarsius Spectrum ini, hanya ada di wilayah Sulawesi, antara lain di Selatan maupun utara. Di Sulut, tarsius ini ada di Bitung, yaitu di Cagar Alam Tangkoko.


Foto: Tarsius Monyet Terkecil Di Dunia (Internet)

Tak ada negara mana pun di dunia yang memiliki Tarsius ini. Sehingga, masyarakat Manado, Sulut, membanggakannya seperti membanggakan Pulau Bunaken dengan kekayaan bawah lautnya yang begitu menawan.

Jika ke Manado dan sudah ke Bunaken, tak rugi menambah deretan objek wisatanya dengan berkunjung ke Tangkoko ini, untuk berkenalan dengan si Tarsius. Mengamati wajahnya, tampak perpaduan dari berbagai binatang yang mungkin sudah dikenal sebelumya, misalnya saja sepintas mirip koala, kus-kus, atau juga melihat matanya yang besar mirip burung hantu.

Terkadang juga mengingatkan mahkluk kecil mengerikan bernama Gremlin dalam film berjudul serupa. Alapagi kalau mulutnya yang lebar menyeringai memperlihatkan susunan giginya yang bertaring tajam. Dan, apabila melihat sosoknya yang kecil, bakal membuat orang yang melihat begitu gemas. Rasanya ingin ditenteng-tenteng dan digantung-gantung di bawa kemana-mana.

Tetapi, sampai saat ini tarsius tak bisa seenaknya ditangkap atau diperjualbelikan. Malah masuk dalam daftar hewan yang dilindungi secara keras dan betul-betul harus dilestarikan keberadaannya. Karena memang merupakan salah satu kekayaan alam yang hanya ada di bagian wilayah Indonesia itu.

Sesungguhnya, tidak aneh apabila binatang tarsius hanya ada di wilayah Sulawesi. Sebab provinsi yang terletak Di Indonesia bagian timur itu memang selama ini dikenal paling komplet memiliki hewan primata (jenis monyet). Yang membuta Sulawesi banyak punya koleksi primata tentu saja karena letaknya yang tepat diantara garis Wallace, yaitu garis pemisah antara Benua Asia dan Australia.

0 komentar :

Tulisan Terkait: