08 Juli 2013

Hari Pertama Puasa Ramadhan 2013

Hari Pertama Puasa Ramadhan 2013 - Mungkin saat ini sebagian diantara Anda sedang mencari informasi tentang kapan hari pertama puasa 2013 atau hari pertama pelaksanaan bulan Ramadhan 1434 H. Pertanyaan tersebut sering terlintas di benak umat Islam di seluruh Indonesia, sebab hampir setiap tahun ada perbedaan pelaksanaan hari pertama Puasa antara organisasi Islam terbesar, yaitu Nahdatul Ulama (NU) dengan Muhammadiyah.

Untuk menjawab pertanyaan tentang pelaksanaan hari pertama puasa 2013 atau hari pertama bulan suci Ramadhan 1434 H, maka pada kesempatan kali ini blog Karo Cyber akan mencoba mempublikasikan informasinya kepada teman-teman, dimana informasi yang kami sampaikan ini bersumber dari media konvensional, yaitu situs Metro TV.

Seperti yang diberitakan oleh situs Metro TV Awal, maka pelaksanaan bulan puasa atau 1 Ramadan 1434 Hijriyah jatuh pada 9 Juli 2013. Penetapan hari pertama puasa tersebut adalah sesuai dengan suara mayoritas dalam penentuan hari pertama umat Islam berpuasa.

Kepastian tentang pelaksanaan hari pertama bulan puasa pada 9 Juli 2013 tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan sebagaimana yang dipublikasikan situs Metro TV, Kamis (13/06/2013).

Adapun keputusan penetapan hari pertama puasa oleh MUI bersama organisasi Islam lain itu serempak dengan penetapan Pengurus Pusat Muhammadiyah. Penentuan hari pertama menunaikan ibadah puasa dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda. Mulai dari melakukan hitungan hisab atau rukyat, dan juga melihat bulan baru alias hilal.

Pada kesempatan tersebut Amirsyah juga mengharapkan agar pada pelaksanaan bulan Puasa nantinya, tidak ada lagi kelompok yang memiliki penetapan berbeda. Karena, penetapan MUI itu sesuai dengan kesepakatan suara mayoritas organisasi Islam. Ia pun berharap pemerintah segera mengumumkan penetapan tersebut.

Demikianlah informasi tentang hari pertama bulan Puasa Ramadhan 2013 yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Lihat juga informasi terkait, yaitu tentang SMS Ucapan Puasa 2013 yang sebelumnya sudah dipublikasikan di blog ini. Semoga bermanfaat...

0 komentar :

Tulisan Terkait: