07 September 2008

BRI masuk 50 perusahaan hebat Asia versi Forbes

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar ‘Asian Fabulous 50’ atau ‘Daftar 50 Perusahaan Hebat Asia’ versi majalah Forbes.

Logo Bank Rakyat Indonesia (internet)

BRI tercatat memiliki nilai pasar 8,1 miliar dolar AS dan penjualan 2,7 miliar dolar AS. ’Asian Fabulous 50' merupakan daftar perusahaan-perusahaan publik terbesar Asia, di luar peringkat 500 dunia.

Untuk masuk daftar ini tidaklah mudah karena daftar ini dibuat oleh Forbes berdasarkan laba jangka panjang, pertumbuhan penjualan dan pendapatan, kenaikan harga saham, proyeksi pendapatan.

Perusahaan-perusahaan yang masuk daftar ini juga harus memiliki kapitalisasi pasar paling tidak 5 miliar dolar AS.

China menguasai daftar ini, dengan menempatkan 13 wakilnya. Separuh dari wakil China di daftar ini umumnya menguasai pangsa pasar domestik seperti China Mobile, China Construction Bank dan China Vanke. Sementara India menempatkan 10 wakilnya. Malaysia juga menempatkan satu-satunya wakil yakni IOI Corporation Berhard.

Harga saham ‘Asian Fabulous 50’ turun rata-rata 30 persen sejak Januari. Namun perusahaan-perusahaan yang masuk daftar ini mampu menunjukkan bahwa mereka sudah mampu melewati masa-masa susah dan menyenangkan.

Tahun lalu, kapitalisasi pasar ‘Asian Fabulous 50’ turun hingga 0,8 persen. Separuh dari daftar ini mampu menunjukkan konsistensi performanya dibanding tahun sebelumnya.

Sumber: www.waspada.co.id

0 komentar :

Tulisan Terkait: