22 Juli 2013

Blog Terselubung Telah Dihapus Google

Blog Terselubung - Dalam sehari terakhir banyak ulasan dari para Blogger mengenai keberadaan Blog Terselubung yang telah dihapus oleh Google. Dari beberapa tulisan yang sempat di baca oleh blog Karo Cyber menyebutkan bahwa blog ini dihapus semenjak, Senin (22/07/2013). Lalu mengapa Blog Terselubung yang dibanned Google begitu heboh diantara kalangan para Blogger? Seperti apa sebenarnya keberadaan blog ini sehingga menjadi perhatian banyak pihak, khususnya Blogger di Indonesia?
blog terselubung dihapus
Blog Terselubung adalah blog dengan platform Blogger, yaitu blog gratis yang disediakan oleh pihak Google. Blog ini sendiri sudah berdiri semenjak tahun 2009 dan sejauh ini dikenal sebagai blog dengan sajian informasi unik yang tersaji pada pemberitaanya. Berbagai artikel-artikel unik yang dipublikasikan melalui blog ini telah banyak menyita perhatian publik Indonesia, khususnya melalui ranah maya.

Karena begitu besarnya minat pembaca artikel-artikel unik, sehingga telah menempatkan Blog Tersebung menjadi salah satu blog dengan kunjungan paling banyak di Indonesia, serta memiliki jumlah followers di Twitter dengan capaian 638.000 orang lebih. Begitu juga dengan keberadaan lamaan Fans Facebook Terselubung telah memiliki 162.000 pengikut.

Besarnya minat para pembaca yang setiap harinya mengunjungi Blog Terselubung, telah menempatkan blog yang beralamat di terselubung.blogspot.com ini sebagai salah satu blog dengan kunjungan terbanyak di Indonesia, yaitu pada posisi 16.810 untuk peringkat situs secara global, sementara pada peringkat 302 untuk peringkat Indonesia versi Alexa Rank.

Karena begitu populernya keberadaan Blog Terselubung membuat media konvensional sekelas Kompas.com juga pernah merilis berita terkait dengan keberadaan pemilik Blog Tersebulung. Pada tulisan di Kompas yang dipublikasikan pada Jumat, 23 September 2011 itu mengawali pemberitaan dengan sorotan terkait dengan kontroversi bahwa keberadaan Blog Terselubung selalu melakukan copy-paste terkait dengan pemberitaan uniknya.

"Membuat tulisan copy-paste karya orang lain dengan menampilkannya di blog sendiri bisa menimbulkan kontroversi jika lupa menyebutkan sumber tulisan. Itulah yang pernah dilakukan seorang pemilik akun twitter @terselubung. Hobinya meng-copy-paste karya orang pernah menjadi trending topic di Twitter. Namun peristiwa itu justru membawa berkah. Blog miliknya semakin sering dikunjungi orang karena isinya yang menarik perhatian. Pemilik blog ini pun mendadak menjadi selebritis dunia maya." Demikian kutipan tulisan pembuka pada pemberitaan yang dirilis Kompas kala itu.

Terkait dengan seringnya lamaan Blogspot yang dihapus Google akhir-akhir ini karena blog bersangkutan dinilai menyalahi aturan, seperti melakukan tindakan spam, mempublikasikan konten terlarang, dan mempublikasikan konten plagiasi membuat banyak pihak Blogger juga sering bertanya-tanya dibeberapa group Facebook tentang keberadaan Blog Terselubung yang terbukti tetap melakukan plagiasi terhadap konten yang dimiliki orang lain.

"Blog Terselubung yang selalu melakukan Copy Paste artikel kenapa tidak di banned Google," demikian salah satu pernyataan pihak Blogger seperti yang tertulis disalah satu group diskusi blog di Facebook.

Meski banyak kritikan terkait keberadaan Blog Terselubung yang tetap dibiarkan eksis oleh Google, namun sepertinya keberadaan blog tersebut selalu aman. Bahkan tindakannya untuk mempublikasikan konten unik yang diplagiasi dari situs atau blog lain juga tetap berlanjut.

Pada, Senin (22/07/2013) sepertinya pertanyataan para Blogger terkaiat dengan keberadaan Blog Terselubung yang selalu melakukan Copy-Paste sepertinya sudah terjawab. Blog Terselubung akhirnya dihapus oleh pihak Google. Ketika mengunjungi lamaan blog bersangkutan, maka pengunjung akan menemukan tulisan otomatis dari Blogger.com yang menyatakan bahwa keberadaan lamaan tersebut sudah tidak tersedia.

"Blog telah dihapus, Maaf, blog di terselubung.blogspot.com telah dihapus. Alamat ini tidak tersedia untuk blog baru." Demikian tulisan yang dapat terbaca ketika mengunjungi lamaan blog tersebut.

Meski telah dihapus Google, tetapi sepertinya keberadaan Blog Terselubung akan semakin eksis. Mengapa? Alasannya adalah karena keberadaan para pengunjung blog tersebut selama ini adalah berasal dari situs jejaring sosial, baik Facebook dan juga Twitter. Tentu dengan kabar dihapusnya Blog Terselubung akan membuat keberadaan followers Blog Terselubung di Twitter akan semakin melonjak, begitu juga dengan para pengikutnya di situs jejaring sosial Facebook.

Seperti yang dapat terbaca melalui Twitter @Terselubung menyebutkan bahwa dalam waktu dekat keberadaan Blog Terselubung sendiri akan kembali online dengan alamat baru, yaitu pada alamat www.terselubung.co.id. Apakah Blog Terselubung dengan alamat baru akan kembali eksis seperti halnya keberadaan Blog Terselubung yang sangat eksis pada lamaan yang lama? Penulis Blog Karo Cyber sendiri berkesimpulan bahwa lamaan baru Blog Terselubung akan tetap eksis, malah akan lebih eksis dari sebelumnya. Untuk membuktikannya kita lihat saja kedepannya...

0 komentar :

Tulisan Terkait: