23 Agustus 2008

OpenSocial, Aplikasi Antar Muka Terbaru dari Friendster

Siapa yang tak kenal friendster, situs jejaring sosial yang cukup populer dikalangan anak muda gila internet. Meskipun popularitasnya sempat turun karena digerogoti beberapa situs serupa (salah satunya : facebook), kini Friendster mulai agresif dengan mengembangkan beberapa aplikasi yang semakin memanjakan usernya. Dan hari ini situs yang menempati rangking 10 besar dunia untuk traffick dan membernya, mengumumkan telah mengimplementasikan antar-muka pemrograman aplikasi standar (application programming interfaces/API) OpenSocial sebagai bagian dari Friendster Developer Program. Berbagai perusahaan dan pengembang individual kini dapat menggunakan standar OpenSocial untuk memperkenalkan aplikasi-aplikasi atau fitur-fitur mereka ke-75 juta pengguna Friendster diseluruh dunia.

Dukungan OpenSocial merupakan peningkatan dan perluasan yang signifikan dalam Friendster Developer Program yang sangat sukses. Friendster Developer Program diluncurkan pada akhir 2007. Friendster adalah salah satu dari hanya 2 jaringan sosial utama yang meluncurkan platform pengembangan yang kuat dan sejak peluncurannya Friendster Developer Program telah sukses, baik pada sisi pengguna maupun pengembang. Sejak diluncurkannya program ini, lebih dari 10 juta pengguna unik telah menambah aplikasi (apps), sebagian besar pengguna menambahkan beberapa apps dan sekitar setengah juta apps ditambahkan oleh pengguna ke dalam halaman profil mereka setiap hari. Terdapat ribuan pengembang yang telah mendaftar di Friendster Developer Program, terdapat sekitar 2000 anggota Friendster Developer Platform Program, lebih dari 450 apps terpasang di Friendster, dan ribuan apps lain kini tengah dikembangkan oleh para pengembang pihak ketiga.

“Dengan dukungan luas di seluruh industri, OpenSocial telah menjadi standar yang sesungguhnya bagi para pengembang aplikasi-aplikasi sosial. OpenSocial lebih memudahkan para pengembang dalam membangun dan mendistribusikan aplikasi-aplikasi mereka di berbagai situs tujuan seperti Friendster. Para pengembang dapat menghemat waktu dalam pengintegrasian aplikasi dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk membangun fitur-fitur yang menarik, berguna, lucu dan/atau meyakinkan,” kata David Jones, vice president of global marketing, Friendster. “Setiap orang meraih keuntungan—pengguna memiliki akses terhadap fitur-fitur baru, pengembang dapat memperkenalkan inovasi-inovasi mereka ke pengguna jaringan sosial dengan basis pengguna yang besar dan jarigan-jaringan sosial memperoleh fitur- fitur pihak ketiga untuk terus menaikan user engagement pada jaringan sosial.”

OpenSocial adalah inisiatif berbasis komunitas yang terus berkembang berkat bantuan para pengembang, website dan perusahaan, termasuk Google. Friendster, anggota pendiri inisiatif OpenSocial, telah mengimplementasikan API dari spesifikasi OpenSocial versi 0.7, yang akan memudahkan aplikasi-aplikasi OpenSocial saat ini yang mengunakan versi 0.7 untuk diluncurkan di Friendster dan menjangkau lebih dari 75 juta pengguna. Friendster juga berencana mendukung API OpenSocial tambahan dalam beberapa bulan ke depan, termasuk API versi 0.8 terbaru.

“Kami senang sekali Friendster telah mengimplemetasikan API OpenSocial yang bermanfaat bagi pengguna dan pengembang sekaligus,” kata David Glazer, director of engineering, Google. “Peluncuran OpenSocial oleh Friendster merupakan terobosan penting dalam pengadopsian dan implementasi OpenSocial di seluruh jaringan sosial di Internet dan di seluruh dunia. Kami terutama sangat senang bahwa OpenSocial membantu Friendster menghadirkan aplikasi-aplikasi sosial baru bagi para pengguna di Asia dan kami sangat berharap pengguna dapat menggunakan aplikasi-aplikasi ini.”

Para pengembang membangun apps di Friendster karena beberapa alasan:

  • Friendster adalah satu-satunya jalan bagi para pengembang untuk menjangkau 55 juta pengguna di Asia dalam satu jaringan sosial
  • Friendster Developer Program memiliki model pendapatan terbuka. Gratis, tanpa ada kewajiban berbagi keuntungan dengan Friendster dan Friendster memperbolehkan setiap model upaya mencari keuntungan finansial dari aplikasi di situsnya. Iklan diperbolehkan untuk muncul di manapun pada aplikasi—tidak seperti jaringan sosial lain—sehingga para pengembang dapat menempatkan iklan sebagai bagian dari aplikasi mereka pada halaman profil untuk meningkatkan pageview secara dramatis dan memperoleh pendapatan dari iklan terkait.Friendster adalah satu-satunya jaringan sosial yang memperbolehkan pengembang memasang iklan pada halaman profile.
  • Basis pengguna Friendster umumnya berbeda dengan pangguna jaringan-jaringan sosial lain. Para pengembang OpenSocial dapat menjangkau puluhan juta pengguna baru karena basis pengguna Friendster tidak overlap dengan pengguna jaringan sosial lain. Misalnya, tingkat overlap tertinggi Friendster dengan jaringan sosial utama manapun hanya 18%, sehingga tergantung jaringan sosial mana yang penggunanya diperbandingkan, setidaknya 82% dari 57 pengunjung unik Friendster setiap bulan pada bulan Juli adalah pengguna baru yang tidak dapat dijangkau oleh para pengembang dengan cara lain.
  • Mudah. Para pengambang mengaku bahwa memasang aplikasi di Friendster sangat mudah
  • Friendster telah mengintegrasikan viral support untuk semua aplikasi. Friendster telah memperkenalkan beberapa fitur viral yang memungkinkan pengguna aplikasi mengirim aplikasi tersebut ke teman-teman mereka tapi dengan cara yang sopan dan hati-hati seperti dengan mengumpulkan ajakan-ajakan penggunaan aplikasi dalam satu email ringkas yang hanya diterima secara berkala. Dengan demikia, teman-teman mereka tidak direpotkan dengan terlalu banyak email ajakan untuk menggunakan berbagai aplikasi baru. Pengguna juga memiliki satu setting baru yang memungkinkan mereka mengontrol apakah akan menerima atau menolak ajakan menggunakan aplikasi melalui email
Para pengembang dapat melihat dokumentasi teknis terbaru atau mendaftar untuk bergabung dengan program ini di www.friendster.com/developer. Para pengembang juga sangat dianjurkan untuk bergabung dengan OpenSoial Friendster Developer Group di http://www.friendster.com/group/tab

Sumber: www.rileks.com

0 komentar :

Tulisan Terkait: