31 Juli 2008

Mencari keris peninggalan bung Karno di Sumut

Gempar Soekarno Putra ingin mencari dan mengambil kembali tiga keris peninggalan milik bung Karno yang diduga masih tertinggal di Sumatera Utara.

"Ketiga keris itu awalnya kepunyaan Raja Sisingamangaraja XII yang dipercayakan dan diamanahkan kepada Bung Karno," kata Gempar kepada wartawan di Medan, belum lama ini.

Menurut Gempar, ketiga keris tersebut diamanahkan keluarga Raja Sisingamangaraja XII kepada Bung Karno ketika tokoh proklamator kemerdekaan RI itu menjalani pengasingan di Sumut pada masa penjajahan Belanda.

Namun ketiga keris tersebut tidak sempat dibawa bung Karno ke Jakarta sehingga menjadi kewajibannya sebagai putera Presiden RI pertama itu untuk menemukannya kembali.

Gempar mengaku telah mengetahui tiga lokasi disimpannya ketiga keris pusaka Raja Sisinga Mangarja XII itu yakni di Parapat, Deliserdang dan Pakpak Bharat.

"Agustus nanti saya akan kembali ke Sumut guna mencari dan membawa kembali ketiga keris tersebut," katanya.

Ia menambahkan, keinginannya untuk menemukan dan membawa kembali tiga keris tersebut berawal dari mimpinya yang "diulosi" (diberikan selendang khas Batak) dan dipasangkan topi khas Batak.

Meski tidak mengetahui sosok yang memberinya ulos dan topi tersebut tetapi Gempar menyakini orang itu adalah Raja Sisingamangaraja XII yang sering disebut "Opung" (kakek-red).

Gempar mengaku tidak terkejut dengan mimpi itu karena mengetahui keluarganya memiliki hubungan bathin yang cukup kuat dengan Raja Sisingamangaraja XII. "Apalagi ibu saya dulu sering bolak-balik ke Sumut," katanya.

Sumber: www.waspada.co.id

0 komentar :

Tulisan Terkait: