25 Juni 2013

8 Makanan Penambah Nutrisi Ibu Hamil

Makanan Penambah Nutrisi Ibu Hamil - Mengkonsumsi berbagai makanan sehat merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Namun, dari berbagai makanan sehat tersebut, sebagian diantaranya harus tidak dapat dilupakan agar selalu diikutkan dalam variasi menu harian yang dikonsumsi oleh seorang ibu hamil.

Berikut ini adalah berbagai pilihan makanan sehat penambah nutrisi bagi ibu hamil yang harus diikutkan saat mengkonsumsi menu harian, seperti yang dilansir dari situs the pregnancy zone.

1. Brokoli
Brokoli juga merupakan sumber nutrisi penting bagi ibu hamil. Sebab, pada brokoli banyak ditemukan kandungan vitamin C, vitamin A, serta kalsium yang tinggi, nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan pada setiap ibu hamil untuk imunitas serta kemampuan tulang. Selain itu brokoli juga memiliki kandungan asam folat yang amat penting untuk bayi.

2. Alpukat

Alpukat adalah sumber nutrisi yang kaya akan asam folat dan berperan penting untuk perkembangan otak bayi serta sistem saraf. Disamping itu, alpukat juga kaya vitamin B6, vitamin C, serta kalium. Tidak cuma itu saja, buah alpukat juga bermanfaat melindungi kelancaran saluran pencernaan, sehingga, ibu hamil yang rawan mengalami sembelit dapat terbantu ketika mengkonsumsi buah ini.

3. Telur dengan DHA
Makanan ini cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dikarenakan kandungan protein serta kalorinya yang rendah. DHA merupakan jenis asam lemak omega-3 yang dikenal sebagai lemak yang baik. Asam lemak omega-3 bermanfaat untuk pembentukan jaringan retina serta otak sang jabang bayi.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan memiliki kandungan banyak mineral penting, layaknya mangan, tembaga, selenium, magnesium, kalium, seng, serta kalsium, yang kesemuanya diperlukan ibu hamil serta jabang bayi sepanjang masa kehamilan.

5. Wortel
Wortel yang kaya akan vitamin A sangat penting untuk perkembangan mata, tulang, serta gigi bayi. Beberapa wanita hamil biasanya mengkonsumsi wortel sebagai makanan ringan, tetapi dalam hal ini tentu  masih banyak hidangan yang bisa Anda sertakan wortel didalamnya.

6. Edamame
Edamame bisa jadikan makanan ringan, karena memiliki kandungan nutrisi-nutrisi yang diperlukan ibu hamil, seperti halnya kalsium, protein, asam folat, vitamin A, serta B.

7. Lentil
Lentil juga memiliki kandungan nutrisi baik untuk ibu hamil, seperti protein, asam folat, zat besi, serta vitamin B6. Hal baik lainnya dari lentil adalah cocok untuk usus serta anda dapat memasaknya dengan apapun dalam upaya menambah rasa semakin khusus dikarenakan dapat menyerap seluruh rasa.

8. Mangga
mangga kaya akan vitamin C serta A, oleh sebab itu ibu hamil janganlah sangsi untuk mengudap mangga. Disamping itu, mangga juga memiliki kadar kalium yang tinggi, dimana kalium dapat berperan menghindari serta meredakan kram.

Itulah beberapa makanan penambah nutrisi bagi ibu hamil yang sangat cocok dikonsumsi sebagai penambah menu harian Anda. Semoga informasi ini kiranya bermanfaat dan selamat mencoba...

0 komentar :

Tulisan Terkait: