15 Juni 2013

Hasil Pemilihan Presiden Iran 2013

Hasil Pemilihan Presiden Iran 2013 - Pemilihan Presiden Iran pada tahun 2013 merupakan pemilu yang ke-11 di negara tersebut, dimana pemilihan umum itu sendiri berlangsung pada 14 Juni 2013 waktu setempat. Bila dari salah satu calon tidak mendapatkan jumlah suara lebih dari 50 persen, maka dipastikan akan berlangsung pemilihan putaran kedua yang dijadwalkan berlangsung pada 21 Juli 2013.
pemilihan presiden iran 2013
Pada pemilihan Presiden Iran tahun 2013 ini diikuti oleh 6 kandidat, diantaranya adalah Ali Akbar Velayati, Hassan Rowhani, Mohsen Rezaei, Mohammad Baqer Qalibaf, Saeed Jalili dan Mohammad Gharazi. Adapun nama calon Presiden Iran, Hassan Rowhani akhir-akhir ini mencuat, karena merupakan satu-satunya calon Presiden dari kelompok moderat yang juga didukung penuh oleh kelompok reformis. Keberadaan Hassan dinilai akan mampu menyaingi para kandidat konservatif dan terdiri dari tiga calon, diantaranya adalah Ali Akbar Velayati, Mohammad Baqer Qalibaf dan Iran Saeed Jalili.

Menurut informasi yang dilansir dari BBC, menyebutkan hingga saat ini pemungutan suara dalam Pemilu Presiden Iran 2013 resmi telah ditutup. Secara serentak, keenam kandidat presiden telah mengeluarkan pernyataan yang meminta agar para pendukungnya untuk tetap tenang hingga hasil pemilu diumumkan.

Untuk pemilihan Presiden kali ini, sekira 50 juta warga Iran memiliki hak untuk memberikan suaranya. Mereka akan memilih sosok baru yang akan menggantikan Presiden Mahmoud Ahmadinejad yang sudah tidak bisa lagi mencalonkan diri karena sudah dua periode menjabat sebagai presiden.

Sejauh ini proses penghitungan suara dalam pemilu Iran masih terus dilakukan. Adapun hasil pemilihan Presiden Iran kali ini akan segera diketahui dalam kurun waktu beberapa jam ke depan. Pengumuman hasil penghitungan suara akan diumumkan oleh langsung Menteri Dalam Negeri Iran.

Update: Hasil penghitungan suara pemilihan Presiden Iran sudah mulai dilakukan, dari hasil pengumuman terbaru Kementerian Dalam Negeri Iran, 26.682.084 suara sah dari 27.594.719 total suara yang masuk telah dihitung. Hassan Rohani mengamankan 14.020.139 suara atau 50,8 persen. Adapun tempat kedua ditempati oleh Mohammad Baqer Qalibaf yang meraih 4,369,985 suara atau sekitar 15,83 persen.

0 komentar :

Tulisan Terkait: