14 Agustus 2008

10 Klub Sepak Bola Terbaik Dunia Versi IFFHS

Manchester United (MU) ditempatkan sebagai klub nomor satu dunia oleh federasi internasional sejarah dan statistik sepakbola (IFFHS). Sementara itu, Juventus merosot jauh dan klub besar itu menempati urutan ke-95. IFFHS menggunakan berbagai macam statistik yang dikombinasikan dari semua pertandingan resmi. Data-data itu kemudian diramu untuk menentukan urutan klub terbaik di dunia.

Meski studi itu didasarkan pada prosedur dan kalkulasi logis, namun hasilnya masih saja menimbulkan beberapa pertanyaan. Posisi MU di nomor satu sudah dimaklumi banyak pihak, karena mereka baru saja menjuarai Premier League dan Liga Champions.

Yang banyak dipertanyakan adalah posisi klub Skotalandia, Glasgow Rangers. Meski di babak kualifikasi Liga Champions baru saja kalah dari klub kecil asal Lithuania, Kaunas, Rangers justru berada di urutan kedua di bawah MU.

Di bawah Rangers ada Chelsea yang menempati urutan ketiga, baru disusul Bayern Muenchen. Sedangkan Barcelona berada di urutan kelima.

Klub-klub di Italia memang mengalami penurunan drastis. Juventus yang pernah jaya, hanya berada di urutan ke-95. Sebuah posisi yang cukup menyakitkan. Namun, Italia masih terhibur, karena AS Roma mengalami peningkatan berarti. Tim asuhan Luciano Spalletti ini berada di urutan ke-6, di atas juara Liga Serie-A Inter Milan yang hanya berada di urutan ke-10.

Sedangkan Fiorentina juga mengalami kenaikan dan menduduki urutan ke-12. Posisi Fiorentina itu lebih baik dari AC Milan yang hanya menempati urutan ke-15.

10 Tim Terbaik Dunia Versi IFFHS:

1. Manchester United

2. Rangers

3. Chelsea

4. Bayern Munich

5. Barcelona

6. Roma

7. Liverpool

8. Arsenal

9. Boca Juniors

10. Inter Milan

0 komentar :

Tulisan Terkait: